Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Kulkas Tidak Dingin tapi Lampu Menyala

Fimela.com, Jakarta Kulkas adalah barang elektronik yang digunakan untuk mendinginkan makanan atau minuman. Selain digunakan untuk mendinginkan, kulkas juga digunakan untuk membekukan atau menyimpan makanan atau minuman agar lebih awet dalam jangka waktu lama.

Sehingga akan sangat menyebalkan kalau kulkas tidak dingin tapi lampu menyala. Kulkas yang tidak dingin menyebabkan makanan dan minuman menjadi cepat busuk dan kedaluwarsa. Penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala ini sering kali tidak kita sadari.

Untuk mengatasi kulkas tidak dingin, sebaiknya lakukan pengecekan dan servis kulkas secara berkala. Sebaiknya jangan perbaiki sendiri kulkas yang rusak, karena bisa menyebabkan korsleting pada listrik dan menambah kerusakan lainnya. Berikut penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala:

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

1. Menyimpan Makanan Panas

Penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala yang pertama, yaitu karena menyimpan makanan yang masih terlalu panas. Karena makanan yang masih panas menyebabkan suhu kulkas naik, sehingga mengganggu suhu dingin pada kulkas. Untuk itu, hindari memasukkan makanan yang masih terlalu panas ke dalam kulkas.

2. Dekat dengan Peralatan Panas

Jika kamu menaruh kulkas berdekatan dengan peralatan panas seperti kompor atau oven, maka bisa menyebabkan suhu kulkas menjadi tinggi, sama seperti saat menaruh makanan panas di dalam kulkas. Sebaiknya taruhlah kulkas di ruangan yang jauh dari peralatan panas.

3. Pintu Kulkas Rusak

Secara umum, kulkas tidak dingin tapi lampu menyala disebabkan karena pintu kulkas rusak. Sehingga tidak dapat menutup dengan rapat, dan udara di luar kulkas dapat masuk mempengaruhi suhu kulkas. Pintu kulkas yang rusak bisa ditandai dengan karet yang mulai kendur dan menyebabkan pintu susah menutup.

Penyebab Kulkas Tidak Dingin

4. Kipas Evaporator Rusak

Penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala yang selanjutnya, yaitu karena ada kerusakan pada bagian kipas evaporator. Kipas evaporator memiliki fungsi untuk mengalirkan udara dingin dari freezer ke bagian kulkas lainnya. Kalau kipas ini rusak, maka bagian kulkas yang lainnya tidak akan mendapatkan udara dingin. Kerusakan ini sering kali dialami oleh kulkas satu pintu.

5. Kipas Kondensor Rusak

Di dalam kulkas juga terdapat kipas kondensor, yang berfungsi untuk mengeluarkan udara panas dari dalam kulkas. Jika kipas kondensor rusak, maha suhu panas akan terperangkap di dalam kulkas dan menyebabkan kenaikan suhu. Kerusakan ini juga bisa menjadi penyebab kulkas lembap dan makanan di dalam kulkas menjadi cepat busuk.

6. Termistor Rusak

Ada komponen lain di dalam kulkas yang menyebabkan kulkas tidak dingin tapi lampu menyala, yaitu karena bagian termistor yang mengatur suhu di dalam kulkas mengalami kerusakan. Kalau pengatur suhu ini rusak, maka suhu kulkas menjadi tidak dingin atau malah terlalu dingin hingga membeku.

7. Freon Bocor

Penyebab kulkas tidak dingin tapi lampu menyala yang terakhir, yaitu adanya kebocoran pada bagian freon. Bocornya freon ini bisa juga terjadi karena ada penyumbatan di bagian tersebut, sehingga kulkas menjadi tidak dingin. Sebaiknya segera servis kulkasmu dan bersihkan kulkas secara berkala.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading