5 Ciri Orang Jujur dan Dapat Dipercaya

Baiq Nurul Nahdiat27 Jan 2022, 19:05 WIB
Diperbarui 27 Jan 2022, 19:39 WIB
Ciri Orang Jujur dan Dapat Dipercaya

Fimela.com, Jakarta Dalam pertemanan, pekerjaan, sekolah dan hubungan apapun kita semua pasti berharap dipertemukan dengan orang yang jujur. Orang yang jujur bisa dipercaya dan tak akan mengecewakan orang di sekitarnya, makanya mereka disukai orang lain. Sayangnya, tidak semua orang memiliki sifat jujur dan dapat dipercaya. Tetapi, untuk mengetahui orang yang jujur, kamu bisa melihatnya dari tanda berikut ini.

1. Tidak melebih-lebihkan

Orang yang jujur tidak suka melebih-lebihkan, apa yang mereka katakan sesuai dengan kenyataan. Mereka jujur dengan perasaannya dan tak pernah membuat-buat sesuatu untuk mendapatkan simpati atau perhatian orang lain.

2. Tidak membicarakan orang di belakang

Mereka juga tak suka membicarakan orang lain di belakang apalagi itu menyangkut rahasia dan keburukan seseorang. Mereka percaya bahwa hanya dengan kejujuran yang dapat membangun hubungan yang sehat.

3. Bisa memegang janji

Ciri Orang Jujur dan Dapat Dipercaya
Ciri Orang Jujur dan Dapat Dipercaya. (ilustrasi/pickingpok/Shutterstock)

Orang yang jujur juga bisa dipercaya karena mereka bisa memegang janji. Mereka tahu nilai dari kesetiaan dan tak akan menganggap itu sebagai hal yang sepele.

4. Berani mengakui kesalahan

Selain bisa dipercaya, orang yang jujur juga sangat bertanggung jawab karena mereka tak pernah takut mengakui kesalahannya. Bukan malah sebaliknya, mencari kambing hitam agar ia bebas dari rasa bersalah.

5. Tidak memanfaatkan orang lain

Ciri Orang Jujur dan Dapat Dipercaya
Ciri Orang Jujur dan Dapat Dipercaya. (Ilustrasi/Shutterstock.com/miya227)

Seseorang yang jujur tak akan memanfaatkan sesuatu dari orang lain, apalagi untuk kepentingannya sendiri. Tetapi sebaliknya, merekalah yang akan lebih sering membantu orang di sekitarnya.

Jika tanda-tanda tersebut ada dalam dirimu, itu tandanya kamu termasuk orang yang jujur.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela