7 Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar yang Bikin Emosi

Kezia Prasetya Christvidya28 Jan 2022, 13:58 WIB
Diperbarui 28 Jan 2022, 14:32 WIB
mesin cuci

Fimela.com, Jakarta Mesin cuci adalah salah satu alat praktis dan otomatis, yang berfungsi untuk membantu mencuci pakaian dan mengeringkan pakaian. Alat elektronik satu ini harus dimiliki di rumah, karena bisa mempermudah Sahabat Fimela dalam mengurus pakaian.

Yang namanya alat elektronik pastinya harus dirawat dan dibersihkan secara teratur. Karena kalau mesin cuci tidak dirawat dengan benar, maka mesin cuci akan mengalami kerusakan dan tidak bisa berputar. Hal ini juga bisa menyebabkan pakaian yang sedang dicuci menjadi rusak.

Penyebab mesin cuci tidak berputar juga bisa disebabkan karena terlalu banyak mencuci pakaian. Untuk menghindari kendala ini saat menggunakan mesin cuci, yuk kenali beberapa penyebab mesin cuci tidak berputar berikut ini, dan ketahui cara membersihkan mesin cuci:

Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar

ilustrasi mesin cuci/Yuganov Konstantin/shutterstock
ilustrasi mesin cuci/Yuganov Konstantin/shutterstock

1. Kabel Mesin Cuci Putus

Penyebab mesin cuci tidak berputar yang pertama yaitu karena kabel mesin cuci putus. Putusnya kabel mesin cuci ini bisa disebabkan karena sering digigit tikus, atau mesin cuci sudah sangat lama digunakan. Sebaiknya berikan perlindungan khusus pada kabel, agar tidak mudah putus dan tikus tidak dapat masuk melalui celah mesin cuci.

2. Kapasitor Mesin Cuci Terbakar

Jika sering menggunakan mesin cuci, tentu saja bisa menyebabkan kerusakan pada beberapa bagian mesin cuci, seperti terbakarnya kapasitor pada mesin cuci. Kerusakan ini biasanya ditandai dengan munculnya bunyi, pada saat mesin cuci dinyalakan atau berputar. Segera servis mesin cuci saat mendengar suara kerusakan.

3. Dinamo Mesin Cuci Rusak

Dinamo mesin cuci bisa rusak dan menyebabkan mesin cuci tidak berputar. Kerusakan pada dinamo ini juga bisa disebabkan karena mesin cuci sering digunakan dan jarang diservis. Selain itu, dinamo pada mesin cuci bisa rusak jika terkena air. Sebaiknya perhatikan penggunaan mesin cuci dengan benar, agar tidak menyebabkan dinamo rusak.

4. Komponen Door Switch Rusak

Penyebab mesin cuci tidak berputar yang selanjutnya, yaitu karena komponen door switch rusak. Komponen ini terletak di dekat timer mesin cuci, sehingga sangat rentan terkena air. Jika ada air yang mengenai komponen ini, segera keringkan dan gantilah door switch saat menunjukkan tanda kerusakan.

Penyebab Mesin Cuci Tidak Berputar

mesin cuci-kezo
ilustrasi mesin cuci/Evgeny Atamanenko/shutterstock

5. Terlalu Banyak Memasukkan Pakaian

Setiap mesin cuci memiliki kapasitas tertentu untuk mencuci pakaian. Kalau kamu terlalu banyak memasukkan pakaian ke dalam mesin cuci, maka mesin cuci tidak akan berputar. Banyaknya pakaian ini juga mempengaruhi kapasitas air di dalam mesin cuci. Untuk itu, cucilah pakaian sesuai dengan kapasitas mesin cuci milikmu.

6. Permukaan Lantai yang Tidak Rata

Saat menaruh mesin cuci di dalam ruangan, sebaiknya perhatikan permukaan lantai tempat mesin cuci itu. Karena permukaan lantai yang tidak rata bisa menyebabkan mesin cuci tidak berputar, bahkan sensor pengering mesin cuci bisa mati. Taruhlah mesin cucimu di tempat yang rata agar bekerja secara optimal.

7. As Mesin Cuci Macet

Penyebab mesin cuci tidak berputar yang terakhir, yaitu karena as mesin cuci mengalami macet. Komponen ini sangat penting digunakan untuk memutar mesin cuci. Untuk itu, melakukan servis rutin untuk mesin cuci sangatlah penting agar mesin awet.

Cara Membersihkan Mesin Cuci

ilustrasi mesin cuci/Evgeny Atamanenko/shutterstock
ilustrasi mesin cuci/Evgeny Atamanenko/shutterstock

1. Bersihkan Deterjen yang Menempel

Langkah pertama membersihkan mesin cuci adalah membersihkan tabung bagian dalam, yang terdapat tempelan detergen dan sisa warna pakaian. Kamu bisa merendam tabung mesin cuci selama 5 menit dengan air hangat, sambil di lap dengan kain yang lembut.

2. Bersihkan Tabung dengan Klorin

Kemudian tabung yang masih kotor bisa dibersihkan dengan klorin. Caranya dengan memasukkan cairan ke dalam mesin pencuci, lalu nyalakan mesin cuci selama beberapa detik dan matikan. Diamkan cairan klorin selama beberapa jam dan bilas lagi sampai bersih.

3. Bersihkan Filter

Cara membersihkan filter mesin cuci yang tersumbat adalah dengan menarik kantong filter mesin cuci, lalu bersihkan dengan air mengalir dan sikat pelan-pelan. Biarkan filter kering dan pasang kembali.

4. Bersihkan Laci Deterjen

Laci deterjen juga harus dibersihkan. Caranya dengan melepas laci deterjen, kemudian rendam dengan larutan pembersih, gosok dengan sikat gigi dan bilas sampai bersih. 

5. Bersihkan Bagian Luar

Bagian luar mesin cuci juga harus dibersihkan, dengan cara menggunakan lap setengah basah. Membersihkan bagian luar mesin cuci ini tidak boleh terlalu sering. Lakukan pembersihan setiap 2 bulan sekali.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela