5 Alasan Mengapa Kita Sering Membenci Orang Lain Tanpa Sebab

Baiq Nurul Nahdiat28 Jan 2022, 16:05 WIB
Diperbarui 28 Jan 2022, 17:01 WIB
Alasan Mengapa Kita Sering Membenci Orang Tanpa Sebab

Fimela.com, Jakarta Mungkin ini hal yang aneh tapi sering dirasakan banyak orang, yakni membenci orang lain tanpa alasan yang jelas. Misalnya membenci orang karena dari cerita orang lain, dari cara berpakaiannya atau kebaisaannya. Tiba-tiba saja perasaan benci itu muncul begitu saja, padahal kenal saja tidak dengan orang tersebut. Kenapa bisa begitu, ya?

Hati-hati, perasaan benci seperti ini bisa menjadi penyakit hati kalau tidak segera diobati. Nah, berikut ini beberapa alasan mengapa kita kerap membenci orang lain tanpa alasan.

1. Belum mengenal orang secara baik

Belum mengenal orang secara baik kerap membuat kita salah paham. Ini membuat kita kerap memberi penilaian yang salah pada orang lain, padahal belum tentu orang tersebut memiliki sifat seperti itu. Sehingga kita mudah benci orang lain karena tak mengenalnya.

2. Takut akan hal yang berbeda

Tanpa kamu sadari, ternyata seseorang bisa membenci orang lain karena sesuatu yang berbeda, misalnya pola pikir dan penampilan yang berbeda. Ini bisa sekali menyulut kebencian seseorang pada orang lain karena menyebabkan perasaan takut tersaingi.

 

3. Kurang belas kasih diri

Alasan Mengapa Kita Sering Membenci Orang Tanpa Sebab
Alasan Mengapa Kita Sering Membenci Orang Tanpa Sebab. (ilustrasi/wear it out/Shutterstock)

Orang yang sering benci seseorang tanpa alasan juga biasanya disebabkan karena mereka membenci dirinya sendiri, namun melampiaskannya kebencian terhadap dirinya pada orang lain. Sehingga menunjukkan kelemahan orang lain agar dirinya terlihat lebih baik.

4. Insecure dengan diri sendiri

Kebencian tanpa alasan juga terkadang disebabkan karena merasa insecure dengan diri sendiri. Sehingga memproyeksikan perasaan insecure tersebut pada orang lain dengan cara mengkritik, menghina atau menyulut permusuhan.

5. Iri hati

Alasan Mengapa Kita Sering Membenci Orang Tanpa Sebab
Alasan Mengapa Kita Sering Membenci Orang Tanpa Sebab. (ilustrasi/shutterstock.com/tuaindeed)

Perasaan iri karena tak mampu sebaik orang lain juga bisa menyebabkan perasaan benci yang tak beralasan. Perasaan iri ini kemudian memunculkan permusuhan yang membuat seseorang merasa tersaingi dengan orang di skeitarnya.

Perasaan benci tidak akan membuatmu menjadi orang yang lebih baik, jadi sebaiknya belajarlah untuk menghilangkannya. Jika kamu merasa membenci orang tanpa alasan, cobalah untuk selau berpikir positif tentang orang tersebut atau cobalah untuk mendekatinya agar pandanganmu berubah tentang mereka.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela