Sukses

Lifestyle

5 Cara Menghilangkan Pikiran Negatif dan Cemas Berlebihan

Fimela.com, Jakarta Pikiran negatif adalah semua pikiran buruk tentang diri sendiri yang membuatmu khawatir akan sesuatu yang belum terjadi. Akibatnya kamu jadi tidak percaya diri, menganggap dirimu tak pantas bahkan menganggap hidupmu tak ada gunanya. Pikiran negatif ini disebabkan oleh banyak hal, seperti menganalisis berlebihan, rasa marah, dan berpikir secara berlebihan.

Jadi, agar tak dikuasi oleh pikiran negatif yang bisa datang sewaktu-waktu, kamu bisa mengatasinya dengan cara berikut ini.

1. Menghabiskan waktu di luar

Berdiam diri bisa membuat pikiran jadi stres sehingga kamu lebih banyak melamun. Cobalah untuk keluar rumah untuk mencari udara segara atau melakukan aktivitas. Sejenak menjauhkan diri dari kekacauan juga perlu untuk menenangkan pikiranmu.

2. Berbicara dengan orang lain

Pikiran negatif terkadang disebabkan karena kamu terlalu banyak sendiri. Kamu bisa mencari orang lain untuk bertukar pikiran atau membicarakan hal-hal sederhana. Dengan tertawa sejenak bersama orang lain terbukti membuat pikiran jadi lebih tenang.

3. Cari kesibukan

Jangan biarkan dirimu dikuasai oleh pikiran negatif, jadi cobalah untuk mengalihkan pikiran dengan menyibukkan diri, misalnya dengan melakukan hobi, mengerjakan pekerjaaan rumah, berkebun dan sebagainya.

4. Catat pikiran negatif yang dirasakan

Kamu juga perlu mengetahui apa saja yang menyebabkan pikiran negatif dalam dirimu, kemudian catat satu per satu. Dengan begitu, kamu bisa memulai lagkah penenangan dengan memfokuskan pada satu hal terlebih dahulu.

5. Meditasi

Medirasi merupakan salah satu cara menenangkan pikiran negatif yang efektif. Meditasi membuatmu lebih fokus pada diri sendrii dan peristiwa saat ini. Sehingga, dengan sendirinya pikiran negatif akan berangsur hilang dengan sendirinya. Lakukan meditasi di tempat yang hening sehinggfa kamu lebih mudah berkonsentrasi.

Jangan lupa untuk senantiasa berdoa, istirahat yang cukup dan selalu besyukur atas hidupmu, karena hanya dengan itulah pikiran dan hati akan menjadi lebih tenang dan dijauhkan dari pikiran negatif.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading