Sukses

Lifestyle

12 Penyebab Baterai Laptop Cepat Habis dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Fimela.com, Jakarta Jika sering digunakan seharian maka baterai laptop akan cepat habis dan hal ini membuat kamu untuk mengisi ulang baterai laptop selama beberapa kali dalam sehari. Masalah ini mungkin umum dan kerap terjadi oleh banyak orang, tapi beberapa diantara penyebabnya mudah untuk diperbaiki.

Tidak peduli merek laptop apa yang kamu miliki, tapi masalah ini sangat umum dan mungkin akan kamu alami. Pengaturan seperti kecerahan, paket daya, dan faktor lainnya seperti bloatware dan applikasi latar belakang juga dapat menyebabkan beterai laptop kamu cepat habis.

Mengidentifikasi untuk mengetahui apa penyebab baterai laptop kamu cepat habis adalah sangat penting untuk mengetahuinya. di bawah ini beberapa penjelasan mengenai penyebab baterai laptop cepat habis yang perlu kamu tahu:

 

1. Baterai Lama atau Rusak

Jika laptop kamu mulai menampilkan pesan “pertimbangkan untuk mengganti baterai..” mungkin ada baiknya jika kamu melakukan penggantian baterai.

Baterai laptop ternyata memiliki masa pakai yang terbatas dan biasanya akan bertahan selama bertahun-tahun tanpa adanya masalah. Laptop biasanya akan menunjukkan penurunan yang nyata dalam masa pakai baterai setelah penggunaan 3 tahun atau lebih.

 

2. Pengaturan Baterai arau Opsi Daya yang Salah

Banyak pengaturan laptop kamu yang dapat menyebabkan baterai terkuras lebih cepat, seperti menyetel kecerahan layar yang terlalu tinggi akan menghabiskan banyak daya. Selain itu tingkat kecerahan yang tinggi akan merusak mata. Cobalah untuk menjaga tingkat kecerahan laptop serendah mungkin setiap saat untuk membantu mata dan masa pakai baterai.

3. Pengaturan Opsi Daya yang Salah

Opsi daya juga akan mempengaruhi seberapa cepat baterai kamu terkuras, kamu juga dapat memeriksa serta mengubah pengaturan. Tetapi terkadang kamu juga dapat menyesuaikan ini untuk meningkatkan masa pakai baterai.

4. Program Intensif Sumber Daya Berjalan

Beberapa applikasi dan perangkat lunak yang akan kamu jalankan biasanya akan menguras baterai dengan sangat cepat. Applikasi dan program yang dapat menghabsikan banyak energi adalah perangkat lunak pengedit video dan foto, serta antivirus, tetapi terkadang browser internet akan menghabsikan baterai laptop.

5. Periferal

Sebagian besar seperti keyboard atau mouse dengan lampu latar yang memiliki banyak daya biasanya akan bertambah dan mengakibatkan laptop kamu kehabisan daya.

Cara Mengatasi Baterai Laptop Cepat Habis

6. Menyesuaikan Pengaturan Kecerahan

Jika kamu menggunakan pengaturan kecerahan tinggi 100%, hal ini tentu akan menguras baterai kamu dengan sangat cepat. Kecuali jika kamu berada di luar ruangan yang terkadang membutuhkan kecerahan tinggi, kamu dapat mengatur kecerahan tak perlu setinggi mungkin tapi dapat lebih rendah dan cukup terang untuk dilihat.

7. Putuskan Sambungan Periferal yang Tidak Perlu

Periferal adalah perangkat yang kamu sambungkan ke komputer atau laptop baik secara fisik maupun melalui koneksi Bluetooth. Jika kamu memiliki periferal yang terpasang atau terhubung yang tidak digunakan, dapat menghabsikan masa pakai baterai kamu.

8. Matikan Keyboard Backlit

Meskipun kecil, keyboard backlit yang mewah ini akan menguras daya dari laptop kamu. Kamu dapat menghematnya hanya dengan mengecilkannya.

9. Dinginkan

Panas di dalam laptop kamu tentu akan menyebabkan kipas bekerja lebih keras untuk mendinginkannya, hal ini biasanya akan berakibat jika kamu melihat baterai cepat habis. Pastikan bahwa kamu tidak menghabalani ventilasi atau menggunakan laptop pada lingkungan yang sangat panas.

10. Menutup Applikasi dan Program Latar Belakang

Setelah menggunakan laptop selama beberapa wkatu, biasanya memori laptop akan membengkak dengan applikasi dan program latar belakang yang tidak perlu dan dapat menguras baterai kamu dengan cepat. Kamu dapat mengelola appikasi dan program mana yang ingin kamu jalankan menggunakan pengelola tugas kamu.

11. Hapus Bloatware

Bloatware merupakan salah satu kejadian umum dengan komputer windows. Ini merupakan applikasi dan program yang sudah diintasl dari OS kamu atau pabrikan laptop kamu.

12. Ganti Baterai

Jika laptop kamu masih baru dan baterai kamu cepat habis atau tidak dapat diisi daya sama sekali, maka akan mengakibatkan buruk pada baterai kamu. Jika laptop kamu masih dalam masa garansi ada baiknya untuk menghubungi toko yang kamu lakukan untuk membeli laptop dan klaim garansi tersebut. Tapi, jika laptop kamu sudah berumur beberaa tahun ada baiknya untuk empertimbangkan mencari baterai baru untuk laptop secara online.

Banyak hal yang akan mempengaruhi masa pakai baterai rata-rata laptop dan hal ini tergantung dari situasi serta penggunaanya. Mulai dari usia laptop yang kamu gunakan, kapasitasnya, serta program apa yang kamu jalankan dengan baterai. Tapi kamu tak perlu khawatir, karena masalah ini cukup mudah untuk diperbaiki jika kamu mengetahui penyebabnya terlebih dahulu.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading