Sukses

Lifestyle

8 Penyebab Transfer Uang Tidak Masuk atau Delay yang Bikin Khawatir

Fimela.com, Jakarta Menunggu Uang untuk ditansfer terkadang membuat kita khawatir dan panik, apalagi jika pembayaran yang tertunda atau bahkan tidak masuk ke nomer rekening penerima. Meskipun ini masalah umum tapi ini menjadi suatu masalah yang jarang sekali terjadi.

Jika kamu sedang memesan barang atau melakukan transaksi lainnya tapi tiba-tiba uang tersebut tidak masuk ke penerima, bagaimana reaksimu pertama kali? Apakah kamu akan panik dan ketakutan? Mungkin saja ia terlebih jika uang tersebut memiliki nominal yang cukup besar.

Masalah ini jarang terjadi tapi memiliki kemungkinan yang tinggi untuk kamu mengalaminya, mulai dari sistem eror ataupun dari bank yang memiliki masalah teknis. Untuk kamu yang sedang mengalaminya, berikut beberapa penyebab transfer uang tidak masuk atau delay yang bikin khawatir:

1. Salah Menuliskan Nomor Rekening Penerima

Hal ini mungkin kerap sekali terjadi, banyak orang yang salah menuliskan nomor rekening penerima sehingga dapat menyebabkan uang tidak masuk. Nomor rekening memiliki banyak nomor 8 hingga 12 angka, dan terkadang akan membuat kita salah menuliskannya. Hati-hati jika kamu salah menuliskan nomor rekening penerima, karena dapat berakibat mengirimkan uang ke orang yang tidak dikenal.

2. Salah Kode Bank

Saat kita akan transfer biasanya pada bagian kanan bawah akan terdapat tulisan “Cek Kode Bank” yang menandakan berapa digit nomot kode yang perlu kamu cantumkan saat transfer. Hal ini perlu kamu cantumkan ke sesama bank maupun bank yang berbeda, tak hanya itu kode bank juga memiliki angka yang sangat beragam.

3. Adanya Gangguan pada Sistem

Gagalnya pada proses transfer biasanya terjadi karena terdapat gangguan pada sistem atau server dari bank tersebut, tak hanya itu biasanya hal ini juga dikarenakan sistem mesin ATM yang rusak maupun terganggu jarinngan dan membuat kamu tidak dapat melakukan proses transaksi dengan benar.

4. Saldo yang Tidak Cukup

Ada beberapa bank yang memiliki minimal saldo yang tidak boleh dikeluarkan atau digunakan untuk bertransaksi. Ada baiknya jika kamu mengecek saldo terlebih dahulu sebelum melakukan transfek rekening ke orang  lain, perlu kamu tahu transfer ke nomor rekening yang berbeda bank biasanya akan dikenakan admin 6.500.

5. Telah Melampaui Batas Transaksi Harian

Ini merupakan salah kasus yang mungkin kerap sekali terjadi oleh sebagian orang, biasanya satu rekening memiliki beberapa batas untuk melakukan transaksi harian. Batas transaksi harian pada setiap bank akan berbeda dan kamu perlu mengetahuinya dengan menanyakan ke bagian customer service dari bank yang telah kamu gunakan.

6. Hari Libur Bank

Sudah menjadi rahasia umum bahwa bank akan tutup pada hari libur dan hanya akan buka pada hari kerja, sebaiknya perlu ingat bahwa waktu transfer banka hanya akan mencakup pada hari kerja dan tiak termasuk semua hari libur.

7. Dokumen Hilang

Jika kamu tengah melakukan transfer bank internasional. Biasanya kamu perlu melacak dokumen yang perlu diserahkan untuk memproses transfe kamu, setiap Negara juga akan memiliki persyaratan sendiri. Jika kamu gagal mengirimkan dokumen yang diperlukan, transfer bank biasanya akan delay atau tertunda.

8. Detail Pembayaran Salah

Dalam hal transfer bank lokak dan internasional, memasukkan detail pembayaran yang salah dapat menyebabkan penundaan besar dalam waktu transfer. Dalam beberapa kasus, rincian pembayaran yang dimasukkan salah, akan membuat pembayaran tersebut kembali. Untuk menghindari hal ini, kamu perlu memastikan untuk memeriksa ulang nama dan detail nomor rekening penerima sebelum melakukan proses pembayaran apapun.

Nah, itulah beberapa penyebab transfer uang yang mungkin gagal atau tidak masuk yang pernah kamu alami, tentu saat sudah tranfer dan uang tidak masuk biasanya kita akan panik. Jika kamu uang tersebut tidak masuk lebih dari 60 menit ada baiknya telfon bagian customer service untuk penjelasan lebih lanjut. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading