Sukses

Lifestyle

Mengenal 4 Tipe Introver Menurut Penelitian, Apakah Kamu Salah Satunya?

Fimela.com, Jakarta Introver adalah satu dari tiga jenis kepribadian yang dicetuskan oleh Carl Gustav Jung. Dibandingkan dengan dua jenis kepribadian lainnya, yaitu ekstrover dan ambiver, tipe kepribadian introver cenderung lebih suka menghabiskan waktu sendiri untuk kembali mendapatkan energi. Walaupun suka menghabiskan waktu sendiri, tipe kepribadian introver bukan berarti antisosial, ya!

Bahkan, tipe kepribadian introver pun sebenarnya terbagi dalam 4 tipe introver lainnya. Apa saja ya?

Empat Tipe Introver Menurut Penelitian

1. Social Introvert

Dibandingkan tipe introver lainnya, social introvert adalah tipe introver yang paling mudah bergaul tetapi juga penuh privasi. Tipe social introvert cenderung menikmati dan tidak merasa malu atau khawatir saat berada di lingkungan sosial yang ramai, tetapi mereka akan merasa lelah secara emosional jika terlalu lama berada di tengah keramaian. Saat mereka menghabiskan waktu sendiri, tipe social introvert cenderung ingin menghabiskan waktu bersama teman dekat yang bisa mereka andalkan. Ketika bersama teman dekatnya, tipe social introvert bisa menjadi tipe yang paling aktif. Bahkan, orang asing mungkin akan menganggap tipe social introvert adalah seorang ekstrover.

2. Thinking Introvert

Tipe thinking introvert adalah para introver yang seringkali hanyut dalam pikirannya. Bagi beberapa orang, tipe thinking introvert adalah tipe introver yang paling sulit didekati, karena mereka memiliki cara unik saat berpikir atau memproses sesuatu. Mereka adalah tipe introver yang memiliki self-awareness paling tinggi dibandingkan tipe introver lainnya. Selain itu, mereka juga lebih suka menghabiskan waktu hanyut dalam pikirannya dibandingkan menghabiskan waktu untuk menjelaskan pikirannya kepada orang lain. Oleh karena itu, tipe thinking introvert tidak begitu peduli dengan hubungan atau interaksi sosial,

3. Anxious Introvert

Mungkin istilah lain yang lebih tepat untuk anxious introvert adalah shy introvert. Untuk membedakan anxious introvert dengan anxiety disorder, tipe anxious introvert cenderung lebih suka menghabiskan waktu sendiri, bahkan saat mereka tengah menghabiskan waktu bersama teman dekatnya. Mereka tidak menyukai berada di keramaian. Saat berada ditengah keramian, mereka cenderung merenungkan perilaku mereka. Tetapi, dalam kasus yang lumayan ekstrem, kondisi ini mampu berlanjut ke anxiety disorder jika dibarengi dengan berbagai reaksi fisik yang kuat seperti bergetar hebat, jantung berdebar kencang, dan mual-mual.

4. Restrained Introvert

Kemudian tipe introver yang terakhir adalah tipe introver yang selama ini dikenal oleh banyak orang, yaitu restrained introvert. Tipe restrained introvert adalah mereka yang merasa tidak nyaman saat harus berada di situasi tidak terduga. Tipe introver ini juga cenderung pendiam, tidak suka perubahan, tetapi juga bijaksana karena saat mereka harus melakukan sesuatu, mereka akan merencanakan hal tersebut secara matang jauh-jauh hari. Mereka lebih suka menghabiskan waktu sendiri sambil melakukan rutinitas sehari-hati dan berbagai hal yang mereka sukai.

Jadi, dari 4 tipe introver di atas mana yang paling sesuai denganmu?

 

Ditulis oleh: Savitri Anggita Kusuma Wardani

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading