Sukses

Lifestyle

International Women's Day, Tokopedia Dukung Pengusaha Lokal Perempuan lebih Berdaya

Fimela.com, Jakarta Bertepatan dengan International Women's Day atau Hari Perempuan Sedunia, Tokopedia mencatat jumlah pelaku UMKM perempuan yang meningkat 2,5 kali lipat di tahun 2021, dibandingkan tahun 2020. Tokopedia juga mencatat peningkatan di beberapa kota di Indonesia dalam hal jumlah pegiat usaha lokal perempuan selama tahun 2021.

Kota-kota ini adalah Pekanbaru, Pekalongan, Denpasar, dan Balikpapan. Peningkatan ini didorong oleh banyaknya inisiatif yang dilakukan Tokopedia bersama pegiat usaha lokal, termasuk pegiat UMKM perempuan.

Ada Tokopedia Beauty Awards 2021, Women in Style, inisiatif Hyperlocal, Tokopedia Nyam!, dan Festival Fashion Lokal Jawa Barat. Salah satu contoh UMKM Bandung beromzet puluhan juta di Tokopedia yang dibuat oleh Mega Puspita dan beberapa rekannya, Studio Dapur, memberdayakan perajin anyaman bambu dengan berbagai latar belakang di Padakembang, Singaparna, Jawa Barat.

 

Tokopedia dorong pemberdayaan perempuan lewat berbagai program

Para perajin ini memproduksi produk anyaman bambu ramah lingkungan, seperti tudung saji, baki, alas gelas dan piring, serta keranjang. Studio Dapur juga rutin mengedukasi para perajin bambu dan warga setempat terkait pembuatan kerajinan bambu berkualitas agar bisa dijadikan mata pencaharian, demi menjaga kelestarian desa.

Sedangkan Noesa adalah UMKM lain yang juga dibuat oleh perempuan dan memberdayakan perajin lokal. Annisa Hendrato dan Cendy Mirnaz menggandeng komunitas perempuan penenun dan penjahit di NTT untuk menghasilkan produk tenun ikat Flores dalam berbagai bentuk, seperti dompet, gelang, dan tali kamera.

Selama pandemi, Tokopedia telah menyumbang lebih dari 60% terhadap penjualan keseluruhan Noesa untuk menjaga produktivitas perajin di NTT. Produk Noesa juga bisa diakses oleh masyarakat dari seluruh Indonesia.

Tokopedia dorong pemberdayaan perempuan lewat berbagai program

Tidak berhenti di situ, Tokopedia juga berusaha untuk terus mengasah keterampilan digital perempuan lewat Tokopedia Bersama (Beraksi untuk Sesama) yang mengusung pemberdayaan perempuan sebagai salah satu pilarnya dan Tokopedia Academy. Tokopedia Bersama menghadirkan program Tokopedia Migrant-CARE yang membantu perempuan purna migran menciptakan peluang bisnis online.

Ada juga program Edukasi dan Mentoring e-commerce bersama Asosiasi Perempuan Pengusaha Usaha Kecil untuk menyediakan pelatihan bagi pegiat UMKM perempuan. Tokopedia Academy secara konsisten juga mendorong kemajuan talenta digital perempuan, salah satunya lewat konferensi teknologi tahunan START Women in Tech, yang melibatkan banyak perempuan ahli teknologi sebagai pembicaranya.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading