6 Sifat yang Dimiliki Orang yang Cerdas, Punya Salah Satunya?

Fimela Reporter20 Mei 2022, 21:30 WIB
Diperbarui 20 Mei 2022, 21:30 WIB
Ilustrasi orang cerdas

Fimela.com, Jakarta Ketika memikirkan orang yang sangat cerdas, kemungkinan besar, tipe tertentu muncul di benakmu. Misalnya, orang yang tampaknya mengetahui fakta acak tentang segala hal, atau orang yang memecahkan persamaan matematika di kepala mereka dengan kecepatan kilat. 

Tapi sebenarnya, Tidak perlu memiliki IQ tinggi untuk dianggap sebagai orang yang sangat cerdas. Faktanya, para ahli mengatakan, ada lebih dari itu, dan banyak orang yang sangat cerdas bahkan tidak menyadari betapa pintarnya mereka sebenarnya.

Kecerdasan seseorang dapat terlihat dari cara mereka bersikap serta sifat-sifat yang mereka miliki. Dirangkum dari berbagai sumber, begini beberapa sifat yang biasanya dimiliki oleh orang-orang yang cerdas

1. Mereka sangat mudah beradaptasi.

Ilustrasi orang percaya diri, cerdas, sukses
Ilustrasi orang percaya diri, cerdas, sukses. (Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash)

Biasanya orang yang cerdas akan terlihat pada kemampuannya untuk mengubah perilaku ketika dihadapi oleh situasi berbeda. Orang yang dapat mengatasi lingkungan secara lebih efektif dan membuat perubahan pada lingkungan terlihat pintar.

2. Mengakui jika tak tahu

Orang yang pintar biasanya tak takut untuk mengatakan bahwa mereka tidak tahu. Dengan menyadari hal tersebut dan tak merasa sebagai orang yang mengetahui segalanya biasanya menunjukan bahwa mereka adalah orang yang cerdas. Orang yang cerdas biasanya giat mempelajari segala hal, jadi jika tidak tahu mereka akan mengatakannya dan mempelajarinya.

3. Memiliki rasa ingin tahu yang tak terpuaskan.

Albert Einstein dengan terkenal berkata, "Saya tidak memiliki bakat khusus, saya hanya ingin tahu dengan penuh semangat."

Rasa ingin tahu yang menggebu-gebu tentang dunia di sekitar Anda mungkin menjadi salah satu kunci kecerdasan.  Kabar baiknya adalah kita  dapat secara aktif menumbuhkan rasa ingin tahu dalam kehidupan sehari-hari.

4. Mengikuti alur dan tak memusingkan hal yang tidak perlu

Ilustrasi orang cerdas
Ilustrasi orang cerdas (iStockphoto)​

Orang terpintar tidak membuang waktu untuk mengkhawatirkan hal-hal yang tidak dapat mereka kendalikan. Orang cerdas cenderung fleksibel dan mengikuti arus. 

"Daripada menjadi kaku tentang apa yang harus terjadi, mereka tetap fleksibel secara mental, berpikiran terbuka dan dapat dengan mudah menyesuaikan diri dengan kehidupan, tidak peduli apa yang terjadi," kata Jackson, dikutip dari Bustle

5. Membicarakan hal-hal yang penting.

Orang terpintar di ruangan itu tidak selalu menjadi orang yang paling banyak bicara. Mereka 

"Di dunia di mana orang berbicara untuk membuktikan siapa mereka, orang yang sangat cerdas adalah kebalikannya," kata Jackson. 

Jika terdapat pepatah tong kosong nyaring bunyinya, orang pintar tak bergaya seperti itu. Alih-alih membual tentang pencapaian mereka atau memberi tahu orang-orang betapa benar pendapat mereka, mereka biasanya pendiam dan jeli

Jika terdapat pepatah tong kosong nyaring bunyinya, orang pintar tak bergaya seperti itu.

6. Mereka berpikiran terbuka.

Orang pintar tidak menutup diri terhadap ide atau peluang baru. Orang-orang cerdas bersedia menerima dan mempertimbangkan pandangan lain dengan nilai dan pikiran yang luas

*Reporter: Jeihan Lutfiah Zahrani Yusuf

#Women For Women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela