Sukses

Lifestyle

5 Cara Menjadi Perempuan yang Lebih Bahagia dengan Pilihan Hidup Sendiri

Fimela.com, Jakarta Jujur saja tidak mudah untuk memenuhi semua tuntutan yang makin banyak seiring bertambahnya usia. Sebagai perempuan, kadang kita dibuat stres dan tertekan dengan banyak tuntutan untuk memenuhi berbagai standar. Sehingga menyulitkan kita untuk menjalani hidup dengan pilihan kita sendiri.

Untuk bahagia dengan pilihan hidup sendiri pun selalu ada tantangannya. Misalnya, ketika memilih untuk fokus bekerja lebih dulu, ada saja yang menekan kita untuk menikah dulu. Ketika memilih untuk berhenti bekerja setelah menikah, ada saja sindiran yang didapat. Apa pun pilihan yang kita ambil, pasti ada saja hal yang membuat mental kita jadi ciut. Meskipun begitu, kita selalu bisa mengupayakan hidup yang lebih bahagia dengan pilihan hidup kita sendiri.

 

 

1. Terima Tanggung Jawab dari Pilihan yang Diambil

Apa pun pilihan hidup yang kita ambil, pasti ada semacam konsekuensi yang harus kita terima. Kita perlu bertanggung jawab atas setiap pilihan dan keputusan yang kita buat. Untuk bahagia bukan berarti kita bakal hidup seenaknya sendiri. Melainkan kita perlu menyadari ada tanggung jawab penuh atas pilihan tersebut sehingga kita bisa menata prioritas hidup dengan lebih baik.

2. Kurangi Obsesi terhadap Standar Kebahagiaan Orang Lain

Masing-masing orang punya cara dan standarnya sendiri untuk hidup bahagia. Maka, agar kita bisa lebih bahagia dengan pilihan hidup, kita perlu lebih fokus dengan hidup kita sendiri. Tidak terlalu terpaku atau memaksakan diri mengikuti standar hidup orang lain. Bagaimana pun, hidup kita sama berharganya dengan hidup orang lain, jadi perlu kita perjuangkan dengan kesadaran diri penuh.

3. Jalani Kesibukan yang Disukai

Memilih untuk mengembangkan karier lebih dulu, jalani kesibukan yang mendukung perkembangan tersebut. Memilih untuk fokus jadi ibu rumah tangga lebih dulu, jalani rutinitas yang ada dengan sepenuh hati. Apa pun pilihan yang diambil, jalani keseharian sesuai dengan kebutuhan. Sesuaikan dengan prioritas dan hal-hal produktif yang mendukung pilihan yang kita ambil.

 

4. Buat Target atau Tujuan

Ada target atau tujuan yang ingin dicapai? Maka, usahakanlah. Memiliki target atau tujuan ini bisa membuat kita lebih bersemangat jalani hidup. Kita bisa fokus memilih jalan yang terbaik sesuai dengan pilihan yang kita ambil. Jadi, kita pun tidak akan kehilangan arah. Dari setiap tujuan yang tercapai, pastinya ada kepuasan batin yang diperoleh dan ini bisa mendatangkan kebahagiaan sendiri.

5. Pahami Kekurangan dan Kelebihan Diri

Kenali diri sendiri. Pahami kekurangan dan kelebihan diri. Terima diri sendiri seutuhnya. Dengan cara ini, kita bisa menata ekspektasi kita atas tiap pilihan yang kita ambil. Membuat sebuah pilihan dan menjalaninya perlu disesuaikan dengan kemampuan untuk memahami diri dengan baik. Agar ke depannya, hidup kita jadi terasa benar-benar bermanfaat dan bermakna.

Semoga apa pun pilihan hidup yang diambil bisa membuatmu hari-harimu lebih bermakna, ya. Temukan dan ciptakan kebahagiaanmu sendiri sebab hidupmu pun berharga.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading