Keuangan Sering Bocor Halus Selama Bulan Ramadan? Saatnya Terapkan Strategi Finansial Ini

Wuri Anggarini13 Apr 2022, 20:00 WIB
Diperbarui 14 Apr 2022, 13:04 WIB
Keuangan Sering Bocor Halus Selama Bulan Ramadan? Saatnya Terapkan Strategi Finansial Ini

Fimela.com, Jakarta Datangnya bulan Ramadan memang membawa kegembiraan bersama keluarga. Tapi, tanpa sadar ternyata persiapan Ramadan hingga menyambut Lebaran sering membuat keuangan bocor halus. Mulai dari membelikan baju baru untuk anak, belanja keperluan dapur dan persiapan Lebaran, sampai mengirimkan hadiah Lebaran untuk keluarga di kampung halaman adalah beberapa hal yang membuat pengeluaran membengkak.

Biarpun ada THR, tapi nggak jarang belanja berbagai kebutuhan tersebut melebihi budget yang ada. Nggak jarang juga hal ini ikut menguras tabungan yang seharusnya digunakan untuk kebutuhan lainnya. Masih sering mengalami dilema yang sama setiap tahunnya, Sahabat Fimela? Biar nggak mengganggu keuangan setelah Lebaran, sekarang waktu yang tepat untuk menerapkan strategi berikut ini.

Pisahkan Rekening Tabungan dari Rekening Sehari-hari

Keuangan Sering Bocor Halus Selama Bulan Ramadan? Saatnya Terapkan Strategi Finansial Ini
(c) Shutterstock

Salah satu yang jadi penyebab keuangan bocor halus adalah rekening tabungan dan kebutuhan sehari-hari yang masih tergabung. Hal ini menyulitkan saat akan mengatur pengeluaran, sehingga rentan membuat dana tabungan tanpa sadar terpakai terus.

Jadi, penting untuk memisahkan rekening tabungan dengan rekening yang biasa digunakan sehari-hari. Untungnya sekarang membuat rekening baru nggak perlu repot lagi karena bisa dilakukan lewat aplikasi BRImo dari BRI.

BRImo adalah aplikasi keuangan digital BRI berbasis data internet yang memberikan kemudahan  bagi nasabah BRI. Berbagai kemudahan hadir lewat aplikasi tersebut, termasuk mudah dan aman dalam melakukan pembukaan rekening BRI, karena proses pembukaan rekening dilengkapi dengan fasilitas sertifikasi elektronik (digital signature). Jadi, kini kamu bisa memiliki rekening khusus tabungan yang aman dari bocor halus karena terpakai pengeluaran sehari-hari.

Dahulukan Kewajiban Pembayaran Berbagai Tagihan Bulanan

Keuangan Sering Bocor Halus Selama Bulan Ramadan? Saatnya Terapkan Strategi Finansial Ini
(c) Shutterstock

Vibes Ramadan memang menghadirkan euforia untuk terus belanja. Tapi, jangan sampai hal ini bikin kamu lupa untuk melakukan kewajiban pembayaran tagihan bulanan. Jadi, pastikan untuk mendahulukan kewajiban membayar tagihan bulanan dengan memanfaatkan fitur Pembayaran yang ada di aplikasi BRImo.

Lewat fitur ini, kamu bisa menikmati kemudahan melakukan pembayaran berbagai tagihan bulanan seperti PLN, PDAM, dan masih banyak lagi. Nggak hanya itu saja, kamu juga bisa merasakan praktisnya bayar zakat hingga donasi di bulan Ramadan berbekal aplikasi mobile yang satu ini.

Transfer THR Keluarga di Kampung Halaman Nggak Pakai Ribet

Keuangan Sering Bocor Halus Selama Bulan Ramadan? Saatnya Terapkan Strategi Finansial Ini
(c) Shutterstock

Indahnya momen Ramadan belum lengkap rasanya kalau belum berbagi berkah dengan kirim THR ke keluarga di kampung halaman. Biarpun jumlahnya nggak seberapa, tapi bisa memberikan makna mendalam sekaligus menjadi wujud perhatian untuk keluarga yang ada di sana.

Namun, kadang ritual bagi-bagi THR ini bikin keuangan jebol. Biar nggak mengganggu kondisi finansial setelah Lebaran berakhir, nggak ada salahnya bikin dulu rencana anggaran THR yang ingin dibagikan. Hal ini meliputi berapa orang yang akan mendapatkan kiriman THR dari kamu beserta besaran yang sesuai budget. Transfer THR juga makin gampang berbekal fitur Transfer yang ada pada aplikasi BRImo. Dengan perencanaan yang tepat, berbagi berkah nggak akan berakhir jadi musibah buat kamu.

Belanja Kebutuhan Ramadan dan Lebaran Sesuai Budget

Keuangan Sering Bocor Halus Selama Bulan Ramadan? Saatnya Terapkan Strategi Finansial Ini
(c) Shutterstock

Kalau sudah asyik belanja, kadang jadi nggak sadar barang apa saja yang masuk keranjang. Saat sudah melakukan pembayaran, baru sadar kalau saldo rekening semakin menipis, bahkan menunjukkan kondisi kritis.

Supaya nggak mengalami dilema ini, pastikan belanja berbagai kebutuhan Ramadan hingga Lebaran yang sesuai budget. Catat terlebih dulu barang apa saja yang menjadi kebutuhanmu dan berpeganglah pada catatan tersebut. Hindari godaan diskon yang terlihat besar pada barang yang nggak terlalu dibutuhkan sekalipun. Kadang godaan inilah yang bikin pengeluaran jadi bocor halus.

Untungnya sekarang melakukan pembayaran belanjaan juga semakin mudah dengan aplikasi BRImo. Lewat fitur scan QRIS yang tersedia, kamu bisa menikmati mudahnya pembayaran saat melakukan belanja offline di merchant yang sudah terimplementasi QRIS. Sementara itu, kalau belanja online di e-commerce kesayangan, tinggal top up saja saldo dompet digital lewat BRImo. Gampang banget kan!

Pantau Terus Pengeluaranmu biar Nggak Membengkak dan Overbudget

Last but not least, jangan lupa untuk selalu memantau pengeluaranmu biar nggak membengkak dan overbudget. Untungnya sekarang semakin mudah dengan bantuan fitur Personal Financial Management yang ada di aplikasi BRImo.

Keuangan Sering Bocor Halus Selama Bulan Ramadan? Saatnya Terapkan Strategi Finansial Ini
(c) BRImo

Berbekal fitur ini, kamu akan merasakan kemudahan untuk memantau jumlah pemasukan dan pengeluaran yang dilakukan selama bertransaksi menggunakan channel BRI. Jadi, kamu bisa mengontrol keuangan dengan lebih leluasa lewat aplikasi BRImo yang ter-install di smartphone.

Wah, ternyata ada berbagai kemudahan yang bisa kamu rasakan untuk membantu mengatur keuangan biar nggak bocor halus dengan aplikasi BRImo. Menariknya lagi, aplikasi ini juga memiliki fitur penting lainnya seperti Tarik Tunai Tanpa Kartu, Transfer Internasional untuk memberikan kemudahan transfer lintas negara, Konversi Valas yang dapat memudahkan dalam melakukan transaksi penukaran mata uang asli lewat BRImo, hingga Fast Menu yang mengutamakan kemudahan, kecepatan, dan tentunya keamanan dalam melakukan transaksi secara harian tanpa harus login.

Yuk, nikmati mudahnya melakukan pengaturan keuangan dengan aplikasi BRImo! Download BRImo sekarang di Appstore, Playstore, dan Huawei AppGallery.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela