5 Cara Tenang Menghadapi Orang yang Keras Kepala

Endah Wijayanti08 Mei 2022, 08:15 WIB
Diperbarui 08 Mei 2022, 08:15 WIB
perempuan dan mencoba tenang

Fimela.com, Jakarta Watak dan karakter tiap orang berbeda-beda. Dalam keseharian kita pun akan dihadapkan pada pertemuan dan interaksi dengan bermacam-macam orang. Salah satunya adalah bertemu dengan orang keras kepala.

Orang yang keras kepala identik dengan sikap egois, mau menang sendiri, tidak bisa diajak kompromi, dan sangat susah diajak berkomunikasi dengan baik. Bahkan ketika dirinya sudah jelas-jelas salah, dia tak mau disalahkan. Untuk menghadapi orang keras kepala tanpa menambah banyak konflik dan drama, ada beberapa cara sederhana yang bisa dicoba.

 

1. Bicaralah saat Suasana Hatinya Sedang Bagus

karakter zodiak
ilustrasi./Photo by Michael Walk on Unsplash

Melansir laman iamandco.com, saat kita berhadapan dengan orang keras kepala, pemilihan waktu adalah segalanya. Maksudnya, jika kita ingin omongan atau kata-kata kita didengar olehnya, cobalah untuk memilih waktu yang pas saat suasana hatinya sedang bagus. Kalau dia tampak sedang kesal, marah, atau bad mood, mending jauhi dulu untuk sementara waktu.

2. Utarakan Isi Hati

kepribadian karakter zodiak
ilustrasi./Photo by Andrea Piacquadio from Pexels

Kalau kita merasa kesal dengan sikapnya yang keras kepala, kita bisa coba utarakan isi hati atau perasaan kita. Alih-alih langsung menyalahkan atau menyudutkannya, kita bisa memilih untuk memberitahunya perasaan kita. Setidaknya dengan cara ini, kita bisa lebih lega dan dia paham kalau ada perilaku yang perlu ia perbaiki.

 

 

3. Uraikan Persoalan Satu Per Satu

karakter zodiak
ilustrasi./Photo by Ketut Subiyanto from Pexels

Berkomunikasi atau mengobrol dengan orang yang keras kepala bisa terasa sangat membingungkan. Agar komunikasi bisa berjalan lebih lancar, kita bisa coba uraikan persoalan yang ada satu per satu. Sehingga kita bisa memastikan dia mendengar ucapan dan perkataan kita dengan jelas.

4. Bersabar

karakter zodiak
ilustrasi./Photo by Aisha Askhadova on Unsplash

Ya, bersabar mungkin sangat mudah dikatakan tapi sulit untuk dipraktikkan langsung. Namun, kalau menghadapi orang keras kepala dengan cara yang juga keras, maka masalah akan memburuk. Menghadapi api dengan api bakal makin memperburuk keadaan. Saat tak tahu harus melakukan atau bersikap bagaimana menghadapi orang yang keras kepala, bersabar bisa menjadi cara paling bijak.

 

5. Bangun Rasa Percaya

karakter zodiak
ilustrasi perempuan cinta/Photo Designed by halayalex/Freepik

Sikap keras kepala biasanya manifestasi dari rasa takut. Orang yang keras kepala bisa saja menyimpan rasa takut di dalam dirinya. Untuk bisa berkomunikasi lebih baik dengannya, kita bisa membangun rasa percaya. Sehingga dia tak lagi merasa takut, dan sikap keras kepalanya bisa sedikit reda. Bangun empati dan coba pahami isi hatinya untuk bisa berkomunikasi dengan lebih baik lagi.

Apakah Sahabat Fimela punya cara atau tips lain dalam menghadapi orang yang keras kepala? Semoga kita bisa tetap menjalin komunikasi dengan baik bersama orang-orang di sekitar kita, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela