Beberapa Cara Bayar Zakat Fitrah, Bisa secara Online yang Mudah dan Praktis

Fimela Reporter25 Apr 2022, 18:00 WIB
Diperbarui 25 Apr 2022, 18:00 WIB
Zakat

Fimela.com, Jakarta Zakat fitrah merupakan kewajiban setiap umat muslim, baik laki-laki maupun perempuan. Kewajiban ini dijalankan di bulan suci Ramadan dengan syarat beragama Islam, hidup pada saat bulan Ramadan, dan memiliki kelebihan rezeki atau kebutuhan pokok untuk malam dan Hari Raya Idul Fitri. 

Kewajiban zakat fitrah merupakan bentuk mensucikan diri sehabis menjalankan ibadah di bulan puasa ini. Selain itu, zakat fitrah bisa dimaknai sebagai bentuk empati terhadap orang yang kurang mampu. Hingga akhirnya, kemenangan dan kebahagiaan di hari Lebaran bisa dirasakan semua orang.

Mengutip baznas.go.id, zakat fitrah sendiri memiliki besaran, yakni beras atau makanan pokok seberat 2,5 kg atau 3,5 liter per jiwa. Para ulama juga mengizinkan bentuk zakat lain, seperti uang yang setara dengan 1 sha’ gandum, kurma, atau beras. Berikut beberapa cara membayar zakat fitrah.

Cara bayar zakat fitrah

Membayar Zakat Fitrah bagi Umat Muslim
Ilustrasi keluarga muslim yang wajib membayar zakat fitrah di bulan Ramadan. /freepik.com

Di Indonesia, menurut SK Ketua Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) No. 10 Tahun 2022 tentang Zakat Fitrah dan Fidyah untuk wilayah Ibukota DKI Jakarta Raya dan Sekitarnya,  nilai zakat fitrah yang harus masyarakat penuhi setara dengan uang sebesar Rp45.000,-/hari/jiwa

Nantinya, BAZNAS akan menyalurkan zakat fitrah berbentuk kepada mustahik. Mustahik yang dimaksud juga termasuk keluarga rentan yang mengalami krisis akibat pandemi Covid-19.

Pembayaran zakat fitrah ini bisa dilakukan melalui beberapa cara. Kamu bisa membayar di masjid terdekat, badan amil terpercaya, maupun secara online. Simak beberapa tahapan membayar zakat fitrah secara online berikut ini!

Cara bayar zakat fitrah secara online

Membayar Zakat Fitrah
Ilustrasi membayar zakat fitrah bagi umat muslim. /shutterstock.om/hilalabdullah

Apabila ingin membayar secara online, kamu bisa membayarnya melalui situs resmi BAZNAS. Berikut tata cara membayar zakat fitrah secara online:

  • Akses situs resmi BAZNAS melalui baznas.go.id 
  • Selanjutnya, cari tombol "Bayar Zakat" dan pilihlah jenis zakat yang ingin dibayarkan
  • Lalu, pilih zakat fitrah di kolom kedua 
  • Masukkan jumlah jiwa atau tanggungan keluarga. Selanjutnya, layar akan menampilkan nominal zakat sesuai jumlah jiwa yang dipilih
  • Lengkapi data sapaan, nama lengkap, nomor ponsel, dan email
  • Selanjutnya, jika data sudah terisi lengkap, tekan “lanjut ke pembayaran”
  • Kamu bisa memilih metode pembayaran zakat fitrah. Pembayaran zakat bisa dilakukan melalui saldo digital, pembayaran kasir, akun virtual, kartu kredit, dan Paypal 
  • Sehabis memilih metode pembayaran, ucapkan niat berdoa zakat fitrah untuk diri sendiri dan keluarga. Bacaan niat zakat fitrah akan tampil secara otomatis di website
  • Terakhir, tekan "bayar" setelah kamu mengucapkan niat zakat fitrah

 

*Penulis: Ersya Fadhila Damayanti.

#Women for Women

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela