5 Cara Menguatkan Diri saat Keinginan Belum Jadi Kenyataan

Endah Wijayanti08 Mei 2022, 13:45 WIB
Diperbarui 08 Mei 2022, 13:45 WIB
surat ayah dan titip rindu

Fimela.com, Jakarta Pernah terbersit di pikiran tidak kalau hidup ini kadang rasanya tidak adil? Sesuatu yang sudah kita perjuangkan mati-matian bisa berakhir sia-sia. Keinginan yang tadinya tampak akan terwujud ternyata tak berakhir jadi apa-apa.

Ketika keinginan belum menjadi kenyataan, kita mungkin akan merasa seakan dunia ini runtuh. Semangat dan motivasi diri pun jadi berkurang. Meski begitu, kita bisa tetap mengupayakan beberapa hal untuk bisa kembali berdiri tegak dan menguatkan diri lagi.

 

1. Bersikap Lembut pada Rasa Sedih

surat ayah dan cinta pertamanya
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Untuk kembali kuat bukan berarti harus mengabaikan rasa sedih. Bersikap lembutlah pada diri dan rasa sedih yang menghampiri. Terima perasaan sedih yang ada. Saat keinginan belum menjadi kenyataan, kita mungkin akan merasa kesal, marah, kecewa, dan hilang harapan. Di sini kita perlu kembali memeluk diri sendiri dan menerima semua perasaan itu mengalir di dalam diri.

2. Coba Aturan 10 Menit

surat ayah dan berjauhan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Melansir laman verywellmind.com, ada aturan 10 menitan yang bisa dicoba untuk menyikapi mental yang melemah. Misalnya, kita kehilangan semangat berolahraga karena ada sebuah target yang meleset, kita bisa coba 10 menit saja dulu untuk menggerakkan tubuh. Cukup 10 menit saja dulu untuk memulai sesuatu agar bisa menghadirkan kekuatan baru di dalam diri.

3. Fokus pada Napas

surat ayah dan rindu bapak dulu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Menerima realitas yang tidak sesuai keinginan bisa membuat perasaan campur aduk. Kita pun jadi gampang cemas dan gelisah. Salah satu cara untuk meredakannya adalah kembali fokus pada napas. Menenangkan diri menjadi hal yang sangat penting untuk bisa menemukan kekuatan agar bangkit lagi. 

4. Relakan yang Tak Bisa Diubah

surat ayah dan kehebatannya
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Longgarkan genggaman. Relakan hal-hal yang tak bisa diubah. Menjalani hidup, kita akan dihadapkan pada serangkaian takdir tertentu yang tak bisa kita ubah. Jadi, memang kita perlu melepaskan hal-hal yang di luar kendali diri kita. Kalau ada keinginan yang belum bisa terwujud meski kita sudah mengusahakannya sebaik mungkin, maka ada baiknya untuk melepaskannya. Sebab kita manusia biasa yang memiliki keterbatasan diri.

5. Buat Prioritas Baru

surat ayah dan membuat bapak bangga
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Membuka lembaran baru dengan membuat prioritas baru bisa hadirkan semangat dan kekuatan baru menjalani hidup. Menghadirkan sebuah perubahan yang lebih positif dengan menghadirkan prioritas baru akan membuat kita terpacu untuk melakukan hal-hal yang lebih produktif lagi. Ketika ada keinginan atau impian yang belum bisa diwujudkan, mungkin ini jadi pertanda bahwa ada jalan yang lebih baik untuk kita ambil.

Kadang saat ada hal yang tak terjadi sesuai keinginan, ini pertanda kita perlu ambil arah baru atau berbeda. Semoga sedih yang kamu rasakan hanya sementara, ya. Saatnya untuk kembali bersemangat dan lebih kuat lagi jalani hidup.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela