Sukses

Lifestyle

6 Cara Mudik Perjalanan Tetap Aman dan Sehat untuk Ibu Hamil

Fimela.com, Jakarta Selama dua tahun belakangan sepanjang masa pandemi Covid-19, berbagai tradisi Lebaran memang harus ditunda atau bahkan ditanggalkan dahulu demi menekan kasus bertambahnya Covid-19 sekaligus menjaga kesehatan banyak orang, salah satunya adalah mudik ke kampung halaman.

Untung saja, tahun ini masyarakat Indonesia diperbolehkan lagi untuk mudik. Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ibu hamil beserta keluarga selama melakukan perjalanan mudik lebaran. Dilansir dari Liputan6.com, ini beberapa tips aman mudik lebaran bagi ibu hamil.

1. Konsultasi dahulu dengan dokter

Sebelum memutuskan untuk mudik, ibu hamil sebaiknya berkonsultasi dengan dokter kandungan terlebih dahulu untuk mengetahui apakah kesehatan ibu memungkin melakukan untuk perjalanan jauh. Secara pribadi, bumil juga harus mengetahui kondisi tubuhnya sendiri secara objektif sehingga bisa mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

2. Minum lebih banyak cairan

Bukan hanya terkendala cuaca yang kemungkinan akan sangat gerah, tapi juga pertimbangkan kondisi alami tubuh saat sedang hamil. Umumnya perempuan hamil cenderung lebih sering buang air kecil dan berkeringat, hal tersebut akan lebih mudah membuat bumi dehidrasi. Oleh karena itu, selama mudik sebaiknya tidak puasa dahulu dan diganti di lain hari sehingga bumil bisa memastikan tubuh mendapatkan asupan cairan yang cukup.

3. Luangkan waktu untuk jeda istirahat

Jika berencana mudik dengan menempuh perjalanan jauh sebaiknya ibu hamil dan keluarga meluangkan waktu untuk istirahat sejenak di pos-pos istirahat terdekat untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima dan bugar.

4. Jangan duduk terus-menerus

Jika mempunyai waktu banyak untuk istirahat atau mampir di pos istirahat, luangkan waktu untuk jalan-jalan kecil. Hal tersebut berguna untuk melancarkan sirkulasi darah di bagian kaki dan mengurangi tekanan pada kandung kemih ibu hamil akibat duduk terlalu lama.

5. Membawa camilan sehat

Ibu hamil juga disarankan membawa cemilan sehat seperti biskuit oat, susu, buah-buahan dan kacang-kacangan. Hal ini berguna untuk menghindari terjadinya pusing, mual, dan rasa lelah yang menyerang saat perjalanan. Dalam Islam, ibu hamil yang tidak berpuasa selama melakukan perjalanan jauh juga akan sangat dimaklumi. Jadi jangan memaksakan puasa dahulu.

6. Jangan menyetir sendirian

Usahakan tidak melakukan mudik dengan mengendarai kendaraan pribadi sendirian, apalagi menyetir. Pastikan ada anggota keluarga yang mendampingi, terutama jika usia kehamilan sudah di atas 20 minggu. Selain itu, simpan nomor telepon dokter kandungan untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu membutuhkan pertolongan.

Itu dia sekian tips aman dan sehat melakukan perjalanan mudik untuk ibu hamil. Selalu utamakan kesehatan sebelum mulai mudik ya Moms.

#Women for Women

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading