5 Cara Bisa Melihat Sisi Baik Semua Hal agar Hidup Tenang

Endah Wijayanti05 Mei 2022, 16:15 WIB
Diperbarui 05 Mei 2022, 16:15 WIB
perempuan dan cinta pertama

Fimela.com, Jakarta Saat pikiran kita dipenuhi hal buruk dan negatif, hidup jadi tidak tenang. Semua hal yang kita lihat, dengar, dan rasakan pun membuat kita makin gelisah. Apalagi saat kita baru mengalami kejadian yang tak mengenakkan, rasanya sulit sekali untuk berdamai dengan keadaan dan melihat sisi positifnya.

Hanya saja kita perlu mengakui dan menyadari bahwa agar hidup bisa lebih tenang, kita butuh "kacamata" untuk melihat sisi baik semua hal. Mungkin tak mudah dan tak bisa langsung berhasil di percobaan pertama, tapi kita bisa melakukan sejumlah cara sederhana untuk bisa melihat sisi baik dari segala sesuatu.

 

1. Izinkan Diri untuk Berlatih

perempuan dan menyikapi perpisahan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Mengutip buku Happiness Inside, syarat untuk dapat melihat segala peristiwa sebagai keindahan hanyalah satu, yaitu latihan. Bisa dimulai dari latihan sederhana, seperti ketika kita merasa gerah di siang yang terik. Alih-alih terus mengeluh soal kepanasan, kita bisa coba lihat sisi indahnya seperti rasa es krim yang makin nikmat ketika dihabiskan di tengah cuaca panas. Izinkan diri untuk berlatih melihat sisi baik akan membentuk kesadaran diri yang membuat hati kita terasa lebih nyaman.

2. Kurangi Menyalahkan Situasi

perempuan dan kerja keras
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

"Orang yang selalu memilih untuk melihat dunia dari sisi keindahan adalah orang-orang yang beruntung, mereka tidak tergantung dengan keaadan dan tidak menyalahkan situasi, mereka mampu memanfaatkan kekuatan diri yang luar biasa yang terdapat di dalam setiap manusia, yaitu kemampuan untuk memilih," tulis Gobind Vashdev dalam Happiness Inside. Kalau ingin lebih mudah melihat sisi baik segala sesuatu, ada baiknya untuk mengurangi menyalahkan siapa pun dan situasi apa pun.

3. Beri Ruang untuk Semua Emosi yang Dirasakan

cinta bertepuk sebelah tangan perempuan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Ketika ada dorongan untuk bisa berpikiran positif, biasanya ada rasa tidak terima di dalam diri. Ada pengaruh rasa sedih, kesal, hingga kecewa yang membuat kita sulit untuk berpikiran positif. Jika ini yang terjadi, kita bisa memberi ruang pada diri sendiri untuk merasakan semua jenis emosi tersebut. Izinkan diri untuk membiarkan semua perasaan itu hadir dan mengalir agar hati bisa terasa lebih ringan. 

4. Fokus pada Masa Kini

perempuan dan cintanya yang bertepuk sebelah tangan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Hal-hal buruk dan tak menyenangkan yang sudah terjadi memang tak bisa diubah. Namun, kita masih bisa memilih untuk fokus pada masa kini. Kita bisa fokus untuk memperbaiki hal-hal yang masih bisa diusahakan pada saat ini untuk masa depan yang lebih baik lagi.

5. Hadirkan Rasa Cukup terhadap Segalanya

perempuan dan saat kesepian
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Sudahi rasa sedih yang ada. Sudahi semua pikiran buruk dan negatif di dalam benak. Hadirkan perasaan cukup terhadap segalanya. Nantinya, dari sini kita bisa lebih mudah menerima realitas yang ada. Serta hati kita jadi lebih lapang untuk berusaha berpikiran positif dan melihat segala sesuatunya dari sisi positif.

Terima kasih bagi kamu yang memilih untuk menjadi orang yang lebih baik. Apa pun yang sedang kamu alami saat ini, semoga kamu senantiasa dikuatkan, ya.

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela