Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Tidak Gampang Minder dan Hidup Lebih Tegar

Fimela.com, Jakarta Pernah atau bahkan sering merasa minder dalam menjalani hidup? Saat melihat kehidupan orang lain yang tampak lebih baik, kita merasa rendah diri karena kehidupan kita terasa biasa-biasa saja. Atau ketika membuka media sosial dan melihat unggahan baru teman-teman kita yang tampak lebih bahagia, kita merasa ciut karena kita tak sebahagia mereka.

Perasaan minder yang hadir memang bisa mengganggu kenyamanan kita. Namun, kita tetap perlu berupaya menjalani hidup kita dengan hati yang lebih tegar dan lebih baik lagi. Ada lima cara atau langkah sederhana yang bisa diambil agar tidak gampang minder lagi.

 

1. Akui Kekurangan Diri

Mengutip buku How to Respect Myself, emosi bernama rendah diri terkait dengan tiga jenis pikiran. Salah satunya adalah pikiran bahwa kita punya banyak kekurangan. Bukan berarti kita harus menolak kekurangan itu, tetapi kita perlu mengakui dan menerimanya. Sebab dengan mengakui kekurangan diri, kita akan termotivasi untuk terus memperbaiki diri dari waktu ke waktu.

2. Jadi Pribadi yang Berguna

Perasaan tidak berguna bisa memicu rasa minder, insecure, dan rendah diri. Bahkan bisa membuat kita merasa terpuruk dan kehilangan harapan hidup. Maka, penting bagi kita untuk menjadi pribadi yang berguna. Kita bisa gunakan kemampuan atau kelebihan diri kita untuk menebar manfaat dan menciptakan lebih banyak kebaikan untuk orang-orang di sekitar kita.

 

3. Terima Keunikan Diri

Kita terlahir dengan keunikan kita masing-masing. Kita memang tak bisa membuat pilihan ingin dilahirkan dengan tubuh dan fitur wajah yang seperti apa. Bentuk fisik dan warna kulit kita tercipta di luar kendali kita. Tak bisa memilih dilahirkan di keluarga yang seperti apa. Bahkan ukuran tubuh dan gen yang ada di dalam diri kita pun hadir tanpa pernah bisa kita atur. Maka, kita perlu menyadari dan berdamai dengan kenyataan ini. Terima diri kita seutuhnya.

4. Miliki Rutinitas yang Produktif

Daripada menghabiskan waktu terus menerus merasa mendiri, mending isi keseharian dengan hal-hal dan aktivitas yang produktif. Bisa berkarya, menciptakan sesuatu, memperbaiki sesuatu, atau sekadar memberi sedikit kontribusi bisa membuat hidup jadi lebih bermakna. Kesibukan yang produktif akan melunturkan rasa minder di dalam diri.

5. Gunakan Pakaian Paling Nyaman

Apa yang kita pakai bisa memengaruhi suasana hati kita. Kita mempercantik diri pun bukan untuk membuat orang lain terkesan, melainkan untuk membuat kita merasa lebih bahagia. Saat kita merasa minder dan kehilangan motivasi atau semangat, cobalah untuk berpenampilan sesuai dengan kenyamanan diri. Dari sini, suasana hati kita bisa lebih baik.

Jadi, sudah siap untuk menjadi perempuan yang lebih tegar tanpa rasa minder berlebihan? Semoga info dan tips di atas bermanfaat, ya.

 

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading