Sukses

Lifestyle

Amalan Sunah yang Sebaiknya Dikerjakan Saat Hari Raya Idul Fitri

Fimela.com, Jakarta Tak terasa umat muslim sudah berada di penghujung bulan Ramadan. Besok, umat muslim akan sampai pada hari yang penuh bahagia yakni Hari Raya Idul Fitri. Idul Fitri juga merupakan hari kemenangan. Di Hari Raya Idul Fitri, umat muslim disunahkan untuk melaksanakan salat Idul Fitri. Umat muslim juga disunahkan mengerjakan beberapa amalan sunah di Hari Raya Idul Fitri agar pahal yang diperoleh semakin berlipat ganda. 

Berikut ada beberapa amalan sunah yang sebaiknya dikerjakaan saat Hari Raya. Amalan ini dikerjakan sebelum maupun sesudah salat Ied. 

1. Takbir

Amalan yang pertama adalah mengumandangkan takbir. Sebaiknya kamu memperbanyak takbir mulai dari terbenamnya matahari di hari terakhir Ramadan hingga imam naik ke mimbar untuk berkhutbah.

2. Mandi Sebelum Salat Ied

Sunah selanjutnya adalah mandi sebelum salat ied. Selain membersihkan diri dari kotoran, mandi juga akan membuat kita semakin segar, semangat dan bahagia dalam menyambut hari kemenangan. 

3. Memakai Pakaian Terbaik

Memakai pakaian terbaik juga menjadi sunah di Hari Raya. Usahakan untuk mengenakan pakaian terbaikmu dan pastikan bahwa pakaian tersebut bersih. Untuk menyambut Hari Kemenangan, kita dianjurkan mengenakan pakaian terbaik kita meski pakaian itu tidak baru. 

4. Memakai Wewangian dan Berhias

Untuk umat muslim pria, disunahkan atas mereka untuk memakai wewangian dan berhias sebelum pergi ke masjid atau lapangan untuk salat Ied. Rasulullah mengajarkan agar kita tampil sebaik dan sewangi mungkin ketika hendak beribadah di hadapan Allah. 

5. Makan Sebelum Pergi Salat Ied

Disunahkan bagi umat muslim makan sebelum pergi salat ied. Salah satu makanan yang dianjurkan untuk dimakan sebelum salat Ied adalah buah kurma dengan jumlah ganjil. 

6. Mendirikan Salat Ied

Amalan selanjutnya adalah mendirikan salat Ied. Rasulullah menganjurkan bagi semua umat muslim baik pria, perempun, dewasa, anak-anak atau orangtua mendirikan salat Ied di Hari Raya yang penuh kemenangan. 

7. Mendengarkan Kutbah

Setelah salat Ied selesai, lanjutkan dengan mendengarkan kurbah yang disampaikan imam. Mendengarkan kutbah termasuk amalan sunah yang penting dilakukan di Hari Raya. 

8. Ambil Rute Berbeda Saat Pergi dan Pulang dari Salat Ied

Sunah berikutnya adalah mengambil jalan berbeda saat pergi dan pulang dari salat Ied. Saat berangkat salat Ied, disunahkan untuk berjalan kaki. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan At Tirmidzi disebutkan, "Dan dari Ali bin Abi Thalib r.a, ia berkata, "Termasuk dari sunah adalah ke luar pada hari raya dengan berjalan kaki."

Itulah beberapa amalan sunah yang sebaiknya dilakukan di Hari Raya Idul Fitri. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat menyambut Hari Raya Idul Fitri. Minal aidzin wal faidzin, mohon maaf lahir dan batin. 

#WomenForWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading