5 Cara Punya Hidup Seimbang agar Tidak Gampang Stres

Endah Wijayanti06 Mei 2022, 14:15 WIB
Diperbarui 06 Mei 2022, 14:15 WIB
aku uang dan perempuan santai

Fimela.com, Jakarta Dalam menjalani hidup ini, kita perlu menyeleraskan dan menyesuaikan banyak hal. Mulai dari urusan pendidikan, pekerjaan, pernikahan, hingga berbagai macam urusan personal lainnya. Kita dituntut untuk bisa mengurus semua persoalan itu dengan baik, tetapi yang sering terjadi biasanya kita terlalu condong ke salah satu aspek saja sehingga mengabaikan aspek lainnya yang sama-sama penting.

Memiliki hidup yang seimbang pun menjadi impian kita semua. Bisa melakukan segala sesuatunya dengan seimbang dan cukup dengan tetap menjaga kesehatan tubuh dan pikiran menjadi semacam standar paling ideal yang bisa kita punya. Lalu, bagaimana agar bisa punya hidup yang seimbang? Lima langkah sederhana ini bisa dicoba.

 

1. Buat Daftar Rutinitas Sendiri

aku uang dan ibu rumah tangga
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Melansir lama Lifehack.org, menemukan keseimbangan dalam hidup artinya menemukan titik pusat, yaitu tempat kita merasa damai, fokus di masa kini, dan bahagia. Untuk bisa menemukan titik tersebut, kita perlu punya gambaran sendiri soal hidup seimbang itu yang seperti apa. Kita bisa memulainya dengan membuat daftar kegiatan atau rutinitas yang membuat kita nyaman melakukannya. Dengan begini, kita bisa memastikan waktu yang kita miliki bermakna dan tidak terbuang sia-sia.

2. Berlatih Membuat Prioritas

aku uang dan sebagai freelancer
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Sering multitasking atau melakukan banyak hal bersamaan? Semakin sering kita multitasking, semakin rentan kita mengalami stres. Untuk itu, kita perlu berlatih membuat prioritas. Fokus pada hal-hal yang perlu diselesaikan lebih dulu sebelum beralih ke hal lainnya. Selesaikan persoalan satu per satu. Mungkin ini tidak semudah teorinya tapi bisa dicoba bila ingin hidup lebih seimbang tanpa rentan mengalami stres.

3. Fokus pada Hal-Hal yang Masih Bisa Diupayakan

aku uang dan mandiri finansial
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Fokuslah pada hal-hal yang masih bisa dikendalikan atau diupayakan. Lepaskan atau relakan hal-hal yang tidak bisa diubah. Dalam pekerjaan misalnya, kita mungkin tak bisa menerima atau mengerjakan semua tugas seorang diri dan tak bisa menghabiskan semua waktu untuk bekerja. Ada kalanya kita perlu bilang "tidak" atau melepas hal yang terlalu membebani diri kita.

 

4. Jadwalkan Waktu untuk Diri Sendiri

aku uang dan beasiswa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Di tengah kehidupan yang serba sibuk dan dinamis, kadang kita tak punya waktu untuk diri sendiri. Padahal agar hidup lebih seimbang, kita perlu punya waktu untuk diri sendiri, melakukan hal-hal yang kita sukai dan minati. Meluangkan dan menjadwalkan untuk diri sendiri membuat kita bisa merasa lebih tenang dan damai.

5. Miliki Kebiasaan Sehat

aku uang dan jatuh bangun bisnis
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Menjaga pola makan sehat, olahraga teratur, dan mendapat istirahat cukup merupakan tiga hal dasar yang bisa membantu kita memiliki hidup yang seimbang. Memiliki kebiasaan sehat seperti itu akan membuat kita lebih mudah menjaga kesehatan tubuh dan pikiran.

Itu tadi lima hal yang bisa dicoba bila ingin memiliki hidup yang lebih seimbang. Apakah Sahabat Fimela punya cara atau tips lain yang bermanfaat juga? Bisa lho berbagi info di sini juga.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela