Sukses

Lifestyle

5 Cara agar Tidak Mudah Putus Asa Jalani Hidup sebab Dirimu Berharga

Fimela.com, Jakarta Kehidupan ini tak selalu menyodorkan atau menyajikan kebahagiaan. Dari waktu ke waktu, kita akan dihadapkan pada ujian dan cobaan kehidupan. Bahkan masalah bisa datang silih berganti.

Ketika merasa terpuruk dengan masalah yang terus datang silih berganti, kadang rasanya kita ingin menyerah saja. Kita pun merasa putus asa dan tak ingin melanjutkan hidup. Akan tetapi, keberadaan kita di dunia tetaplah berharga. Kita tetap perlu melakukan upaya terbaik agar tidak mudah menyerah menjalani hidup ini.

 

1. Jangan Perpanjang Rasa Putus Asa

Mengutip buku Menghilang, Menemukan Diri Sejati, manusia akan selalu berusaha mewujudkan apa yang dia pikirkan. Sementara, apa pun yang dia rasakan, ke situlah dia akan ditarik. Jika seseorang terus menerus merasa putus asa, maka dia akan benar-benar ditarik ke dalam keputusasaan. Dengan kata lain, kalau tak ingin merasa putus asa, ya jangan bergumul terlalu lama dalam rasa putus asa. Ketika rasanya ingin menyerah, coba menepik sejenak untuk rehat melepas lelah yang ada.

2. Terima Kekurangan dan Kelebihan Diri

Terima diri sendiri dengan utuh. Semua kekurangan dan kelebihan yang ada perlu diterima apa adanya. Pahami juga bahwa kita punya keterbatasan. Bukan berarti kita adalah sosok yang payah, hanya saja kita perlu memahami bahwa pada dasarnya hidup ini adalah perjuangan. Saat kita terjatuh, pahami bahwa kita pun akan diberi kekuatan untuk bangkit lagi.

 

3. Temukan Hal untuk Diperjuangkan

Salah satu cara untuk bisa tetap bersemangat jalani hidup adalah memperjuangkan sesuatu. Temukan atau tetapkan satu hal untuk diperjuangkan. Entah dari sisi pendidikan, pekerjaan, atau hubungan yang ingin dibangun. Ketika kita telah menemukan makna dari hal yang kita perjuangkan, kita pun tidak akan mudah menyerah atau putus asa jalani hidup.

 

 

4. Rawat Diri Sebaik Mungkin

Tetap rawat dan jaga diri sebaik mungkin. Apalagi ketika sedang tidak bersemangat, coba lakukan hal yang bisa membuat diri lebih baik. Saat diri sudah lebih nyaman dan merasa lebih baik, biasanya kita akan lebih termotivasi jalani hidup dengan lebih baik lagi.

5. Temukan Peranmu di Kehidupan Ini

Sekecil apa pun peran yang kamu punya, jalani dan lakoni dengan sebaik mungkin. Menyadari bahwa diri kita berharga membuat kita akan terus terpacu jalani hidup dengan lebih baik dari waktu ke waktu. Peran ini bisa ditemukan di berbagai aspek, seperti dari pekerjaan, peran di keluarga, dan berbagai peran lain di masyarakat.

Semoga kita semua bisa menjalani hidup ini dengan baik, ya. Kalau memang lelah, boleh istirahat secukupnya. Baru setelah itu kita kembali melangkah.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading