5 Cara Kuatkan Diri Jalani Hidup yang Rasanya Makin Rumit

Endah Wijayanti09 Mei 2022, 10:15 WIB
Diperbarui 09 Mei 2022, 10:15 WIB
perempuan dan rasa nyaman

Fimela.com, Jakarta Pernahkah terbersit keinginan untuk kembali ke masa lalu seperti ke masa kanak-kanak dulu? Dulu rasanya hidup terasa begitu sederhana dan menyenangkan. Untuk bahagia pun tak perlu upaya-upaya rumit. Segalanya dulu hidup bebas tanpa beban.

Sampai ketika makin bertambah usia, makin bertambah pula masalah yang harus dihadapi. Hidup pun rasanya jadi makin rumit. Untuk bisa bahagia pun, rasanya ada begitu banyak tantangan yang harus ditaklukkan. Menjalani hidup yang rasanya makin rumit, bagaimana agar bisa tetap kuat?

 

1. Ikhlaskan Masa Lalu

perempuan dan yang menguatkan diri lagi
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Mengutip buku Menghilang, Menemukan Diri Sejati, "Hidup ini jangan sampai tercengkeram oleh masa lalu, tidak usah melamunkan terlalu jatuh tentang masa depan, jalanilah yang sekarang, di sini, dan saat ini." Masa lalu sudah berlalu, dan itu sudah jadi bagian yang bisa kita putar ulang atau jangkau kembali. Agar hidup pada saat ini tidak terlalu berat, maka ikhlaskan semua yang ada di masa lalu. Ambil hikmah dari yang sudah berlalu agar hati lebih tenang.

2. Kurangi Kekhawatiran soal Masa Depan

perempuan dan menyikapi perpisahan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Cemas atau khawatir soal masa depan merupakan hal yang wajar. Namun, jangan sampai berlebihan. Kalau kita terlalu mencemaskan masa depan, kita akan sulit menikmati dan mensyukuri semua yang ada saat ini. Terlalu mencemaskan hal yang belum kita ketahui dengan pasti hanya akan membuat masalah saat ini yang sebenarnya sederhana dan bisa diatasi jadi terasa makin berat dihadapi.

3. Jalani Saja

perempuan dan tetap kerja
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Ada istilah menarik, "mushotoku" yang berarti "berhenti mengejar". Apa maksudnya? Maksudnya adalah lakukan saja apa yang harus lakukan; jangan lakukan apa yang harusnya tidak dilakukan; dan tidak usah menghitung hasilnya. Intinya jalani saja segalanya apa adanya. Yang masih bisa diusahakan, tetap kita usahakan. Kalau ada masalah yang tak bisa dihindari, ya sudah terima saja. Ketika hidup memberi badai, bertahan saja sekuat tenaga semampu kita.

 

4. Sayangi Diri Seutuhnya

perempuan dan cintanya yang bertepuk sebelah tangan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Kita mungkin tak bisa menyelesaikan semua hal dengan sempurna. Rasanya akan selalu ada hal yang kurang atau belum cukup baik kita lakukan. Apa pun yang sudah kita lakukan dan usahakan, yakini semua ini adalah yang terbaik. Sayangi diri dan berterima kasih pada diri yang sudah berjuang serta bertahan hingga saat ini. Masih memilih untuk melangkah ke depan pun merupakan keberanian yang luar biasa.

5. Yakini Semua Ujian Kehidupan Sudah Sesuai Takaran

perempuan dan cinta pertama
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Bisa jadi makin bertambah usia makin bertambah pula masalah yang ada. Segalanya jadi terasa makin rumit sebab ada banyak hal yang dipikirkan dan dipertimbangkan. Apa pun itu, yakini bahwa tak ada ujian atau cobaan hidup yang melebihi kemampuan kita untuk mengatasi dan menghadapinya. Setelah kesulitan pasti ada kemudahan. Saat ada hal yang rumit untuk dihadapi, ambil jeda dan coba urai persoalan yang ada satu per satu dan atasi sesuai dengan kemampuan kita.

Terima kasih untuk dirimu yang sudah bertahan dan berjuang hingga sejauh ini. Hidup mungkin makin rumit, tapi yakin saja bahwa selalu ada kekuatan baru yang bisa didapat seiring bertambahnya waktu.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela