5 Cara Hidup Lebih Bahagia dengan Pekerjaan Pilihan Sendiri

Endah Wijayanti09 Mei 2022, 13:15 WIB
Diperbarui 09 Mei 2022, 13:15 WIB
childhood dan rumah pohon

Fimela.com, Jakarta Kita punya kebebasan memilih dan menekuni pekerjaan yang kita suka. Pastinya kita punya pertimbangan dan pemikiran sendiri ketika memilih sebuah bidang pekerjaan untuk ditekuni, dan semua itu biasanya akan disertai dengan tantangan dan lika-likunya masing-masing.

Dengan pekerjaan yang kita tekuni dan pilih sendiri, kita bisa menciptakan kebahagiaan kita sendiri. Yah, teorinya memang mudah tapi pada kenyataannya tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk bisa bahagia dengan pekerjaan pilihan sendiri, ada sejumlah hal dasar yang perlu diupayakan.

 

 

 

1. Antisipasi Rasa Bosan

aku uang dan mandiri finansial
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Mengutip buku Love for Imperfect Things, "Kita salah jika mengira pekerjaan impian kita akan selalu menyenangkan dan menarik. Setiap pekerjaan memiliki bagian yang membosankan. Ingatlah bahwa akan selalu ada ujian yang harus dilewati sebelum sesuatu membuahkan hasil." Terlepas dari semua idealisme kita soal pekerjaan yang kita tekuni, kita perlu mengantisipasi munculnya rasa bosan. Setidaknya kita sudah punya strategi atau sejumlah alternatif hal yang bisa dilakukan untuk meredakan rasa bosan bila sewaktu-waktu muncul.

2. Buat Target Sendiri

aku uang dan jatuh bangun bisnis
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Apa pun pekerjaan yang kita pilih, kita pasti akan dibanding-bandingkan dengan pekerjaan orang lain. Penghasilan, rutinitas, hingga soal status bisa diperkarakan ketika membahas soal pekerjaan. Ini bisa membuat kita stres sendiri, tetapi ketika kita sudah memiliki target atau tujuan untuk dicapai sendiri kita bisa lebih fokus melakukan hal-hal yang lebih produktif.

3. Hadapi Tantangan dengan Kepala Dingin

aku uang dan perempuan santai
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Dalam pekerjaan yang kita tekuni, akan ada tantangan berat yang harus dihadapi. Alih-alih menyesali atau mengutuk keadaan, coba jadikan semua itu sebagai batu loncatan. Sebab dari setiap tantangan yang berhasil ditaklukkan, hadir kepuasan batin yang meningkatkan kebahagiaan. Tiap pekerjaan punya tantangannya sendiri, dan ini perlu kita pahami sedari awal kita memilih pekerjaan ini.

 

4. Buat Rutinitas yang Seimbang

aku uang dan beasiswa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Maksudnya tetap ada waktu untuk beristirahat, menikmati liburan, dan melepas penat di tengah rutinitas atau kesibukan pekerjaan yang ada. Sesuka apa pun kita dengan sebuah pekerjaan, pasti ada titik jenuh yang akan dihadapi, dan ini perlu diantisipasi dengan membangun rutinitas yang seimbang dan baik untuk kesehatan tubuh sekaligus pikiran.

5. Coba Hal-Hal Baru untuk Mengasah Potensi Diri

aku uang dan sebagai freelancer
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Teruslah bertumbuh dan berproses di bidang apa pun yang kamu tekuni. Izinkan diri untuk mencoba hal-hal baru dan terus mengasah serta menggali potensi diri terbaik. Dengan begini, pekerjaan yang kita tekuni tak akan menjadi jebakan atau membuat kita merasa menemui jalan buntu. Melainkan menghadirkan jalan yang lebih luas dan lapang untuk mencoba berbagai hal baru.

Semoga dari pekerjaan apa pun yang kamu pilih dan tekuni saat ini, hidupmu bisa lebih bermakna dan bermanfaat, ya. Setiap kesulitan yang menghadang akan membuka jalan untuk kemudahan yang lebih baik lagi.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela