5 Kelebihan Perempuan yang Terbiasa Mandiri Punya Penghasilan Sendiri

Endah Wijayanti10 Mei 2022, 12:15 WIB
Diperbarui 10 Mei 2022, 12:15 WIB
menikmati sedikit kemewahan

Fimela.com, Jakarta Di antara kita ada yang terbiasa hidup mandiri dengan memiliki penghasilan sendiri. Alasannya bisa beragam, mulai dari karena memang terpaksa harus hidup mandiri sampai karena memang ingin mencoba hidup menjadi perempuan yang lebih berdaya. Bagi kamu yang terbiasa hidup mandiri dengan punya penghasilan sendiri, ada beberapa kelebihan yangs sebenarnya kamu punya.

Mungkin kamu tak terlalu menyadarinya. Namun, ketika kamu mencoba untuk mengenali diri lebih dalam lagi, maka kamu bisa menemukan sejumlah kualitas diri terbaik dari dalam dirimu. Secara umum, lima kelebihan ini dimiliki oleh perempuan yang terbiasa hidup mandiri mencukupi kebutuhan dengan penghasilan yang dimiliki.

 

1. Punya Rasa Percaya Diri Tinggi

kepribadian mandiri dewasa bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Melansir laman shethepeople.tv, mandiri secara finansial tak hanya memberi kita rasa kepuasan, melainkan juga membantu kita membangun moral yang sehat. Maksudnya kita bisa lebih mandiri dan lebih mudah dalam membuat keputusan dan pilihan hidup kita sendiri. Saat kita sudah lebih mudah membuat pilihan hidup sendiri, maka rasa percaya diri pun akan ikut meningkat.

2. Mudah Berdamai dengan Ketidakpastian Hidup

dewasa cerdas bekerja mandiri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Hidup ini penuh dengan ketidakpastian. Kadang ada hal yang sudah direncanakan dengan matang, tapi kenyataannya malah berantakan. Namun, dengan terbiasa memiliki penghasilan sendiri kita bisa lebih yakin dalam mengontrol sejumlah aspek kehidupan kita sendiri. Kita pun tidak gampang panik saat mengalami situasi darurat.

 

3. Memiliki Kebebasan Pribadi

perempuan tabah sabar mandiri dewasa santai
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Saat ingin membeli sesuatu, kita bisa langsung menggunakan uang kita sendiri tanpa harus membebani atau merepotkan orang lain. Saat butuh sesuatu, kita bisa menggunakan uang yang kita punya untuk memilikinya. Sebentuk kebebasan ini membuat hidup kita jadi terasa lebih nyaman. Terbiasa mengatur uang sendiri, kita pun memiliki kebebasan dalam mengatur anggaran dan membuat pilihan keuangan yang sesuai dengan kebutuhan.

4. Tidak Manja

dewasa mandiri kuat cantik cerdas
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Tidak ada kata manja di dalam kamus hidup kita. Menyadari bahwa untuk bisa memiliki penghasilan butuh kerja keras yang luar biasa, maka kita pun terbiasa untuk berjuang melakukan yang terbaik dalam hidup. Sebisa mungkin tidak membebani orang lain atau merepotkan orang lain. Ada mental yang lebih kuat di dalam diri kita dengan terbiasa berdiri di atas kaki sendiri.

 

 

5. Mampu Mengelola Stres dengan Baik

mandiri manis cantik konsisten bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Memang ada situasi dan kondisi tertentu yang membuat kita stres dan kita tak bisa menghindarinya. Namun, ketika kita sudah punya kebiasaan bekerja keras dan menghasilkan uang sendiri, mental kita setidaknya sudah cukup kuat. Menyadari bahwa hidup tak selalu mudah sehingga membuat kita senantiasa bekerja keras semampu kita, kita pun bisa lebih mudah mengelola stres dengan lebih baik.

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, apa kelebihan atau keuntungan terbesar yang didapat dengan terbiasa punya penghasilan sendiri? Silakan berbagi cerita dan pendapat di sini, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela