Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Lampu Motor Redup yang Jarang Disadari

Fimela.com, Jakarta Salah satu komponen penting pada kendaraan bermotor ialah fungsi lampu motornya. Sebab, hal ini berkaitan dengan keselamatan kita saat berkendara. 

Lampu motor berfungsi untuk menjadi alat komunikasi saat berkendara. Dengan lampu motor, kita secara tidak langsung memberi tahu posisi kendaraan kita kepada pengendara lainnya. 

Jika lampu motor redup, maka hal ini akan sangat berbahaya. Apalagi jika kamu berkendara di saat malam hari, maka kecelakaan bisa saja terjadi karena kendaraan lain tidak melihat posisi kendaraanmu. 

Lalu, apa saja yang menyebabkan lampu motor redup? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini. 

Penyebab Lampu Motor Redup

1. Kualitas Bohlam Lampu Motor yang Buruk

Kualitas bohlam pada lampu motor menjadi penyebab paling umum mengapa lampu motormu redup. Sebab, kualitas dari bohlam akan berpengaruh terhadap tingkat keterangan sinar lampu pada motor. 

Maka dari itu, kamu perlu memastikan sudah menggunakan bohlam sesuai dengan standar. Sebaiknya kamu memilih produk yang asli atau original agar kualitas bohlam pada lampu motor juga terjamin. Standar pabrikan lampu pada motor biasanya mulai dari 24 watt 12 volt, 35 watt 12 volt, maupun 55 watt 12 volt.

2. Mika Lampu atau Reflektor Buram

Mika lampu atau reflektor juga memiliki masa pakai dan hal ini dapat menyebabkan lampu motor menjadi redup. Jika masa pakai reflektor motor dirasa sudah habis atau sudah lama dipakai, maka sinar yang keluar dari lampu motor akan terlihat redup.

Bagaimana cara memastikannya? Mudah saja, masa pakai reflektor motor mengikuti umur motor. Semakin tua, mika lampu motor akan berubah menjadi semakin buram. Solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengganti reflektor tersebut. 

Penyebab Lampu Motor Redup

3. Saklar Lampu Kotor

Adanya masalah pada saklar lampu motor dapat menyebabkan lampu motor redup. Hal ini bisa terjadi jika kamu sudah terlalu lama menggunakan motor dan jarang merawatnya. Lamanya masa pemakaian dapat menyebabkan saklar kendor, sehingga sinar yang dihasilkan lampu tidak stabil dan menjadi terang-redup bergantian.

 

4. Socket Lampu Motor Longgar

Selanjutnya, penyebab kedua lampu motor redup adalah karena socket lampu pada motor longgar dan nyaris copot. Ini merupakan masalah ringan yang bisa kamu perbaiki sendiri. Kamu hanya perlu menyambungkannya kembali ke tempat semula.

Pastikan kamu sudah memasangnya dengan tepat dan kuat. Hal ini karena socket yang terbuat dari bahan plastik memang cenderung longgar sehingga dapat lepas sewaktu-waktu.

5. Fitting Lampu Rusak

Komponen lain yang juga perlu kamu perhatikan karena dapat memicu lampu motor redup ialah fitting lampu. Pasalnya, fitting lampu penting untuk menghantarkan daya listrik, jika komponen ini rusak, maka jelas akan mengganggu arus listrik pada lampu sehingga sinar lampu yang dihasilkan menjadi redup.

Fitting lampu yang sudah rusak tidak dapat diperbaiki untuk dipasang lagi. Lalu bagaimana solusinya? kamu perlu mengganti fitting lampu motor agar lampu dapat menyala secara lebih maksimal.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading