5 Cara Hidup Lebih Bahagia dengan Menemukan Kenyamanan dalam Kesendirian

Endah Wijayanti11 Mei 2022, 10:15 WIB
Diperbarui 11 Mei 2022, 10:15 WIB
cinta bertepuk sebelah tangan

Fimela.com, Jakarta Dalam fase tertentu dalam hidup, kita pasti pernah memilih untuk menyendiri. Entah memilih untuk melajang selama beberapa waktu atau rehat melepas penat dengan melakukan sejumlah hal sendirian. Kesendirian bukan sesuatu yang menakutkan, bahkan kita bisa menemukan kebahagiaan baru saat kita bisa mendapatkan kenyamanan dalam kesendirian.

Ada sejumlah cara yang bisa dicoba dan dioptimalkan agar kesendirian bisa mendatangkan lebih banyak hal baik. Seperti cara-cara berikut ini. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Berhenti Membandingkan Diri dengan Orang Lain

beda pendapat medsos
Ilustrasi./Copyright Shutterstock.com

Ini mungkin lebih mudah teorinya daripada praktiknya. Berhenti membandingkan diri sendiri dengan orang lain di era media sosial yang sangat dinamis ini bukan hal mudah. Akan tetapi, bila kita ingin lebih bahagia dalam hidup, kita perlu berhenti membandingkan diri dengan orang lain. Menikmati waktu sendiri bisa memberi kita lebih banyak energi daripada terus menerus membandingkan kehidupan sendiri dengan orang lain.

2. Lakukan Detoks Medsos

sosial media
Ilustrasi./Copyright Shutterstock.com

Melansir laman Healthline, media sosial tidak selalu buruk atau problematis. Hanya saja menggulir lini masa terus menerus bisa membuat kita makin stres dan terkucilkan. Padahal kita tak pernah tahu mana orang yang benar-benar bahagia dan mana yang hanya memberi kesan bahagia di media sosial. Kalau kita ingin bisa mendapatkan ketenangan batin saat meluangkan waktu sendiri, ada baiknya untuk mengambil jeda sejenak dari media sosial. Agar punya lebih banyak waktu untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat untuk diri sendiri.

 

 

3. Gerakkan Tubuh

perempuan bersepeda
Ilustrasi./Copyright Shutterstock.com

Menggerakkan tubuh seperti berolahraga bisa membuat tubuh melepaskan endorfin, senyawa kimia dalam otak yang dapat membuat kita merasa lebih bahagia. Kalau belum terbiasa berolahraga intens, bisa coba sekadar melakukan peregangan atau jalan-jalan santai.

 

 

4. Habiskan Waktu di Alam Terbuka

Lelah dengan Rutinitas Sehari-hari? Inilah 5 Tips Bangun Energi Baru di Hari Baru
Ilustrasi./Copyright Shutterstock.com

Menghabiskan waktu di alam terbuka bisa menghadirkan kenyamanan tersendiri. Mslansir laman Nature, ada penelitian yang membuktikan bahwa menghabiskan waktu minimal 30 menit per minggu di alam terbuka bisa bantu menurunkan tekanan darah. Gejala stres pun bisa berkurang. Nikmati pemandangan dan cium aroma udara terbuka, maka suasana hati akan ikut membaik.

 

 

5. Sadari Hal-Hal yang Sepatutnya Disyukuri

Lelah dengan Rutinitas Sehari-hari? Inilah 5 Tips Bangun Energi Baru di Hari Baru
Ilustrasi./Copyright Shutterstock.com

Dalam kesendirian, tak perlu meratapi kesedihan. Justru perbanyak rasa syukur. Sadari dan syukuri semua hal yang ada di sekitar kita. Bahkan hal-hal sederhana yang sehari-hari sudah biasa kita dapatkan dan rasakan pun perlu disyukuri sepenuh jiwa. Makin banyak bersyukur, makin banyak kebahagiaan yang bisa didapatkan.

Semoga tips dan cara di atas bermanfaat untukmu, ya Sahabat Fimela. Semoga kamu bisa menemukan kebahagiaan dan kenyamananmu sendiri dalam hidup.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela