5 Cara Tegarkan Diri saat Dijauhi Orang Terdekat

Endah Wijayanti11 Mei 2022, 11:15 WIB
Diperbarui 11 Mei 2022, 11:15 WIB
perempuan dan pribadi mandiri

Fimela.com, Jakarta Setiap orang bisa berubah. Orang yang dulunya begitu dekat dengan kita bisa tiba-tiba menjauh. Seseorang yang dulunya bersikap sangat baik pada kita bisa berubah jadi seperti orang asing.

Dijauhi seseorang, apalagi kalau itu adalah orang terdekat jelas membuat kita sedih. Kita merasa tidak dihargai dan dikecewakan. Namun, ketika kita tak bisa mengubah sikap seseorang, kita perlu berupaya membuat hati kita lebih tegar dan kuat lagi.

 

1. Sadari bahwa Manusia Memang Tidak Sempurna

surat ayah dan rindu bapak dulu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Tidak ada manusia yang benar-benar sempurna. Masing-masing dari kita pasti punya kekurangan atau kelemahan. Jadi, kita tak perlu menyimpan dendam atau berniat untuk melakukan hal buruk pada orang yang menjauhimu. Tetaplah jadi orang baik, toh diri kita juga masih terus belajar dan beproses jadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu.

2. Cari Tahu Penyebabnya bila Memungkinkan

surat ayah dan berjauhan
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Mengenali penyebab kenapa seseorang menjauhimu bisa bantu membuat hati lebih tenang. Setidaknya kita tahu akar masalahnya dan membantu kita membuat perbaikan diri. Namun, tidak perlu memaksakan diri untuk mencari tahu penyebabnya. Apalagi jika orang yang kini menjauhimu punya persoalan pribadi yang tak ada kaitannya dengan kita, maka yang bisa kita lakukan adalah bersikap seperti biasa.

 

3. Maafkan Segalanya

surat ayah dan cinta pertamanya
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Bersedih, marah, dan kesal merupakan perasaan yang valid dan wajar dirasakan. Hanya saja tak perlu berlarut-larut dalam perasaan tidak nyaman tersebut. Tetap berusahalah untuk memaafkan segalanya dan semuanya. Termasuk memaafkan diri sendiri yang masih sulit menerima realitas perubahan yang ada.

 

4. Pulihkan Harga Diri

surat ayah dan titip rindu
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Saat dijauhi orang terdekat, kadang kita merasa payah. Seakan keberadaan kita sudah tak ada artinya lagi bagi orang tersebut. Di sini, kita perlu mengambil jeda untuk menenangkan diri dan perlahan meyakinkan diri bahwa diri kita tetap berharga. Sebab orang yang paling butuh perhatian saat ini adalah diri kita sendiri.

5. Lakukan Hal yang Membuat Diri Sendiri Nyaman

surat ayah dan belajar memaafkan 2
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Daripada terus menerus merasa marah dan kesal, mending fokus dulu untuk membuat diri sendiri nyaman. Buat diri senyaman mungkin dengan melakukan hal-hal yang bisa membuatmu senang atau bahagia. Kita tak bisa selalu memaksa seseorang untuk tetap sama seperti sebelumnya. Kalau seseorang yang dulu begitu dekat tiba-tiba menjauhi kita, kita tetap perlu berbaik hati pada diri sendiri.

Semoga hubunganmu dengan orang-orang terdekat lainnya bisa tetap baik, ya. Serta, tetaplah jadi orang baik di mana pun dan kapan pun kita berada.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela