5 Cara Mengatasi Rasa Malas tanpa Merasa Tertekan

Endah Wijayanti17 Mei 2022, 13:45 WIB
Diperbarui 17 Mei 2022, 13:45 WIB
aku uang dan jatuh bangun bisnis

Fimela.com, Jakarta Saat rasa malas menghampiri, rasanya sungguh tidak nyaman. Tidak ingin melakukan apa pun tapi ingin segalanya sudah beres dan selesai dengan baik. Tidak ingin bergerak tapi ingin semuanya sudah tertata rapi secara otomatis.

Bagaimanapun, rasa malas jangan dibiarkan terlalu lama. Kita perlu bisa mengatasinya agar bisa menjalani hari dengan lebih baik dan produktif lagi. Bahkan ada sejumlah cara sederhana yang bisa dicoba untuk atasi rasa malas.

 

1. Buat Target yang Lebih Realistis

aku uang dan mandiri finansial
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/weedezign

Yang membuat kita malas melakukan sesuatu biasanya karena kita sudah stres duluan dengan besarnya atau sulitnya hal yang harus kita lakukan. Padahal hal tersebut tetap perlu diselesaikan. Agar tidak terus menerus merasa malas, kita bisa membuat target tersebut jadi lebih realistis dengan membaginya dalam target-target kecil untuk dicapai dalam interval waktu yang lebih singkat.

2. Berani Melakukan Kesalahan

aku uang dan sebagai freelancer
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/wichayada+suwanachun

Maksudnya adalah tak harus menuntut segalanya langsung sempurna dan beres dalam sekali coba. Tak harus menjadi perfeksionisme dalam segala hal. Kadang kita makin malas melakukan sesuatu karena kita ingin situasi atau kondisinya sempurna lebih dulu. Padahal yang perlu kita lakukan adalah mengambil langkah pertama atau bergerak lebih dulu.

 

3. Jauhkan Diri dari Gangguan

aku uang dan ibu rumah tangga
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/tuaphoto

Mau mengerjakan sebuah tugas sampai selesai, jauhkan diri dari media sosial lebih dulu. Ingin segera merapikan kamar, jauhkan ponsel untuk sementara waktu. Jauhkan diri dari berbagai macam gangguan agar bisa fokus melakukan hal yang semestinya segera dikerjakan dan dibereskan.

4. Ucapkan Hal Positif pada Diri Sendiri

aku uang dan beasiswa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/xmee

Daripada mengatakan, "Aku tak mungkin menyelesaikan ini," mending ucapkan, "Aku akan berusaha semampuaku untuk mengerjakan ini." Intinya, jangan makin menenggelamkan diri dalam kata-kata negatif. Ucapkan hal positif pada diri sendiri agar bisa segera tergerak dan bergerak untuk menyelesaikan sesuatu.

 

 

5. Beri Hadiah pada Diri Sendiri

aku uang dan perempuan santai
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Tong_stocke

Buat rencana soal "hadiah" atau imbalan apa yang akan kita dapatkan setelah menyelesaikan sesuatu. Sehingga ada semangat atau motivasi yang menggerakkan kita untuk segera bergerak. Rasa malas pun akan tergantikan dengan semangat baru dan suasana hati yang lebih baik.

Jadi, apa masih mau bermalas-malasan saja? Semoga rasa malas bisa segera tergantikan dengan semangat dan motivasi untuk berbuat lebih baik lagi, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela