Sukses

Lifestyle

5 Cara Mengurai Benang Kusut di Kepala agar Stres Mereda

Fimela.com, Jakarta Ketika menghadapi banyak masalah sekaligus, isi kepala rasanya bisa sangat penuh. Atau saat menghadapi sebuah masalah yang berkepanjangan tanpa menemukan jalan keluar terbaik, kita bisa frustrasi dibuatnya. Benang kusut di kepala membuat kita sulit berpikir jernih.

Untuk meredakan stres, kita perlu mengurai benang kusut di kepala. Setidaknya dengan stres yang mereda, pikiran lebih jernih dan kita bisa lebih mudah menemukan jalan keluar. Setidaknya kita bisa punya kekuatan baru untuk bertahan di masa sulit. Berikut ini lima cara sederhana yang bisa dicoba untuk mengurai isi kepala yang terasa menyesakkan.

 

1. Sebutkan Persoalan yang Sedang Dihadapi

Yang membuat isi kepala terasa kusut biasanya karena kita kesulitan mendefinisikan masalah yang sedang kita hadapi. Maka, kita perlu memperjelas masalah yang sedang kita hadapi. Sebutkan persoalan yang sedang dihadapi, bisa dengan diucapkan, direkam sendiri, atau dituliskan. Dengan begini, kita bisa tahu "musuh" yang sedang dihadapi dan bisa memilih arah yang lebih tepat untuk mencari jalan keluarnya.

2. Utarakan Perasaan yang Hadir

Sedih? Kesal? Marah? Sesak? Frustrasi? Utarakan semua perasaan yang hadir. Jujur saja dengan semua perasaan yang hadir. Rasakan dan biarkan semua perasaan itu mengalir di dalam diri. Semua rasa tak nyaman yang sedang dirasakan saat ini adalah valid dan wajar, jadi bebaskan diri dengan lebih jujur kepada diri sendiri.

3. Tulis Jurnal

Ambil selembar kertas dan pena. Lalu ungkapkan semua rasa tak nyaman di dalam tulisan. Bebaskan diri menuangkan semua perasaan dan emosi yang sedang dirasakan. Luapkan amarah melalui tulisan-tulisan jujur yang dibuat di selembar kertas. Pindahkan semua isi kepala dalam tulisan-tulisan yang membebaskan dirimu.

 

4. Mengatur Napas

Mengutip buku The Comfort Book, bernapas dengan sadar seakan merupakan suatu cara untuk kembali ke rasa percaya diri. Suatu cara untuk memberi jeda bagi diri sendiri. Kita bisa kembali mengatur napas dan bernapas dengan lebih sadar. Bisa dibarengi dengan kegiatan meditasi atau yoga sederhana. Saat detak jantung sudah lebih teratur dan napas lebih tenang, maka stres bisa ikut mereda.

5. Menggerakkan Tubuh

Berjalan kaki, melakukan olahraga ringan, atau sekadar menggerakkan tubuh untuk membersihkan ruangan dan menata sesuatu bisa bantu menguraikan benang kusut di kepala. Saat tubuh bergerak, kita seakan ikut menggerakkan isi kepala agar terurai dengan lebih mudah.

Itu tadi lima cara yang bisa dicoba untuk bantu mengatasi benang kusut di kepala. Semoga dengan stres yang mereda dan hati yang lebih tenang, kita bisa memecahkan masalah dan menemukan jalan keluar terbaik dalam hidup kita.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading