Bumi Bulk Store & Refillery Ajak Belajar Bisnis Ramah Lingkungan dari Aksi Kecil dan Kolaborasi Lintas Sektor

Fimela Reporter20 Mei 2022, 12:00 WIB
Diperbarui 20 Mei 2022, 12:00 WIB
[Fimela] ilustrasi bisnis ramah lingkungan

Fimela.com, Jakarta Peringatan Hari Bumi yang jatuh pada 22 April 2022 membuat minat masyarakat kian besar terhadap produk ramah lingkungan dapat menjadi momentum pelaku usaha mengadopsi bisnis ramah lingkungan. Survei Katadata pada tahun 2011 menyebutkan bahwa 60,5% masyarakat kini tertarik membeli produk berkelanjutan atau ramah lingkungan karena ingin melestarikan bumi. Mulai dari aksi kecil dan juga kolaborasi, semua pihak dapat memiliki peran penting untuk dapat berkontribusi melestarikan lingkungan, termasuk pengusaha skala UMKM.

Semangat ini yang mendorong Bumi Bulk Store & Refillery, usaha asal Kerobokan, Bali, untuk menjual berbagai macam produk rumah tangga ramah lingkungan, sejak tahun 2021. Mulai dari bahan makanan, rempah-rempah, teh, hingga sabun, sampo, deodoran, dan produk perawatan kulit lainnya. Gojek dan GoTo Financial sebagai partner pertumbuhan pelaku usaha juga telah memfasilitasi ribuan mitra usaha melakukan transisi ke bisnis ramah lingkungan lewat pelatihan dan edukasi bisnis berkelanjutan GoGreener #DariAksiKecil.

Hasilkan lebih dari 200 produk ramah lingkungan

Bumii Bulkstore Refillery
Bumii Bulkstore Refillery. Credit : Dok. Bumi Bulk Store

Bumi Bulk Store memiliki lebih dari 200 produk ramah lingkungan dengan bekerja sama dengan petani dan pengrajin lokal yang bekerja dengan petani dan pengrajin di seluruh Indonesia dan semua produk kami alami, bebas plastik dan tidak menyakiti bumi. Bumi Bulk Store & Refillery juga melakukan berbagai inisiatif untuk lingkungan, seperti mengajak pelanggan untuk membawa wadah atau kontainer sendiri untuk melakukan isi ulang (refill) dengan mendukung gerakan 4R (reduce, reuse, recycle, repair) dengan menerapkan sistem isi ulang yang jauh lebih murah dari supermarket, serta mengedukasi konsumen untuk membawa packaging mereka sendiri.

Manfaat bisnis yang ramah lingkungan

Bumii Bulkstore Refillery
Bumii Bulkstore Refillery. Credit: Bumi Bulk Store

Tidak hanya menjaga bumi, praktik bisnis ramah lingkungan juga dapat mengurangi beban biaya operasional. Banyak pelanggan Bumi Bulk Store yang awalnya hanya penasaran mampir ke toko, kini sekarang jadi pelanggan setia dan bahkan bawa wadah sendiri. Menurutnya, kata ‘zero waste’ atau nil sampah terkesan sangat berat, namun aksi- aksi kecil seperti membawa wadah sendiri ia yakini dampaknya akan lebih positif untuk masa depan. 

Bumi Bulk Store menggunakan solusi bisnis dari GoTo Financial

Bumii Bulkstore Refillery
Bumii Bulkstore Refillery. Credit: Bumi Bulk Store

Untuk memastikan operasional usaha senantiasa efisien, Bumi Bulk Store menggunakan solusi bisnis dari GoTo Financial, yaitu kasir digital Moka dan website toko online GoStore. Hal ini dikarenakan dampak dari pandemi yang membuat Bumi Bulk Store harus menjadi bisnis yang kreatif dan fokus kepada online dan e-commerce. Tak hanya itu, semenjak terintegrasi dengan GoStore, Bumi Bulk Store juga mengalami peningkatan (dari sisi pendapatan).  

Dengan GoStore, Bumi Bulk Store dapat membuat website toko online yang terhubung dengan Instagram Shopping, Facebook Shop, dan Google Shopping dan memudahkan pelanggan untuk langsung berbelanja di media sosial.

 

*Penulis: Saffa Sabila.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela