Sukses

Lifestyle

5 Cara Kuatkan Diri saat Menerima Komentar Jahat

Fimela.com, Jakarta Media sosial memberi kita ruang yang sangat tak terbatas dalam mengekspresikan diri. Kita bisa bebas mengunggah apa pun di akun media sosial kita. Bahkan kita sering menggunakan media sosial kita untuk mengabadikan kenangan atau pengalaman berkesan.

Hanya saja yang menjengkelkan adalah ketika kita mendapat komentar jahat atau komentar yang tak menyenangkan di media sosial. Suasana hati yang tadinya baik bisa ikut memburuk. Menerima komentar yang tak mengenakkan bahkan bisa merusak hari kita. Namun, jangan sampai sebuah komentar membuat kita sedih berkepanjangan.

 

1. Cukup Baca Sekali

Ada komentar yang menyinggung perasaanmu? Sudah cukup baca sekali saja. Bila perlu, langsung hapus saja komentar itu. Bagaimanapun, suasana hati dan kedamaian jiwamu lebih penting daripada menghabiskan banyak waktu menanggapi komentar yang tak menyenangkan.

2. Simpan Energi untuk Hal Lain

Orang asing atau orang yang tak kamu kenal bisa meninggalkan komentar jahat di media sosial begitu saja. Menjengkelkan juga ketika ada orang yang tak mengenal kita dengan baik malah sok tahu atau sok menghakimi kita. Kalau punya cukup energi, mungkin kamu bisa coba untuk mengoreksi atau mengutarakan rasa kesalmu pada orang yang meninggalkan komentar jahat untukmu. Namun, kalau tak mau membuang-buang energimu yang berharga, mending alihkan perhatian melakukan hal lain yang lebih produktif.

 

3. Tetaplah Bahagia

Memang tidak mudah untuk mempertahankan suasana hati untuk tetap baik saat mendapat komentar jahat. Hanya saja kebahagiaan kita tak semestinya ditentukan oleh orang yang sebenarnya tak mengenal kita dengan baik. Jadi, tetaplah bahagia. Bahagia dengan cara kita sendiri, dengan melakukan hal yang kita suka dan paling membuat kita nyaman.

4. Pahami bahwa Kita Tak Bisa Mengatur Semua Orang

Tak semua orang bisa kita atur. Tak semua perilaku orang bisa kita koreksi. Sebab kita juga punya keterbatasan, dan itu adalah hal yang lumrah. Ada orang yang berkomentar jahat bahkan menyakiti dan menyinggung perasaan, ya mungkin dia memang sedang tidak ada kerjaan. Jadi, mending kita fokus menata diri kita sendiri. Fokus pada mengatakan hal-hal positif untuk diri kita sendiri.

 

5. Sibukkan Diri dengan Hal Menyenangkan

Tak akan ada habisnya jika kita terus menerus menanggapi komentar jahat. Mending kita menyibukkan diri dengan hal atau aktivitas lain yang lebih menyenangkan. Saat kita sudah bisa melakukan banyak hal yang lebih bermakna, maka kita tak akan merasa terlalu terganggu dengan komentar jahat yang memang sudah semestinya kita abaikan saja.

Semoga kita bisa tetap memiliki hati yang kuat dalam menghadapi komentar-komentar yang tidak mengenakkan hati, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading