5 Penyebab Kamera Ponsel Rusak dan Tidak Berfungsi

Imelda Rahma17 Mei 2022, 15:19 WIB
Diperbarui 17 Mei 2022, 16:00 WIB
Swafoto

Fimela.com, Jakarta Ponsel kini sudah menjadi kebutuhan penting bagi kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Ponsel juga menjadi barang yang selalu kita bawa kemana pun kita pergi.

Tidak hanya untuk berkomunikasi saja, fitur ponsel yang beragam juga menawarkan banyak fungsi dan kemudahan yang bisa kita gunakan. Seperti contohnya adalah fitur kamera untuk kita berfoto. 

Umumnya ponsel kini memiliki fitur kamera depan dan belakang. Pastinya dengan adanya dua kamera ini, momen swafoto kamu semakin seru, bukan? 

Namun, bagaimana jika kamera ponsel tiba-tiba tidak berfungsi? Yuk, cari tahu penyebabnya di bawah ini. 

1. Adanya Masalah pada Aplikasi

Adanya Masalah pada Aplikasi
Ilustrasi swafoto/credit: pexels.com/tommy

Penyebab kamera ponsel tidak dapat berfungsi dengan baik biasanya karena adanya masalah pada aplikasi. Untuk mengetahuinya, kamu bisa membuka aplikasi yang memiliki fitur untuk selfi, seperti Instagram atau Snapchat. Jika kamera ponsel tidak bisa berfungsi saat kamu membuka aplikasi, maka aplikasi yang kamu gunakan bisa jadi sedang bermasalah

Lalu bagaimana cara mengatasinya? Kamu dapat memperbaikinya dengan menutup aplikasi atau me-restart ponsel dengan mematikannya terlebih dahulu lalu dinyalakan kembali. 

 

2. Penyimpanan Memori Ponsel Penuh

Penyimpanan Memori Ponsel Penuh
Ilustrasi penggunaan ponsel/credit: pexels.com/Dolgikh

Kamera yang tidak dapat berfungsi juga bisa disebabkan karena penyimpanan memori pada ponsel penuh. Jika ini memang pemicunya, maka biasanya kamu akan mendapatkan pesan pemberitahuan yang muncul pada pop-up atau jendela layar ponsel. 

Jika masalahnya ada pada memori penyimpanan yang penuh, maka yang harus kamu lakukan ialah mengosongkan penyimpanan dengan menghapus beberapa file foto. Dengan cara ini, memori ponsel akan lebih longgar dan kamera ponsel dapat berfungsi kembali. 

 

3. Layar Ponsel Retak

Layar Ponsel Retak
Ilustrasi penggunaan ponsel/credit: pexels.com/Porapakh

Tanpa disengaja, kadang ponsel terlepas dari genggaman dan jatuh ke lantai hingga layarnya retak. Sayangnya, jika retakan terjadi di bagian atas ponsel, maka hal ini bisa membuat kamera menjadi tidak berfungsi. 

Hal ini bisa terjadi karena lensanya retak, sehingga kamu tidak bisa mengambil foto dengan jelas. Lebih buruk lagi, kamera itu sendiri mungkin rusak secara internal. Satu-satunya cara untuk memperbaikinya adalah dengan mengganti lensa, kamera, atau seluruh ponsel.

4. Efek Bahan Pelindung Ponsel

Efek Bahan Pelindung Ponsel
Ilustrasi softcase ponsel/credit: pexels.com/Fernando

Kita sering menggunakan pelindung ponsel dengan motif dan bentuk yang menarik. Namun, siapa sangka, bahan pelindung ponsel ternyata dapat memicu kamera ponsel tidak berfungsi dengan baik.

Biasanya pelindung ponsel yang terbuat dari logam dapat menyebabkan kamera ponsel tidak berfungsi. Selain itu, ukuran pelindung ponsel yang tidak fit atau tidak sesuai juga dapat membuat kamera ponsel tidak berfungsi. 

 

5. Adanya Masalah Internal pada Ponsel

Adanya Masalah Internal pada Ponsel
Ilustrasi ponsel/credit: pexels.com/Terje

Terakhir, kamera ponsel juga bisa jadi tidak berfungsi karena adanya masalah internal. Kerusakan internal pada ponsel dapat terjadi ketika ponsel jatuh ke air atau bahkan ditinggalkan di tempat yang sangat lembab, sehingga air bisa saja masuk ke dalam ponsel dan membuat kamera ponsel tidak bisa berfungsi. 

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela