5 Bukti Sebenarnya Kebahagiaanmu Sudah Ada di Dekatmu

Endah Wijayanti19 Mei 2022, 10:45 WIB
Diperbarui 19 Mei 2022, 10:45 WIB
perempuan dan rendah hati

Fimela.com, Jakarta Pernah menyadari nggak kalau sebenarnya kebahagiaanmu itu dekat denganmu? Bahkan tak perlu mencari atau pergi jauh-jauh untuk bisa bahagia. Yang selama ini dicari bisa jadi sudah ada di dekatmu, tinggal bagaimana kamu meningkatkan kepekaaan dan kesadaran dirimu lagi.

Ada istilah menarik yang menggambarkan rahasia hidup bahagia orang Amerika. Mengutip buku The Atlas of Happiness, homeyness yang didefinisikan sebagai perasaan seperti di rumah digunakan untuk menggambarkan sifat yang nyaman dan hangat. Istilah ini mengacu pada bagaimana sebuah kebahagiaan bisa didapatkan dan ditemukan pada hal-hal yang lebih sederhana. Saat ini pun bisa jadi kebahagiaanmu sudah ada di dekatmu dan termanifestasi dalam hal-hal sederhana, cek beberapa tanda dan buktinya berikut ini.

 

1. Kamu Masih Bisa Melakukan Sesuatu

perempuan dan bekerja laptop
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/nampix

Masih bisa membuat sesuatu dengan kedua tangan. Masih bisa beraktivitas dan melakukan sejumlah kegiatan sampai tuntas. Masih bisa bergerak dan memiliki rutinitas. Semua itu sebenarnya sumber kebahagiaan. Saat kita masih bisa melakukan sesuatu dan menjalani hidup ini dengan menjadi pribadi yang bermanfaat, di situlah kebahagiaan terletak.

2. Memiliki Orang-Orang yang Masih Setipe

perempuan dan kehidupan mandiri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Makistock

Maksudnya adlalah kamu masih memiliki orang-orang yang senantiasa ada untukmu. Orang-orang tersebut selalu menerimamu apa adanya. Walau mereka tidak sempurna, tapi berkat keberadaan dan kehadiran mereka kamu bisa selalu tersenyum ketika berjumpa dengan mereka.

 

3. Bisa Mempelajari Keterampilan Baru

perempuan dan menyambut usia 30an
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/nut_foto

Masih mengutip dari buku The Atlas of Happiness, sains menunjukkan bahwa menantang diri sendiri untuk melakukan sesuatu yang berbeda akan menciptakan jalur saraf baru di otak, dan menurut peneliti dari San Fransisco State University, mempelajari keterampilan baru bahkan dapat membuat kita lebih bahagia. Saat kamu masih mau dan tergerak untuk belajar hal baru, maka sebenarnya ada kebahagiaan yang bisa kamu dapatkan dengan mudah di situ.

4. Bisa Tersenyum saat Bercermin

perempuan dan bunga bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Pixel-Shot

Saat di depan orang lain kita bisa memalsukan senyuman kita. Namun, di depan bayangan sendiri kita tak bisa membohongi diri sendiri. Saat kamu masih bisa tersenyum ketika menatap pantulan diri di cermin, ada kebahagiaan yang bisa kamu peroleh.

 

 

5. Dapat Melatih Pernapasan untuk Tenangkan Diri

perempuan dan bahagia bersyukur
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/hajijajah

Masih bisa melatih pernapasan untuk tenangkan diri, kebahagiaan bisa kita alirkan dengan lebih mudah. Ketika pikiran kita disesakkan dengan hal-hal yang tak menyenangkan, masih bisa meluangkan waktu untuk tenangkan diri dan menyadari setiap napas, maka sebenarnya kebahagiaan bisa kita dapatkan dari dalam diri.

Semoga kita semua bisa mendapatkan kebahagiaan yang kita inginkan. Bisa jadi kebahagiaan kita selama ini sangat dekat, tinggal bagaimana cara kita meningkatkan kepekaan dan kesadaran kita lebih baik lagi.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela