Bumi Semakin Panas, Lakukan 4 Kebiasaan Sederhana Untuk Membantu Merawat Bumi

Fimela Reporter22 Mei 2022, 12:45 WIB
Diperbarui 22 Mei 2022, 12:45 WIB
perempuan dan tanaman

Fimela.com, Jakarta Badan Meteorologi Inggris menyatakan hasil penelitian terhadap suhu tahunan bumi yang diperkirakan akan meningkat hingga 1,5 derajat celcius selama lima tahun kedepan. Hal ini sudah mulai kita rasakan akhir akhir ini di berbagai kota di Indonesia yang mengalami kenaikan suhu dan terasa lebih panas dari biasanya.

Perubahan iklim dan global warming yang membuat suhu semakin panas tidak lain dan tidak bukan adalah pencemaran lingkungan baik tanah, udara, dan laut yang semakin menjadi jadi, serta berkurangnya hutan sebagai salah satu sumber oksigen.

Jika hal ini terjadi secara terus menerus, maka dampak yang akan sangat terasa adalah kualitas oksigen yang memburuk, air yang tercemar, dan es di kedua kutub yang mencair sehingga suhu bumi akan menjadi semakin panas.

Sebagai masyarakat sipil, kita dapat mengubah berbagai kebiasaan buruk menjadi kebiasaan baik untuk membantu mengurangi pencemaran lingkungan seperti berikut.

Melakukan 3R (Reduce, Reuse, Recycle)

Penyebab utama pencemaran lingkungan adalah karena sampah khususnya sampah kimia dan sampah yang tidak dapat atau sulit terurai seperti kaca, plastik, kaleng dan lain sebagainya. Untuk itu, kamu dapat memulai dengan mengurangi penggunaan plastik dan barang-barang sekali pakai yang sulit terurai lainnya dengan membawa tas belanja berbahan kain yang dapat dipakai kembali.

Kamu juga dapat memilah sampah dan membagi-bagi sampah rumah tanggamu sebelum dibuang. Seperti menjadikan sampah basah dan sampah makanan menjadi pupuk tanaman, dan menjadikan sampah sampah kaca, kaleng, dan plastik menjadi hiasan ataupun kerajinan lainnya.

 

 

Menanam pohon

Menanam Pohon
Ilustrasi menanam pohon/copyright shutterstock

Kebiasaan menanam pohon dapat membantu produksi oksigen, air bersih, dan membantu mengurangi karbon dioksida. Pohon menjadi salah satu penghasil oksigen dan air bersih terbesar di bumi dan juga dapat dimanfaatkan dengan sedemikian rupa. Contohnya adalah dengan menanam pohon kelengkeng, rambutan, dan mangga yang selain menghasilkan oksigen dan membuat lingkungan rumah menjadi rindang serta dapat menyerap air hujan, buah dari pohon tersebut dapat dikonsumsi sendiri.

Jika kamu memiliki lahan ekstra atau kebun yang besar, kamu dapat menanam pohon yang kayunya dapat dimanfaatkan ketika sudah tua, namun tetap menanam ulang kebun tersebut seperti kayu jati dan akasia.

Bijak dalam menggunakan listrik

Listrik menjadi sumber daya yang sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari hari untuk menjadi sumber daya dari barang-barang elektronik rumah tangga maupun kantor. Dalam hal ini kamu juga harus bijak dalam menggunakan listrik seperti untuk menyalakan lampu dan ac. Selain membuat kamu menjadi lebih hemat, menggunakan listrik secukupnya juga mampu menghemat sumber daya yang dipakai di Indonesia yang masih lebih dari 50 persen menggunakan tenaga batu bara. 

Bijak menggunakan air bersih

Air bersih merupakan sumber daya yang paling penting bagi manusia untuk dapat bertahan hidup. Air bersih berfungsi untuk dapat dikonsumsi dan digunakan untuk membersihkan tubuh. Namun air bersih di dunia ini tentu ada batasnya, terlebih jika pepohonan di pegunungan atau hutan mulai gundul. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan air bersih secukupnya dan jangan lupa untuk memastikan keran air tertutup sehingga air tidak terbuang sia-sia.

Ditulis oleh: Cantika Indah Santosa

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela