5 Cara Meredakan Rasa Cemas agar Hati Kembali Tenang

Endah Wijayanti20 Mei 2022, 12:15 WIB
Diperbarui 20 Mei 2022, 12:15 WIB
bekerja usia 30 40

Fimela.com, Jakarta Saat merasa cemas, isi kepala seakan mau meledak. Badan rasanya tidak nyaman. Mau melakukan apa pun rasanya serba salah. Hati rasanya tak karuan. Sungguh menyiksa sekali.

Agar hati bisa kembali tenang, ada sejumlah upaya yang perlu kita lakukan. Ada beberapa cara sederhana yang bisa dicoba untuk redakan rasa cemas. Selengkapnya, langsung saja simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Pusatkan Perhatian pada Kenyataan

childhood dan masa panen
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/chanchai+duangdoosan

Rasa cemas seringkali muncul saat teringat hal di masa lalu atau takut soal bayangan masa depan. Pikiran kita mengembara ke tempat dan dimensi waktu yang di luar jangkauan kita. Ketika ini terjadi, coba ambil jeda untuk melatih pernapasan. Lalu, pusatkan perhatian pada kenyataan saat ini. Sadari bahwa masa kini jauh lebih penting daripada masa lalu atau masa depan yang masih tak terjangkau.

2. Lakukan Sesuatu yang Membutuhkan Konsentrasi

childhood dan majalah
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/KiattisakLamchan

Menggambar sesuatu, mewarnai buku berwarna, menyusun puzzle, merawat tanaman, memasak makanan kesukaan, atau membaca buku favorit. Melakukan sesuatu yang membutuhkan konsentrasi bisa bantu redakan rasa cemas. Saat cemas, kita merasa energi di dalam tubuh kita berlimpah. Maka, kita perlu menyalurkannya melalui hal yang lebih produktif agar tidak makin terpuruk dalam kecemasan.

 

3. Cobalah Memandangai Sesuatu

childhood dan jayapura
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/VitalyRomanovich

Mengutip buku How to Love, jika kita merasa gentar karena merasa tidak punya tempat untuk menghilangkan kecemasan, cobalah untuk memandangi sesuatu lamat-lamat. Misalnya, menatap awan di langit atau melamun di balik jendela saat naik kendaraan umum. Saat memandangi sesuatu lamat-lamat dan membiarkan pikiran rileks, hati dan perasaan bisa lebih tenang dengan sendirinya. Kita akan menemukan kedamaian dan menyadari bahwa dunia masih memiliki kedamaian.

4. Lepaskan Rasa Tidak Nyaman

childhood dan desa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Danai+J

Ingin menangis? Lepaskan air mata yang tertahan. Ingin berteriak? Luapkan di tempat yang aman. Ingin berbagi cerita? Sampaikan ke orang yang paling terpercaya. Lepaskan rasa tidak nyaman yang ada agar kekeruhan yang mengendap bisa luruh dengan sendirinya.

 

 

5. Berterima Kasih pada Diri Sendiri

childhood dan tanpa listrik
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/jaboo2foto

Sebelum makin keras menghukum diri sendiri atau menyalahkan banyak hal atas rasa cemas yang dirasakan, cobalah untuk berterima kasih pada diri sendiri. Berterima kasih pada diri yang memilih untuk bertahan dan berjuang. Walau keadaan saat ini masih terasa rumit dan sulit dipahami dengan baik, masih memilih untuk bertahan melakukan yang terbaik sudah menjadi sebentuk keberanian yang luar biasa dari dirimu.

Semoga apa pun kecemasan yang sedang kamu rasakan saat ini bisa segera luruh, ya. Apa pun masalah yang sedang dihadapi, yakin saja akan selalu ada kemudahan setelah kesulitan.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela