3 Cerita Atlet Indonesia Peraih Medali di Sea Games Vietnam, dari Berbagi Pengalaman Hingga Fasilitas yang Didapatkan

Anisha Saktian Putri20 Mei 2022, 20:00 WIB
Diperbarui 20 Mei 2022, 20:00 WIB
Cerita Atlet Indonesia Peraih Medali di Sea Games Vietnam

Fimela.com, Jakarta Sea Games ke-31 sedang dilangsungkan di Hanoi, Vietnam mulai dari 12-23 Mei 2022. Atlet-atlet Indonesia diberbagai cabang olahraga pun sudah berjuang meraih medali untuk mengharumkan nama Indonesia di pesta terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Platform media sosial, TikTok menjadi salah pendukung resmi Sea Games tahun ini dengan memberikan berbagai informasi terkini mengenai gelaran tersebut. Melalui tagar #SEAGames31, TikTok mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi dalam perayaan SEA Games ke-31, menumbuhkan kebanggaan nasional melalui perjuangan #TimMerahPutih, sekaligus merayakan persahabatan dan semangat sportivitas antar bangsa di Asia Tenggara.

"Kerjasama dengan SEA Games ke-31 semakin memperkaya konten olahraga di platform, mulai dari atlet, mantan atlet, kreator, hingga pengguna," ujar Mahwari Sadewa Jalutama, Head of Operations TikTok Indonesia, dalam konfersi pers secara virtual.

Untuk mendukung kemeriahan gelaran olahraga ini, kami pun menghadirkan beragam kegiatan, fitur, efek, filter, dan musik khusus.

Para atlet juga menyalurkan kreativitas mereka di TikTok untuk berbagi informasi tentang cabang olahraga yang mereka tekuni, berikut dengan gaya hidup disiplin dan sehat yang mereka jalani hingga bisa meraih medali di Sea Games Vietnam.

Puspa Arum, Atlet Pencak Silat

Puspa Arum, Atlet Pencak Silat
Puspa Arum, Atlet Pencak Silat

Mewakili cabang olahraga pencak silat yang merupakan olahraga seni bela diri asal Indonesia di ajang SEA Games, pastinya merupakan suatu kebanggaan bagi seorang Puspa Arum (@parms3901), di mana ia berkesempatan menjadi atlet pencak silat yang mewakili Indonesia di ajang SEA Games ke-31 di Vietnam, dan berhasil meraih medali perak pada nomor seni tunggal putri.

Atlet yang biasa disapa Dara ini membagikan potongan momen-momen pertandingan final pencak silat SEA Games ke-31 di TikTok, dimana potongan inimenampilkan momen saat ia berlaga di final, foto kemenangannya mendapatkan medali perak, hingga momen kehangatannya saat memberikan selamat kepada atlet asal Filipina yang memenangkan medali emas.

"Saya bangga bisa menjadi bagian dari tim nasional cabang olahraga asli asal Indonesia, pencak silat dan tentunya bersyukur karena dapat membawa pulang medali perak untuk Indonesia dalam SEA Games ke-31," ujarnya

Ia juga mengatakan jika Sea Games ini memberikan banyak pelajaran bagi dirinya dan pengalaman yang sangat berkesan. "Banyak pelajaran yang diambil di Sea Games ini, sebab Asian Games 2018 dan Sea Games 2019 saya bisa meraih medali emas, dan kini harus puas dengan perak. Dari kegagalan mendapatkan emas tersebut saya belajar lagi apa yang harus diperbaiki," tuturnya.

Saat Sea Games, ia mengatakan fokus untuk bertanding tidak membuat konten di TikTok. Konten biasanya dibuat pada saat latihan, bagaimana proses untuk menjadi juaran.

"Konten TikTok saya biasanya lebih ke proses latihan seperti apa, biar tahu bagaimana proses pencapainnya. Kadang banyak orang yang tidak melihat prosesnya," tuturnya.

Erick Fathoni, Atlet Renang

Erick Fathoni, Atlet Renang
Erick Fathoni, Atlet Renang

Salah satu atlet renang Indonesia, Erick Fathoni (@erickfathoni) berbagi informasi terkait fasilitas yang didapatkan oleh tim nasional Indonesia cabang olahraga renang di SEA Games ke-31.

Dalam salah satu kontennya di TikTok, atlet renang putra peraih medali peraknomor estafet 4x100 meter SEA Games ke-31 ini bercerita tim Indonesia mendapatkan fasilitas alat polar heart rate untuk mengukur denyut jantung saat berlatih berenang.

Meskipun berlatih sangat penting sebagai persiapan pertandingan, recovery setelah berlatih dan bertanding juga perlu loh ternyata untuk atlet renang, oleh karena itu para atlet juga disediakan fasilitas ice bath dan jacuzzi untuk proses recovery.

"Opening Sea Games dan berkesan sekali, apalagi atlet junior seperti saya diharuskan ikut pembukaan biar ada rasa semangat mau menangin medali untuk Indonesia," ujarnya.

enurutnya, platform digital seperti TikTok tak hanya menjadi tempat berbagi keseharian sebagai atlet, namun juga membuka kesempatan untuk berbagi informasi seputar dunia olahraga renang kepada masyarakat.

"Melalui ajang SEA Games ini juga, saya senang dapat berbagi berbagi informasi di balik layar persiapan SEA Games, dan tentunya berharap dapat menjalankan pertandingan dengan baik," paparnya.

Sapwaturrahman, Atlet Atletik

Sapwaturrahman, Atlet Atletik
Sapwaturrahman, Atlet Atletik

Sapwaturrahman merupakan salah satu atlet atletik pada nomer lompat jauh peraih medali perunggu di Sea Games 2022 ini. Pada video yang dibagikanSapwaturrahman (@sapwaturrahmans) di TikTok, ia terlihat melakukan selebrasi yang menarik saat melihat hasil skor lompat jauhnya.

Baginya, untuk Sea Games kali ini sangat berkesan karena kini ia sudah menjadi seorang ayah. Ini menjadikannya sebuah semangat baru. "Jadi sangat berkesan karena sudah punya istri dan anak, jadi hal yang baru dan banyak pelajaran yang diambil," paparnya.

Ketika membuat konten, ia menyapikan lebih banyak sharing tentang olah raga terutama bidang yang digelutinya. Hal ini dilakukan agar masyarakat lebih mengenal atletik dan generasi muda banyak yang berminat.

"Saya lebih banyak sharing, agar anak muda lebih termotivasi dan banyak juga yang bertanya," tutupnya.

#women for women

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela