5 Bukti Hidup Bisa Lebih Tenang tanpa Harus Mencampuri Urusan Orang Lain

Endah Wijayanti24 Mei 2022, 10:45 WIB
Diperbarui 24 Mei 2022, 10:45 WIB
bahagia ceria tersenyum baju putih di pantai

Fimela.com, Jakarta Setiap hari kita akan selalu terpapar dengan berbagai urusan dan kehidupan orang lain. Selalu saja ada hal yang memicu kita untuk berkomentar, bahkan membuat kita ingin mengoreksi orang lain. Padahal untuk hidup lebih tenang, kita perlu membatasi diri untuk tidak terus menerus mencampuri urusan orang lain.

Waktu dan energi kita terbatas. Kalau kita menghabiskan semuanya untuk mencampuri urusan orang lain, maka kita tak akan mendapatkan apa-apa kecuali rasa lelah. Kita bisa hidup lebih tenang tanpa harus mencampuri urusan orang lain, berikut ini beberapa alasan atau buktinya.

 

 

 

1. Menerima Diri Hadirkan Kestabilan Emosi

childhood dan desa
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Danai+J

Mengutip buku How to Love, ikhlas bisa memberikan kestabilan emosi. Hal yang kita dapatkan dari penerimaan adalah stabilitas emosi. Saat kita sudah bisa menerima diri kita dengan lebih utuh, kita bisa lebih ikhlas dan tenang dalam menjalani kehidupan ini. Menerima semua kelebihan dan kekurangan diri menjadi langkah awal yang sangat penting untuk mendapatkan ketenangan batin yang lebih langgeng.

2. Fokus dengan Diri Sendiri Hadirkan Kerendahan Hati

childhood dan jayapura
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/VitalyRomanovich

Memang tidak mudah untuk mengontrol emosi dan ego pribadi setiap waktu. Namun, ketika kita sudah bisa fokus dengan diri sendiri, kita bisa lebih rendah hati sebab kita paham ada banyak hal yang perlu kita perbaiki dari diri ini tiap waktunya. Kerendahan hati yang kita punya akan membuat kita bisa lebih tenang jalani hidup karena tidak terlalu terobsesi dengan standar hidup dan kebahagiaan orang lain.

 

3. Meningkatkan Kualitas Diri Membuat Hidup Jadi Lebih Bermakna

childhood dan rumah pohon
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/Day2505

Saat kita terus menerus mencampuri urusan orang lain, kita tidak punya waktu untuk mengasah dan meningkatkan kualitas diri. Ketika kita menyadari bahwa untuk mendapatkan hidup lebih bermakna dan tenang butuh peningkatan kualitas diri, maka kita akan lebih bersemangat memperbaiki diri dari waktu ke waktu.

4. Mencampuri Urusan Orang Lain Menguras Banyak Energi

childhood dan tanpa listrik
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/jaboo2foto

Kalau setiap urusan orang lain selalu kita campuri dan atur-atur, kita akan lelah sendiri. Kita tak pernah bisa mengubah orang lain untuk memenuhi standar atau tuntutan pribadi kita sendiri. Maka, jangan heran kalau kita akan makin sering mengalami kekecewaan tiap kali memaksakan diri untuk mengubah orang lain sesuai keinginan pribadi kita.

5. Menghargai Privasi Hadirkan Kenyamanan

childhood dan masa panen
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/chanchai+duangdoosan

Ada privasi orang lain yang tak perlu kita campuri. Dengan menghargai setiap privasi, hubungan bisa terjaga dengan baik. Hubungan dan ikatan yang terbentuk pun memberi kenyamanan. Kita pun bisa lebih tenang dalam menjalani hidup sebab kita bisa tetap menjaga batasan-batasan yang ada dengan baik.

Semoga kita bisa senantiasa memiliki hidup yang bahagia dan tenang tanpa terus menerus terobses membandingkan diri dengan orang lain, ya. Semoga hati kita juga selalu tenang dalam menjalani keseharian kita.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela