Apa Penyebab Laptop Lemot yang Sering Terjadi? Cek Di Sini Untuk Mengatasinya

Vania Al kautsar25 Mei 2022, 12:22 WIB
Diperbarui 25 Mei 2022, 12:36 WIB
Laptop - Vania

Fimela.com, Jakarta Ketika laptop yang kamu gunakan tak secepat pertama kali kamu membeli laptop tentu akan kesal, padahal masalah satu ini merupakan hal yang sangat wajar dan kerap terjadi oleh siapapun yang menggunakan laptop. Terkadang saat kita membutuhkan laptop dengan pekerjaan yang cepat da nada beberapa masalah pada laptop maka akan menghambat pekerjaan yang sedang kita jalani.

Beberapa orang yang menggunakan laptop akan lebih sering mengalami masalah satu ini yaitu laptop yang berjalan dengan lambat atau lemot. Meskipun masalah ini kerap terjadi tetapi kamu tak perlu mengkhawatirkannya, karena masalah satu ini dapat diatasi dengan mudah dan terkadang tak perlu bantuan teknisi.

Salah satu penyebab dari laptop yang lemot adalah adanya masalah pada malware atau mungkin kamu memiliki sistem operasi yang ketinggalan zaman. Sekarang kamu dapat memperhatikan apakah laptop yang kamu gunakan termasuk laptop keluaran terbaru atau lama, berikut beberapa penyebab laptop lemot yang mungkin kamu miliki:

1. Menggunakan Banyak Program

Laptop - Vania
Ilustrasi Laptop/https://unsplash.com/Sincerely Media

Jika kamu memiliki masalah laptop yang sangat lambat maka salah satu penyebab utamanya adalah menggunakan banyak program, kamu dapat mengatasinya dengan menutup program sebanyak mungkin yang sedang tidak kamu gunakan. Akan tetapi terkadang akan ada beberapa program yang terus berjalan di background bahkan setelah kamu menutupnya. Program-program inilah yang terkadang akan memakan kekuatan pemrosesan dan dapat memperlambat laptop yang kamu gunakan.

Cara Mengatasinya : Kamu dapat menggunakan Windows Task Manager untuk menutup progtam yang berjalan di background, tekan Ctrl + Alt + Delete pada keyboard dan pilih Task Manager. Kemudian kamu juga perlu memastikan untuk mengklik More Details di pojok kiri bawah.

2. Menggunakan Terlalu Banyak Program Startup

Laptop - Vania
Ilustrasi Laptop/https://unsplash.com/Christin Hume

Mungkin saja kamu juga memiliki banyak program yang terbuka saat membuka laptop, beberapa program inilah yang terkadang akan meminta izin untuk dijalankan saat kamu mem-boot laptop sehingga kamu akan jauh lebih sering menggunakannya. Akan tetapi, terkadang ada beberapa program yang secara otomatis berjalan setiap kali kamu menyalakan laptop.

Cara Mengatasinya : Untuk mengetahui program mana yang diatur untuk dijalankan saat mem-boot laptop, buka tab Startup di bagian atas jendela Task Manager. Disinilah kamu akan melihat beberapa nama applikasi, status, dan dampat dari stratup.

3. Tidak Memperbaharui Sistem Operasi

Laptop - Vania
Ilustrasi Laptop/https://unsplash.com/Avel Chuklanov

Jika kamu belum memperbaharui Sistem Operasi dalam beberapa saat, mungkin akan membuat kamu kehilangan pembatuan driver dan tambalan perangkat lunak baru. Hal ini dapat memperlambat laptop dan membuat kamu tidak terlindungi dari kerentanan keamanan yang digunakan peretas untuk menginfeksi komputer.

Cara Mengatasinya : untuk itu kamu perlu memperbaharui sistem operasi, klik ikon kaca pembesar di sudut kiri bawah layar laptop kemudian ketik pembaruan ke dalam bilan pencarian. Kemudian klik buka dan pilih unduh jika ada pembaruan yang tersedia di sistem.

4. Laptop Terinfeksi Malware

Laptop - Vania
Ilustrasi laptop/https://unsplash.com/Bram Naus

Jika kamu melihat ikan po-up di laptop atau program secara acak, maka laptop yang kamu gunakan mungkin akan terinfeksi malware (perangkat lunak berbahaya). Laptop yang kamu gunakan juga dapat terinfeksi saat membuka email dari pengirim yang tidak dikenal atau mencoba menfunduh file dari situs web yang mencurigakan.

Cara Mengatasinya : Untuk menghapus malware dari laptop, maka klik ikon kaca pembesar di sudut kiri bawah layar. Kemudian ketik keamanan ke dalam kotak pencarian dan klik buka. Selanjutnya pilih perlindungan virus & ancaman lalu klik pemindaian cepat.

5. Terlalu Banyak File Sementara

Laptop - Vania
Ilustrasi Laptop/https://unsplash.com/Maxim Ilyahov

File sementara akan disimpan di laptop setiap kali kamu membuat meodifikasi file, biasanya file ini yang memiliki nama yang diakhiri dengan :,tmp” atau dimulai dengan tanda tilde atau dolar. File sementara biasanya dihapus setelah kamu menutup program atau applikasi.

Cara Mengatasinya : Untuk menghapus file sementara di laptop, klik ikon kaca pembesar di sudut kiri bawah layar. Kemudian ketik disk cleanup ke dalam bilan pencarian dan klik open, di jendela pop-up yang muncul, pilihlah drive yang ingin kamu bersihkan dan klik OK. Terkahir centang kotak di sebelah File sementara dan klik OK.

Ternyata ada banyak penyebab mengapa laptop yang kamu gunakan menjadi sangat lemot atau mungkin sangat lambat, masalah inilah yang kerap terjadi oleh banyak orang. Akan tetapi kamu tak perlu khawatir karena laptop yang lemot dapat diatasi dengan mudah seperti menghapus beberapa program yang kamu gunakan atau mungkin kamu perlu memperbaharui laptop.

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela