Sukses

Lifestyle

Hasil Riset Snapcart Ungkap e-Commerce yang Paling Banyak Dicari Selama Ramadan 2022

Fimela.com, Jakarta Bulan Ramadan memang sudah berlalu tapi masih banyak fakta menarik untuk diulik. Salah satunya adalah kebiasaan masyarakat dalam melakukan belanja online. Snapcart melakukan riset konsumen untuk mengetahui tren perilaku masyarakat dalam berbelanja online selama 3 bulan hingga momentum Idul Fitri. Riset tersebut dilakukan dengan metode online yang diikuti oleh 1000 responden rentang usia 20-35 tahun, yang tersebar di berbagai area di Indonesia.

Dalam riset Snapcart terkait “Perilaku Belanja Online Masyarakat Selama bulan Ramadan”  menunjukkan  bahwa 77% responden memilih Shopee sebagai e-commerce yang paling sering digunakan untuk berbelanja persiapan dan kebutuhan selama bulan Ramadan. Hasil ini diikuti Tokopedia (19%) dan Lazada (4%).

Belanja online menjadi salah satu alternatif utama bagi masyarakat untuk memenuhi kebutuhan Ramadan yang beragam. Tren perilaku belanja online juga dapat diamati melalui pilihan produk paling banyak dibeli selama Ramadan 2022. Sebagian masyarakat Indonesia (68% dari hasil riset) memilih untuk berbelanja baju lebaran serta aksesoris melalui e-commerce. Kemudian, diikuti sebanyak 49% responden membeli produk-produk makanan dan minuman untuk melengkapi kebutuhan sehari-hari untuk sahur dan berbuka selama Ramadan. Lalu, sebanyak 45% responden membeli produk kosmetik dan perawatan, sedangkan 31% responden lainnya mengaku membeli peralatan rumah tangga.

Kategori produk terpopuler selama bulan Ramadan ini juga nyatanya sesuai dengan apa yang terjadi di Indonesia. Hal ini selaras seperti yang disampaikan oleh Astrid Wiliandry, Direktur Snapcart Indonesia, “Ini sesuai dengan budaya Indonesia, Ramadan dan Lebaran identik dengan memakai baju baru. Produk fashion dan aksesoris pun menjadi peringkat nomor satu.”

Melihat kebutuhan Ramadan yang beragam, masyarakat Indonesia juga menaruh perhatian pada beberapa hal seperti promo yang menjadi hal paling banyak dicari oleh masyarakat. Melalui survey ini ditemukan sebanyak 77% responden memilih Rangkaian Promo Menarik menjadi hal yang paling dicari dalam program yang dihadirkan oleh pemain e-commerce pada bulan Ramadan. “Potongan harga atau penawaran terbaik menjadi salah satu aspek yang menjadi daya tarik utama pada setiap program yang dihadirkan khususnya selama bulan Ramadan,” tambah  Astrid.

Terbukti dari sebanyak 74% responden mengaku mengetahui program Shopee-Gratis Ongkir Rp 0 Semua Toko, 48% responden mengetahui program Shopee-Cashback 50% 5 Waktu, dan 61% mengetahui program Shopee Serba Seribu. Diikuti dengan program-program promo lain yang diketahui oleh responden, seperti Tokopedia-Cashback Sebar Kumpul Untung Ramadan Ekstra (26%), Tokopedia-Flash Sale Ramadan Ekstra Diskon Kilat (38%), Lazada-Gratis Ongkir Ramadan Festival (19%), dan Lazada-Diskon Langsung Ramadan Festival (15%).

 

Hasil riset yang dilakukan oleh Snapcart juga menunjukkan bahwa e-commerce tidak hanya dijadikan sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan harian atau pendukung dengan keuntungan terbaik. Platform belanja online ini juga dipilih oleh masyarakat untuk menjadi salah satu opsi kegiatan yang dapat menemani waktu menjelang berbuka puasa. Demi menjawab ragam kebutuhan dan hiburan, para pemain e-commerce terus berusaha untuk berinovasi dan menghadirkan fitur-fitur baru.

“Jika ditelaah saat ini, kami melihat aspek yang membuat masyarakat untuk memilih destinasi belanja online dipengaruhi oleh banyak hal seperti promo, pilihan produk yang ditawarkan, hingga fitur hiburan. Dimana melalui survey ini terlihat bahwa Shopee unggul khususnya dalam hal Membantu Kebutuhan Ramadan, Banyak Fitur, Inovasi & Games serta Sering Promo Ramadan. Hal inilah yang membuat kuatnya nilai saing Shopee khususnya selama bulan Ramadan,” sambung Astrid.

Berdasarkan hasil riset, Shopee tetap unggul dibandingkan Tokopedia dan Lazada dari ketiga aspek yaitu: pemenuhan kebutuhan selama Ramadan, fitur yang tersedia, dan promo yang diadakan dengan presentase sebagai berikut:

Selain iklan, acara TV, live stream, video, promo, serta kolaborasi lainnya, pada periode Ramadan ini terdapat fitur terbaru yang dihadirkan oleh Shopee yang berhasil menyita perhatian masyarakat, dimana melalui fitur ini masyarakat dapat membuat serta menonton berbagai konten video, yang disertai promo hadiah menarik. Melalui survey kali ini, terungkap bahwa Shopee Video menduduki peringkat 2 teratas pada indikator penilaian fitur hiburan terbaru yang diketahui oleh responden.

Berdasarkan hasil riset, hampir semua responden mengaku turut berpartisipasi aktif dan telah memanfaatkan berbagai program spesial Ramadan yang disajikan oleh situs-situs online untuk memenuhi kebutuhan selama Ramadan. Dari survey tersebut , terdapat tiga program yang paling diminati  oleh responden. Shopee Big Ramadan Sale merupakan program yang paling diminati dimana 88% responden mengaku turut berbelanja dan memanfaatkan promo serta hiburan yang dihadirkan Shopee, diikuti dengan 41% belanja di Tokopedia Ramadan Ekstra, 19% berbelanja di Lazada Ramadan Festival, dan 3% tidak menyebut.

Melihat sengitnya persaingan e-commerce selama bulan Ramadan, para pemain e-commerce berlomba untuk melengkapi ragam aspek yang dapat menjadikan mereka destinasi pilihan belanja online. Selama periode Ramadan 2022, dapat disimpulkan Shopee merupakan e-commerce pilihan dan masih unggul menjadi jawara e-commerce nomor 1 di Indonesia. Dari banyak indikator pada riset dengan metode online yang dilakukan Shopee, Shopee dinyatakan sebagai peringkat pertama saat dibandingkan dengan e-commerce lainnya. Dengan tingginya antusiasme masyarakat Indonesia terhadap belanja online, tren pertumbuhan yang terus berkembang serta pertarungan antar pemain e-commerce sangat menarik untuk diamati kelanjutannya pada tahun ini.

 

(*)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading