Mencoba Lensa Kamera Terkecil dan Teringan di Dunia dari Sony, Bagaimana Hasilnya?

Vinsensia Dianawanti27 Mei 2022, 08:00 WIB
Diperbarui 27 Mei 2022, 08:00 WIB
Mencoba Lensa Kamera Terkecil dan Teringan di Dunia dari Sony, Bagaimana Hasilnya?

Fimela.com, Jakarta Sebagai pecinta fotografi dan videografi tentu kamu mencari kamera yang ringan, ringkas, namun tetap mamp menghasilkan gambar yang bersih dan berkualitas. Sony baru saja merilis lensa kamera terbaru yang menjadi lensa ke-67 dalam jajaran E-mount mirrorless, yaitu Lensa FE 24-70mm F2.8 GM II (model – SEL2470GM2).

Sony mengembangkan lensa kamera zoom standar F2.8 teringan di duniai ini menggunakan teknologi lensa terdepan untuk menghadirkan resolusi menakjubkan dan bokeh indah yang dikenal pada seri “G Master” Sony. FE 24-70mm F2.8 GM II merupakan salah satu lensa paling serbaguna pada jajaran ini dan dibuat untuk para fotografer, videografer dan kreator hybrid dan lensa ini sangat cocok untuk portrait, wedding dan penggunaan komersial.

Dengan bobot hanya 695gram, menjadikan lensa ini sebagai lensa yang teringan dan terkecil di dunia. Sony menggabungkan bahan plastik dan metal premium yang menjadikannya lebih ringan 20 persen dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

 

Fitur terbaru pada lensa

Mencoba Lensa Kamera Terkecil dan Teringan di Dunia dari Sony, Bagaimana Hasilnya?
Sony menghadirkan koleksi lensa terbaru yang jadi lensa kamera terkecil dan teringan di dunia

Meski memiliki bobot yang lebih ringan, Sony mengaku melakukan peningkatan kualitas gambar yang signifikan dengan kontrol yang lebih handal.

"Mengetahui bahwa focal length 24-70 mm sangat populer, sangat penting bagi kami untuk terus melakukan peningkatan guna menghadirkan teknologi tercanggih kami pada lensa yang penting untuk penggunaan pelanggan kami. Hari ini, senang sekali kami dapat memperkenalkan lensa zoom standar F2.8 terkecil dan teringan di dunia," ungkap Koji Sekiguchi selaku President Director PT Sony Indonesia.

Pada lensa terbarunya, Sony menyematkan fitur tambahan yang memudahkan penggunanya saat mengambil foto atau video. Salah satunya kehalusan zoom dengan menyesuaikan torsi ring zoom untuk Smooth atau Tight. Fungsi Smooth memastikan lensa melakukan zooming yang lebih halus untuk video, sementara Tight membuat lensa lebih kokoh untuk foto.

 

Kualitas gambar yang lebih baik

Mencoba Lensa Kamera Terkecil dan Teringan di Dunia dari Sony, Bagaimana Hasilnya?
Sony menghadirkan koleksi lensa terbaru yang jadi lensa kamera terkecil dan teringan di dunia

Selain itu, lensa ini mendukung pengambilan gambar secara kontinu hingga 30 fps untuk foto dan perekaman video 4K 120p dengan autofokus. FE 24-70mm F2.8 GM II juga memungkinkan performa pelacakan AF terus-menerus, bahkan pada saat pengambilan foto dengan bukaan kecil.

Sehingga memungkinkan penggunaan depth of field yang lebih dalam untuk memastikan subjek yang bergerak tetap dalam fokus tajam saat pengambilan gambar secara kontinu. Saat melakukan zoom, performa pelacakan AF lensa ini sekitar dua kali lebih baik dari model sebelumnya.

Sebagai manfaat tambahan untuk pembuatan video tingkat lanjut, lensa terbaru ini juga dilengkapi dengan Linear Response MF (manual focus) yang memastikan akurasi tinggi saat pemfokusan secara manual, karena ring fokus merespons secara langsung dan kontinu untuk kontrol yang lembut. Lensa ini juga memiliki aperture ring yang membuat kontrol bukaan/iris manual menjadi cepat, langsung dan mudah. Ring iris khusus ini memungkinkan kontrol secara click-less untuk mendapatkan transisi depth of field yang halus.

 

Ulasan

Fimela pun berkesempatan mencoba langsung lensa FE 24-70mm F2.8 GM II pada body A7 Mark III untuk pengambilan foto dan video. Pada pengambilan foto close up, lensa memungkinkan untuk gambar yang lebih jernih hingga jarak dekat, tepatnya jarak fokus minimum 8,25 inci (0,21 meter) pada 24 mm dan 12 inci (0,30 meter) pada 70 mm, dan dengan perbesaran maksimum 0,32x.

Sementara itu pada pengambilan video dibuat pengaturan lensa dengan mode Smooth. Sehingga membantu videografer untuk mengambil gambar dengan lebih halus dan stabil.

 

Lanjutkan Membaca ↓
1
What's On Fimela