Sukses

Lifestyle

5 Penyebab Hp Panas yang Bikin Tidak Nyaman dan Cara Mengatasinya

Fimela.com, Jakarta Apakah kamu pernah merasakan ketidaknyamanan saat menggunakan smartphone? Rasa tidak nyaman saat menggunakan smartphone terkadang disebabkan oleh masalah yang lemot, cepat panas, atau mungkin memiliki baterai yang boros.

Meskipun beberapa masalah tersebut normal dan dapat terjadi pada smartphone apapun, hp yang cepas panas terkadang dapat menandakan adanya kerusakan internal, masalah perangkat lunak, atau mungkin bagian malware yang tidak mendukung.

Suhu internal hp sendiri didasarkan pada suhu lingkungannya, jika ponsel yang kamu gunakan terlalu panas tentu akan membuat kita merasa tidak nyaman saat digenggam. Ada banyak alasan mengapa hp bisa menjadi terlalu pnas yang tidak terkait dengan suhu tinggi diluar ruangan, berikut beberapa penyebab hp panas yang sering terjadi:

1. Penggunaan Smartphone yang Berlebihan

Beberapa penyebab umum dari hp yang terlalu panas adalah penggunaan smartphone yang berlebihan, memang kita sulit untuk lepas dari genggaman smartphone. Ketika kamu sedang menggunakan smartphone dan membuka applikasi dengan mode kecerahan layar yang tinggi, bermain game dengan grafis yang intensif, atau munggkin terlalu sering menggunakan kamera hal ini akan membuatnya menjadi lebih cepat panas.

Apapun yang menghabiskan banyak daya pemrosesan akan menyebabkan smartphone menjadi cepat panas, selain itu pengaturan yang kurang optimal juga dapat menyebabkan timbulnya panas yang berlebihan.

2. Pembaruan Perangkat Lunak atau Malware

Perangkat lunak sering menjadi salah satu penyebab utama hp cepat panas, terkadang buga dapat menyebabkan applikasi terjebak dalam loop yang memakan sumber daya prosesor, sementara beberapa bug juga dapat mengakibatkan konsumsi memori yang berlebihan, yang sesekali dapat membuatnya menjadi lebih panas dari biasanya.

3. Baterai, Kabel, atau Pengisian Daya yang Rusak

Satu hal ini tentu lebih berbahaya dari yang kamu bayangkan, baterai, kabel, dan pengisi daya yang rusak dapat membuat hp menjadi lebih panas yang berada pada tingkat “berbahaya”. Smartphone yang kamu beli mungkin memiliki kecanggihan yang ditawarkan tetapi, tidak semua pengisi daya dibuat dengan tingkat kualitas yang sama yang berarti dapat membuat hp menjadi lebih panas.

Selain itu, kerusakan fisik juga dapat membuat baterai tidak dapat menahan tekanan pengisian daya atau bahkan penggunaan yang sedang, sebab kita sering mendengar ada seseorang yang mengatakan ponselnya “meledak”. Maka dari itu berhati-hatilah ketika menggunakan baterai, kabel, atau pengisian daya yang bukan original dari smartphone yang kamu miliki.

4. Ventilasi Terblokir

Hp tentu dapat membantu keseharian kita terutama pada kesibukan bekerja atau sekolah, ternyata ventilasi hp atau port yang pengisian diblokir akan menghasilkan panas berlebih. Hal ini sebenarnya bukan suatu masalah bagi seseorang yang memiliki smartphone terbaru.

Jika kamu sedang berada di suhu ruangan yang tinggi, ketika ponsel disimpan di dasbor mobil, atau mungkin terlalu sering terpapar sinar matahari maka akan membuatnya semakin panas. Selain itu penggunaan casing yang memiliki kualitas buruk juga dapat membuat hp semakin panas karena mereka tidak melindungi dari tetesan atau tidak bertindak sebagai isolator yang panas.

5. Kerusakan Internal

Baterai yang rusak memang salah satu penyebab utama dari hp cepat panas, jenis kerusakan internal lainnya juga dapat membuat hp cepat rusak atau bahkan cepat panas. Seperti hp yang sudah lama kamu gunakan, pasta termal antara prosesor dan unti pendingin yang mulai rontok, hal inilah yang dapat membuat hp cepat panas.

Cara Menghentikan HP dari Kepanasan

  • Hindari sinar matahari langsung : Cara termudah untuk mencegah hp cepat panas, adalah menjauhkannya dari sinar matahari. Hp biasanya akan menangkap cahaya dan panas dari sinar matahari dan menahannya.
  • Matikan Applikasi yang Tidak Digunakan : Applikasi yang terbuka dan tidak digunakan atau berjalan pada latar belakang biasanya akan membuat ponsel bekerja lebih keras dari biasanya, maka dari itu ketika kamu tidak menggunakan applikasi tersebut ada baiknya untuk menutupnya.
  • Hindari Meningkatkan Kecerahan Layar : Menaikkan kecerahan layar akan memaksa baterai bekerja lebih keras dan menghasilkan lebih banyak panas.
  • Matikan Telepon ke Mode Pesawat : Mode pesawat memungkinkan kamu untuk terus menggunakan fungsi dasar di hp, akan tetapi meononaktifkan hal-hal yang tidak penting lainnya juga dapat menghabiskan beterai.

Hp yang terlalu pans terkadang membuat kita tidak nyaman, tetapi terkadang hal ini tidak perlu khawatirkan karena biasanya akan mereda dengan sendirinya. Beberapa hp yang panas mungkin dapat menjadi salah satu tanda adanya kerusakan internal, jika kamu menemukan beberapa masalah lain pada hp yang kamu gunakan ada baiknya untuk membawa ke teknisi. 

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading