Sukses

Lifestyle

5 Cara Tegarkan Diri saat Masalah Hidup Membuatmu Rapuh

Fimela.com, Jakarta Masalah hidup hadir untuk membuat kita tumbuh. Ujian dan cobaan hidup yang datang silih berganti menempa kita untuk jadi pribadi yang lebih kuat. Proses memang tidak mudah, apalagi ketika berbagai problema membuat kita merasa rapuh.

Agar kita bisa tetap bertumbuh ketika sedang rapuh, maka kita perlu menguatkan diri kita lagi. Kita perlu menghadirkan upaya yang lebih besar dari biasanya untuk bisa lebih tegar dan kuat lagi. Bisa coba perlahan mencoba hal-hal berikut ini.

 

1. Rasakan Saja Apa yang Terasa

Semua rasa tak nyaman yang hadir, rasakan saja semuanya. Kalau perlu menangis, menangis saja. Mengutip buku The Comfort Book, "Menangis melepaskan hormon-hormon stres. Memaki dapat meningkatkan toleransi rasa sakit. Meradang dapat memotivasi kita bertindak. Rasakan saja apa yang terasa." Untuk bisa merasa lebih baik ketika sedang terjatuh atau rapuh adalah menerima semua yang terasa apa adanya lebih dulu.

2. Ingat Hal-Hal Baik yang Pernah Terjadi

Dalam hidup ini, ada masanya kita merasa rapuh dan jatuh. Namun, ada juga saatnya kita sembuh dan tumbuh. Saat merasa rapuh, coba ingat lagi hal-hal baik yang pernah terjadi dalam hidup. Ingat lagi momen-momen berkesan dan indah yang pernah ada. Segala sesuatunya bersifat sementara dan terus berputar, jadi anggap saja masa rapuh saat ini tak lain adalah anak tangga yang perlu diambil untuk bisa menuju tempat yang lebih baik.

3. Lakukan Hal yang Masih Bisa Diupayakan

Saat kita merasa rapuh dan ingin menyerah, rasanya kita tak ingin melakukan apa pun. Namun, jika terlalu lama berkubang dalam rasa sedih dan mengasihani diri sendiri, situasi tak akan membaik. Mending coba lakukan hal yang masih bisa diupayakan dan diperbaiki. Satu per satu, selangkah demi selangkah, perlahan pun tak apa. Selama kita masih bergerak maka kita bisa meyakini situasi bakal lebih baik lagi ke depannya.

 

4. Relakan yang Sudah Terjadi

Untuk hal-hal yang sudah terjadi dan tak bisa diubah atau diperbaiki lagi, relakan dan ikhlaskan saja. Saat kita merasa rapuh, kita tak perlu membebani diri terlalu berat dengan hal-hal yang sudah semestinya kita lepaskan. Waktunya membebaskan diri dengan meringankan beban di pundak sendiri.

5. Ciptakan Semangat Baru

Temukan harapan baru. Ciptakan target baru. Hadirkan nyala semangat baru. Tak harus dengan semangat yang besar, selama ada setitik nyala lilin yang bisa membantu kita melihat dalam gelap maka kita pasti bisa tetap kuat jalani dan hadapi situasi yang ada. Terima kasih untuk dirimu yang sudah bertahan dan berjuang hingga sampai ke titik ini.

Yakini saja bahwa masa-masa jiwamu merasa rapuh saat ini akan tergantikan dengan proses yang membuatmu bertumbuh jadi pribadi yang lebih baik lagi. Semoga kamu selalu bisa kuat dan bertahan untuk melangkah ke depan, ya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading