Sukses

Lifestyle

5 Cara Kuatkan Diri Menyikapi Orang yang Tak Mengakui Kelebihanmu

Fimela.com, Jakarta Ketika kemampuan dan kelebihan kita tidak dihargai oleh orang lain, pastinya kita akan merasa sedih. Apalagi bila terjadi di lingkungan pekerjaan, rasanya semangat jadi hilang. Bahkan rasa percaya diri jadi makin menyusut.

Menyikapi orang yang tak mengakui kelebihan kita memang butuh kesabaran dan kekuatan yang lebih besar. Sebelum kita merasa makin terpuruk, ada beberapa cara yang bisa kita coba agar tetap bisa menguatkan diri menyikapi orang yang masih memandangmu sebelah mata.

 

1. Tingkatkan Harga Diri

Harga diri kita rasanya bisa tercoreng saat kelebihan atau kemampuan kita tidak diakui oleh orang lain. Sebelum menyalahkan keadaan atau orang lain, kita bisa coba mengupayakan untuk meningkatkan harga diri kita. Mengutip buku How to Respect Myself, salah satu kegiatan yang bisa dicoba untuk meningkatkan harga diri adalah dengan menuliskan hal-hal yang diinginkan. Orang yang sudah terlalu lama memikirkan pandangan orang lain kerap lupa akan dirinya sendiri. Ia tidak tahu pasti siapa dirinya dan apa yang disukai dan tidak disukainya. Agar tidak makin lama bersedih atau kehilangan rasa percaya diri, kita bisa coba menuliskan hal-hal yang kita inginkan untuk kemudian kita usahakan atau wujudkan jadi kenyataan.

2. Respons Secukupnya

Saat memberi respons atau meladeni orang yang tak memandang sebelah mata padamu, tak perlu berlebihan. Cukup respons secukupnya dan tak usah menghabiskan terlalu banyak waktu atau energi menanggapi omong kosongnya. Mending alihkan waktu dan energi yang dipunya untuk hal-hal yang bisa meningkatkan produktivitas kita sendiri.

 

3. Fokus Saja Meningkatkan Kualitas Diri

Salah satu cara terbaik menyikapi orang yang suka memandang remeh dirimu adalah fokus meningkatkan kualitas diri sendiri. Biarkan saja orang lain tidak mengakui kelebihanmu. Yang penting adalah kamu tetap berupaya menggali potensi diri dan melakukan hal-hal yang bisa membuatmu lebih bersinar lagi.

4. Sampaikan Rasa Tidak Nyaman Padanya

Kalau kamu merasa cara atau ucapannya ketika berinteraksi denganmu sudah kelewatan, kamu bisa coba sampaikan rasa tidak nyamanmu padanya. Utarakan rasa tidak nyaman yang ada di dalam hatimu. Setidaknya kamu bisa menghadirkan batasan yang jelas bahwa tiap orang berhak diperlakukan dengan baik.

 

 

5. Ajak Kolaborasi

Jika memungkinkan, ajak orang yang tak percaya dengan kelebihanmu untuk bekerja atau berkolaborasi denganmu. Bisa jadi dia masih belum mengenalmu dengan baik sehingga masih sering memandang remeh dirimu. Bukan berarti kamu ingin makin pamer, tetapi untuk membuktikan bahwa kamu punya potensi dan orang yang bisa cukup diandalkan untuk mengatasi berbagai hal.

Semoga kamu bisa tetap mengembangkan diri dan meningkatkan potensi dirimu dengan baik, ya. Biarlah orang yang meremehkanmu menghabiskan energinya untuk hal yang sia-sia. Yang terpenting kamu tidak menyerah dan tidak berputus asa untuk menjadi orang yang bermanfaat dan lebih berdaya.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading