5 Cara agar Tidak Mudah Dipermalukan Orang Lain

Endah Wijayanti13 Jun 2022, 12:45 WIB
Diperbarui 26 Jul 2022, 15:08 WIB
perempuan percaya diri

Fimela.com, Jakarta Kita perlu menerima dan mengakui bahwa tak semua orang bisa menerima kita apa adanya. Khususnya dalam soal penampilan diri, ada saja orang yang akan mencibir atau bahkan mempermalukan kita. Di antara kita pun pasti ada yang pernah jadi korban body shaming atau pernah dipermalukan karena perkara fisik atau penampilan kita.

Dipermalukan orang lain bisa membuat harga diri kita jatuh. Bahkan bisa membuat kita merasa sangat stres dan tertekan. Meski kita tak bisa selalu mengatur dan mengontrol respons orang lain terhadap diri kita, kita masih bisa mengupayakan sejumlah hal untuk menguatkan mental kita agar tidak mudah dipermalukan oleh orang lain.

 

1. Sayangi Diri Seutuhnya

perempuan dan tipe percaya diri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/chaponta

Jaga dan pertahankan harga diri kita. Mengutip buku How to Respect Myself, harga diri adalah jawaban atas 'seberapa senang kita dengan diri kita'. Untuk itu, kita harus berfokus pada penilaian 'diri sendiri' dan bukan penilaian orang lain. Sebelum menghabiskan terlalu banyak tenaga untuk memikirkan penilaian orang lain, kita bisa meningkatkan dan menjaga harga diri dengan menyayangi diri sendiri lebih dulu. Kenali kekurangan dan kelebihan diri, lalu fokus untuk meningkatkan kualitas diri jadi lebih baik dari waktu ke waktu.

2. Lakukan Hal yang Meningkatkan Perasaan Nyaman

mandiri percaya diri
ilustrasi/popcorner/Shutterstock

Kalau memakai baju tertentu bisa membuatmu merasa lebih cantik dan nyaman, lakukan saja. Memakai riasan tertentu bisa membuatmua merasa lebih bahagia, lakukan saja. Apa pun hal yang bisa membuatmu nyaman, lakukan saja. Selama masih memberi dampak positif untuk diri sendiri, kita bisa melakukan apa saja yang bisa membuat kita merasa nyaman. Kalau pun ada orang yang mempermalukanmu, kamu tak ambil pusing sebab kamu sudah nyaman dengan apa adanya dirimu.

3. Raih Pencapaian Pribadi yang Lebih Baik

perempuan dan jalan percaya diri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/PRImageFactory

Miliki prestasi atau pencapaian pribadi yang membuatmu merasa bahagia. Buat hidupmu terasa bermakna dan senantiasa layak diperjuangkan. Jika ada orang yang cuma bisa membuatmu malu, itu karena dia sendiri tak punya hal produktif untuk dilakukan. Sementara itu, kamu bisa lebih fokus meningkatkan kualitas diri yang lebih baik lagi.

 

4. Senantiasa Berpikiran Terbuka

perempuan dan kebiasaan percaya diri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/zEdward_Indy

Jaga selalu sudut pandang yang lebih luas dan pikiran terbuka tiap kali berinteraksi atau berkomunikasi dengan orang lain. Orang yang suka mempermalukan pihak lain biasanya merasa punya celah untuk menyombongkan dirinya sendiri. Bahkan bisa jadi dia sendiri sedang memiliki kekurangan yang ingin ditutupi. Agar tidak jadi "sasarannya", kita bisa coba untuk tetap tenang dan senantiasa berpikiran terbuka supaya dia tak punya celah untuk mengarang kekurangan diri kita.

 

 

5. Tebar Kebaikan di Mana Saja

perempun mandiri percaya diri
ilustrasi/mimagephotography/Shutterstock

Tetaplah berusaha jadi orang baik di mana saja dan kapan saja. Tak perlu berharap orang lain bakal memperlakukan kita dengan baik juga. Cukup fokus melakukan hal-hal yang bisa bantu membuat kita merasa bahagia dengan hidup kita.

Semoga kita semua senantiasa diberi kekuatan dan kelapangan hati dalam berinteraksi dengan orang dari berbagai latar belakang, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓

Live Streaming

Powered by
What's On Fimela