Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Laptop Lambat Saat Digunakan dan Solusinya

Fimela.com, Jakarta Memiliki laptop yang berjalan lambat tentu sering menjadi permasalah banyak orang, mungkin akan ada banyak alasan mengapa laptop akan berjalan sangat lambat. Ketika kamu menggunakan laptop yang berusia lebih dari 5 tahun biasanya akan melambat seiring berjalannya waktu terutama jika tidak diperbarui.

Setiap laptop tentu memiliki keunggulan tersendiri daripada beberapa laptop yang dijual dipasaran, ada beberapa laptop yang mungkin memiliki keunggulan pada baterai yang tahan lama, perangkat yang memadai, dan penyimpanan yang banyak.

Tapi, dibalik semua keunggulan dari laptop sendiri sangat wajar bagi kita melihat beberapa masalah pada laptop yang kita gunakan. Seperti laptop yang melambat saat digunakan, berikut beberapa penyebab laptop lambat yang sering menjadi masalah:

1. Perlu di Restart

Coba diingat lagi kapan terakhir kali kamu merestart laptop? Ketika laptop berjalan sangat lambat bisa jadi hal ini menandakan bahwa kamu sudah lama tidak melakukan restart pada laptop. Ketika terlalu banyak applikasi yang sedang digunakan maka akan membuat prosessor laptop mencari apa yang sedang kamu lakukan dan membuatnya menjadi melambat seiring berjalannya waktu.

Solusi : Ada baiknya untuk menutup semua program dan dile, kemudian restart laptop yang kamu gunakan. Ketika ada informasi untuk update jangan lupa pilih “update and restart” untuk memulihkan laptop kembali semula.

2. Terlalu Banyak Program yang Aktif

Berapa banyak program yang kamu jalankan saat bersamaan? Kemudian berapa banyak tab yang aktif pada browsermu saat ini? Ternyata setiap tab yang terbuka dan setiap program yang terbuka akan membutuhkan ruang dalam Random Access Memory (RAM). Ketika kamu membuka terlalu banyak tab dan program, menandakan bahwa kamu akan mengurangi memori dan daya pemrosesan yang tersedia pada laptop.

Solusi : Ada baiknya saat kamu menggunakan laptop hanya membuka tab atau program yang benar-benar akan kamu jalankan, jika kamu akan membuka halaman tab pada browser di waktu yang akan datang cukup “bookmark” agar mempermudah akses pada browser.

3. Program Rogue yang Aktif

Terkadang aka nada beberapa program yang berjalan di latar belakang dan menghabiskan begitu banyak memori dan kekuatan pemrosesan RAM pada laptop.

Solusi :

  • Bagi pengguna Windows : Tekan (Ctrl+Alt+del) untuk membuka Pengelola Tugas.
  • Bagi pengguna Mac : Tekan (Cmd+Spasi, ketik ‘ke dalam bilah sorotan’) untuk mengakses Monitor Aktif.

4. Hard Drive

Hard drive yang memiliki kapasitas hingga 85% ternyata dapat mengurangi kecepatan pemrosesan laptop hingga 50%. Karena pada titik ini, memori virtual yang diperlukan untuk menyimpan file sementara yang memfasilitasi kelancaran program yang hampir tidak tersedia.

Solusi : Untuk mengatasi hal ini kamu perlu mencari taju jumlah ruang kosong pada hard drive yang kamu gunakan.

  • Bagi pengguna Windows : Klik My Computer lalu klik kanan disk lokal C dan buka property.
  • Bagi pengguna Mac : Klik Apple lalu pilih Tentang Mac ini.

Ketika kamu melakukan penghapuskan ada baiknya 20% dari total disk harus kosong.

5. Pembaruan Perangkat Lunak yang Tidak Perlu

Pembaruan perangkat lunak tentu sangatlah penting untuk menjaga applikasi yang kamu install berjalan dengan lancar dan aman, akan tetapi beberapa program ini dilengkapi pembaruan otomatis pra-instal yang akan terus berjalan di latar belakang yanpa menghabiskan ruang pada hard drive.

Solusi : Kamu perlu mencari tahu perawatan proaktif yang sesuai pada laptop yang kamu gunakan.

6. Terlalu Banyak Applikasi yang Terbuka Secara Otomatis

Terkadang hampir setiap program yang kamu unduh pada laptop akan disertai dengan permintaan izin untuk dijalankan saat kamu mencoba untuk menyalakan laptop, program ini dikenal sebagai program startup. Overload inilah yang terkadang akan membuat laptop menjadi lambat sejak proses booting.

Solusi : Saat kamu mengunduh applikasi atau program bgaru ada pastikan untuk menghapus centang pada kotak yang memberikan izin untuk berjalan saat laptop mulai jika tidak diperlukan.

7. Anti Virus yang Tidak Efektif

Ketika kamu sedang menggunakan laptop dan melambat seiring berjalannya waktu ada baiknya untuk memperhatikan virus atau antivirus yang tidak efektif yang gagal untuk mendeteksi dan mencegah virus menyerang pada laptop yang kamu gunakan.

Solusi : Unduh program antivirus yang terverifikasi dan diakui sebagai alat keamanan, selain itu gunakan untuk menjalankan pemindaian malware di laptop dari virus.

Ternyata akan ada banyak penyebab dari laptop menjadi lambat seiring berjalannya waktu, selain penggunaanya yang sudah lama. Beberapa orang terkadang akan membiarkan masalah ini, tetapi jika terus menerus terjadi akan menjadi sebuah masalah pada laptop yang kamu gunakan.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading