5 Cara agar Dirimu Bisa Diterima Apa Adanya oleh Orang Lain

Endah Wijayanti14 Jun 2022, 13:45 WIB
Diperbarui 14 Jun 2022, 13:45 WIB
perempuan dan bunga bahagia

Fimela.com, Jakarta Bisa diterima apa adanya oleh orang lain menjadi keinginan atau impian kita. Bisa hidup tanpa dihakimi atau disudutkan jelas akan membuat kita merasa nyaman. Namun, bisakah diri kita diterima apa adanya oleh orang lain?

Mungkin tidak selalu mudah, tetapi kita masih bisa mencoba sejumlah cara untuk membuat diri kita bisa diterima dengan baik oleh orang lain. Berikut ini lima cara yang bisa dicoba. Langsung saja simak uraiannya di bawah ini, ya.

 

1. Terima Orang Lain Apa Adanya

perempuan dan tentang menjadi diri sendiri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Pixel-Shot

Melansir laman Better Help, meminta orang lain menerima diri kita apa adanya artinya kita juga perlu menerima orang lain apa adanya, meski pandangan politik, agama, dan lainnya berbeda dengan kita. Sebelum kita menuntut orang lain untuk menerima diri kita apa adanya, kita perlu menerima orang lain dengan apa adanya juga. Sebab di dunia ini kita hidup berdampingan dengan senantiasa tumbuh menyesuaikan diri dan beradaptasi dengan perbedaan bersama orang lain.

2. Berbaik Hati kepada Diri Sendiri

perempuan dan menjadi lebih bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Pixel-Shot

Kita perlu berbaik hati kepada diri sendiri lebih dulu. Cintai dan sayangi diri sendiri, bisa dimulai dengan senantiasa merawat diri dengan baik. Menjaga pola makan dan pola hidup sehat. Menjaga kebiasaan-kebiasaan baik dan produktif. Saat kita sudah bisa menjaga diri dengan baik, maka orang lain akan lebih mudah menerima kita apa adanya sebab kit tak akan terlalu sering menjadi beban mereka.

 

3. Lebih Berani Menyelesaikan Tiap Masalah

perempuan dan tetap kerja
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Pixel-Shot

Mengutip buku How to Love, semua hubungan manusia pasti diiringi oleh konflik. Sudah hakikatnya hubungan diikuti oleh berbagai emosi, seperti kecemburuan, persaingan, kemarahan, mengasihani diri sendiri, kesedihan, dan lain-lain. Untuk bisa diterima dengan baik oleh orang lain, kita pun tak boleh lari dari masalah. Meski belum bisa menyelesaikan setiap masalah dengan sempurna, setidaknya kita bisa memetik pelajaran atau hikmah penting dari setiap peristiwa untuk membuat kita senantiasa tumbuh jadi pribadi yang lebih dewasa. Kualitas diri ini pun membuatmu bisa diterima dengan lebih terbuka oleh banyak orang.

4. Tidak Berpura-pura Jadi Orang Lain

perempuan dan hidup yang lebih bahagia
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Pixel-Shot

Menjadi diri sendiri, maka diri kita bisa lebih mudah diterima oleh orang lain. Sebab ketika kita berpura-pura jadi orang lain, kita malah membuat tembok atau penghalang untuk orang lain. Tak harus tahu segalanya atau mahir dalam segala hal untuk bisa diterima orang lain. Justru ketika kita lebih jujur dengan kelebihan dan kekurangan diri, orang lain bisa lebih terbuka menerima kita.

 

 

5. Mengutamakan Kejujuran dalam Berkomunikasi

perempuan dan jiwa kuat
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Pixel-Shot

Kejujuran menjadi hal penting yang perlu dimiliki bila ingin bisa diterima oleh orang lain. Tak berbohong atau mengada-ada hanya untuk mendapatkan pujian atau sanjungan. Tidak perlu plin-plan dalam berkomunikasi. Saat kita sudah bisa berkomunikasi dengan jujur, maka kita bisa lebih mudah diterima di lingkungan sosial kita.

Semoga di mana pun kita berada, kita bisa merasa nyaman dan bisa menjalin hubungan baik dengan orang-orang di sekitar kita, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓