Sukses

Lifestyle

5 Cara Redakan Rasa Kecewa saat Dilukai Orang Terdekat

Fimela.com, Jakarta Hati dilukai oleh orang terdekat, kita mungkin akan merasa marah dan kesal. Bahkan merasa seperti dibodohi. Hanya saja perasaan yang paling mendominasi bisa jadi adalah rasa kecewa.

Kekecewaan bisa cukup kompleks. Meredakan rasa kecewa bisa butuh waktu yang lebih lama dibandingkan meredakan rasa marah. Apalagi orang yang telah melukai kita adalah orang yang paling kita sayangi atau cintai, kekecewaan yang hadir bisa terasa begitu dalam. Bagi yang sedang berjuang untuk meredakan rasa kecewa, ada sejumlah cara dan langkah sederhana yang bisa dicoba. Selengkapnya, simak uraiannya di bawah ini.

 

1. Terima Rasa Kecewa dengan Hati yang Lapang

Mengutip buku Love for Imperfect Things, tidak seperti emosi lainnya, kekecewaan lebih sulit untuk diungkapkan. Dijelaskan lebih lanjut bahwa jika dikeluarkan, perasaan itu akan terkesan remeh dan kekanak-kanakan, tapi jika kita terus memendamnya, perasaan itu akan semakin parah. "Kedua hal itu yang membuat kita sulit mengambil sikap. Jika kita merasa putus asa, paling tidak kita bisa mengatakannya dan meminta pertolongan. Demikian pula jika kita merasa sedih, kita bisa menangis. Tapi jika kecewa perasaan itu lebih sulit untuk diekspresikan karena kita harus menjelaskan kepada orang yang telah mengecewakan kita," begitu uraiannya. Sebelum kita menekan rasa kecewa, ada baiknya untuk melapangkan hati menerima rasa itu lebih dulu.

2. Izinkan Diri untuk Bersedih

Kalau perlu menangis, biarkan air mata mengalir. Izinkan diri bersedih. Dilukai oleh orang terdekat bisa membuat dunia kita jungkir balik tak karuan. Jadi, wajar kalau kita merasa sedih. Perasaan kecewa bisa luruh saat kita bisa mengurai kesedihan yang ada. Lakukan apa pun untuk membuat perasaan lebih baik selama tidak melukai diri sendiri.

 

 

3. Lepas Rasa Dendam

Sekecewa apa pun kita terhadap perlakuan atau sikap orang yang telah melukai kita, jangan menyimpan dendam untuknya. Tak perlu menyimpan bara api di dalam diri sendiri karena itu hanya akan menyiksa batin kita. Alih-alih menyimpan dendam, coba perbanyak kata-kata positif untuk disampaikan kepada diri sendiri.

4. Tersenyum untuk Diri Sendiri

Walau mungkin tak mudah, tapi dengan tersenyum seperti biasa hati bisa lebih nyaman. Hadirkan seulas senyuman. Bukan untuk orang yang telah mengecewakanmu, melainkan untuk dirimu sendiri. Dari seulas senyuman yang kita hadirkan di wajah, perasaan nyaman bisa mengalir dengan sendirinya.

5. Berhenti Menyalahkan Diri Sendiri

Dilukai orang terdekat kadang bisa meruntuhkan harga diri kita. Kita jadi rendah diri dan merasa kita "layak" diperlakukan buruk karena kita kurang cukup baik untuknya. Namun, ketika pada kenyataannya dia yang melukaimu, maka kamu hanya perlu memaafkan. Bukan hanya memaafkannya, tetapi juga memaafkan dirimu sendiri. Ini semua bukan salahmu. Jadi, tarik napas dalam dan embuskan perlahan. Berdamailah dengan diri sendiri.

Semoga hatimu diberi lebih banyak kelapangan dan kesabaran, ya. Terima kasih sudah berusaha dan tetap memilih jadi orang baik hingga saat ini.

#WomenforWomen

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading