5 Cara Menyikapi Perasaan Tidak Cocok dengan Orang Lain

Endah Wijayanti18 Jun 2022, 18:45 WIB
Diperbarui 18 Jun 2022, 18:45 WIB
dampak negatif media sosial

Fimela.com, Jakarta Dalam berinteraksi dan menjalin hubungan dengan orang lain, hati dan perasaan kadang ikut terlibat. Ada kalanya kita langsung bisa bisa merasa nyaman dengan seseorang. Namun, kadang kita merasa tidak cocok dengan orang lain tanpa tahu sebabnya.

Ketika berkenalan dengan orang lalu lalu merasa tidak cocok, kadang kita merasa bingung kenapa muncul perasaan itu. Bahkan dengan orang yang sudah lama kita kenal, kadang pada satu titik tertentu kita merasa sudah tak lagi cocok dengannya. Menyikapi perasaan tidak cocok dengan seseorang, harus bagaimana?

 

1. Tetap Menjadi Diri Sendiri

perempuan dan kesepian
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/BaanditStudio

Kita bisa tetap menjadi diri sendiri tanpa harus menyudutkan atau menghakimi orang lain. Mungkin perasaan tidak cocok yang ada muncul karena belum ada kesamaan atau hal menarik untuk dikomunikasikan bersama. Jadi, daripada menghabiskan terlalu banyak waktu dan tenaga mencari penyebab ketidakcocokan, mending fokus jalani interaksi dengan tetap nyaman sebagai diri sendiri.

2. Jadikan Diri Kita Terjangkau

menyendiri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Mengutip buku The Comfort Book, kita tidak harus jadi orang yang mengjangkau-jangkau orang lain. Kita pun bisa menjadikan diri kita orang yang dijangkau. Saat kita merasa tidak cocok dengan orang lain sementara ada kebutuhan untuk tetap berhubungan baik dengannya, maka kita perlu berusaha untuk menyesuaikan diri atau beradaptasi. Jadikan diri kita mudah dijangkau olehnya agar kepentingan yang ada bisa diselesaikan dengan baik.

 

3. Menjaga Jarak Secukupnya

kesendirian dan kesepian
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Opat+Suvi

Dalam kasus berbeda bila ada rasa tidak nyaman yang membuat insting kita menyuruh kita untuk menjaga jarak dengan seseorang, kita bisa coba untuk menciptakan jarak secukupnya. Apalagi kalau orang yang membuat kita merasa tidak nyaman itu adalah orang yang sangat asing, kenyamanan bahkan keselamatan diri tetap jadi prioritas utama yang perlu dijaga.

4. Tak Perlu Memaksa Orang Lain Berubah

perempuan dan saat kesepian
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Pixel-Shot

Kita yang tidak cocok dengan orang lain, tak harus menuntut orang lain berubah untuk kita. Bisa jadi memang ada pembawaan, karakter, atau kepribadian kita dengan orang tersebut yang sangat berlawanan sehingga belum ada kedekatan atau ikatan baik yang terbentuk. Memaksa orang lain berubah itu melelahkan, jadi mending fokus kita menata hati dan perasaan kita lebih dulu untuk bisa nyaman dengan interaksi yang ada.

5. Libatkan Orang yang Bisa Menjadi Penengah

mantan teman kantor
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com

Meminta bantuan atau pertolongan orang lain tetap bisa dilakukan. Apalagi situasi ketidakcocokan dengan seseorang membuat kita merasa makin tidak nyaman, kita bisa melibatkan orang lain untuk menjadi penengah. Setidaknya ada seseorang yang bisa kita ajak bicara dan membantu mencairkan suasana di tengah kecanggungan yang ada.

Kalau menurut Sahabat Fimela sendiri, hal penting atau paling utama apa yang perlu dilakukan bila merasa tidak cocok dengan seseorang? Ya, semoga saja ke depannya kita bisa menjaga hubungan baik dengan siapa pun di berbagai situasi lainnya.

 

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓