5 Cara agar Tidak Mudah Dikecewakan Orang Lain

Endah Wijayanti19 Jun 2022, 12:15 WIB
Diperbarui 19 Jun 2022, 12:15 WIB
perempuan dan menguatkan diri

Fimela.com, Jakarta Dalam berinteraksi dan menjalin hubungan dengan orang lain, kita punya harapan segalanya bisa berjalan baik dan lancar. Kita punya ekspektasi semua orang yang kita kenal bisa memperlakukan kita sebaik cara kita memperlakukan mereka. Hanya saja kendali kita terbatas. Kita tak bisa mengatur cara semua orang memperlakukan kita.

Salah satu hal yang paling menyakitkan saat berinteraksi atau menjalin hubungan dengan orang lain adalah saat kita dikecewakan. Dikecewakan orang lain bisa meninggalkan luka dan kesedihan yang mendalam di dalam diri. Agar tidak mudah merasa dikecewakan oleh orang lain, ada sejumlah hal yang bisa kita coba lakukan.

 

1. Menjaga Ekspektasi Diri

perempuan dan yang menguatkan diri lagi
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Pixel-Shot

Pada dasarnya kita punya insting untuk percaya kepada seseorang. Mengutip buku How to Respect Myself, insting untuk percaya kepada seseorang ini disebut kepercayaan dasar (basic trust). Manusia adalah makhluk merdeka yang dapat hidup bermasyarakat sebagai tim karena adanya kepercayaan mendasar satu sama lain. Jangan salahkan diri sendiri yang punya rasa percaya pada orang lain tetapi ternyata orang tersebut malah mengecewakan kita. Tetap jaga ekspektasi diri kita untuk tetap netral, tak perlu berlebihan orang bakal selalu berbuat baik pada kita sebab kita tak punya kendali atas respons orang lain terhadap kita.

2. Hargai Diri Sendiri

perempuan yang menguatkan diri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/chotiga+Pormjak

Hargai diri sendiri sebaik-baiknya. Kita punya kelemahan dan kelebihan, terima seutuhnya. Supaya kita tidak mudah merasa dikecewakan orang lain, kita perlu membangun harga diri kita sendiri. Jangan kecewakan diri sendiri dengan melakukan hal-hal yang malah merugikan diri sendiri. Hargai diri sendiri dengan selalu melatih mental kita untuk tetap kuat dalam menghadapi serba-serbi interaksi dengan orang lain.

3. Lakukan Hal yang Masih dalam Kendali Diri

perempuan dan kehidupan mandiri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/g/Makistock

Orang lain mengecewakan kita, itu hal yang kadang terjadi di luar dugaan atau keinginan kita. Daripada makin capek dan menghabiskan energi untuk mengatur orang lain, kita fokus saja melakukan hal-hal yang masih dalam kendali diri kita. Kita bisa melakukan hal-hal yang kita kuasai atau tekuni dengan baik tanpa mengharapkan perlakuan istimewa dengan orang lain, sebab apa yang kita lakukan adalah untuk kebaikan kita. 

4. Siapkan Diri Menerima Ketidakpastian

perempuan dan tabah
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/MALOADDER

Kita perlu menyadari bahwa selalu ada ketidakpastian dalam hidup, termasuk dalam interaksi atau menjalin hubungan dengan orang-orang di sekitar kita. Siapkan diri menerima hal-hal yang tak menyenangkan dari orang lain meski kita sendiri sudah berusaha memperlakukan orang lain dengan baik. Supaya dengan begitu, kita bisa senantiasa menguatkan mental menghadapi respons apa pun dari orang lain.

5. Tingkatkan Ketegasan Diri

perempuan dan menjadi mandiri
Ilustrasi./Copyright shutterstock.com/id/g/PRImageFactory

Menjadi pribadi yang lebih tegas dalam berbicara dan bersikap bisa membantu kita berkomunikasi dengan lebih terbuka dengan orang lain. Orang lain pun akan lebih mudah memposisikan diri ketika berkomunikasi dengan kita. Jika orang lain telanjur mengecewakan kita karena berbuat kesalahan, kita bisa coba untuk meluruskan keadaan dan mencari jalan tengah atau solusi terbaik dari situasi tersebut agar kesalahan tidak terulang kembali.

Walau tidak mudah untuk mencegah munculnya kekecewaan, tapi setidaknya kita bisa mengupayakan jalannya komunikasi dengan lebih baik. Semoga info di atas bermanfaat, ya.

#WomenforWomen

Lanjutkan Membaca ↓
What's On Fimela