Sukses

Lifestyle

7 Penyebab Kipas Angin Berputar Lambat yang Bikin Tak Nyaman Saat Digunakan

Fimela.com, Jakarta Kipas angin merupakan salah satu hal yang sering digunakan, hal biasanya menjadi pengganti AC bagi seseorang yang tidak menggunakan. Kipa sangin sendiri dapat menghasilkan udara yang dingin dan memberikan suasana yang sejuk di dalam ruangan, terutama saat udara yang sangat panas.

Ketika udara yang sangat panas sepanjang hari untuk kita akan selalu menggunakan kipas angin, penggunaan kipas angin yang berlebihan tentu akan memberikan masalah dan efek pada kipas angin. Banyak masalahnya yang dapat membuat kipas angin tidak berjalan sesuai dengan fungsinya.

Terutama kipas angin yang berjalan lambat mungkin saja kamu pernah mengalaminya. Kipas angin yang berjalan lambat akan membuat penggunanya merasa karena tidak mendapatkan udara yang dingin dan sesuai harapan, berikut beberapa penyebab kipas angin berputar lambat yang mungkin kamu alami:

1. Kapasitor Rusak

Salah satu penyebab utama dari kipas angin berputar lambat adalah kapasitor yang rusak, kapasitor sendiri dapat berfungsi untuk menyimpan arus listrik dan menghidupkan serta membantu kipas angin berputar.

Jika kapasitas ini rusak maka akan membuat elektrolit pada kapasitor berkurang, hal inilah yang membuat kipas angin berjalan lambat. Untuk mengatasi masalah ini kamu perlu mengganti kapasitor yang rusak dengan yang baru tetapi, kamu juga perlu mengganti yang sama persis dengan kapasitor sebelumnya yang digunakan oleh kipas angin.

2. Rotor yang Aus atau Kotor

Poros rotor terdapat di kipas pada bagian depan dinamo, rotor sendiri bertempat untuk berputar bagi baling-baling kipas. Seiring penggunaan kipas yang terlalu lama akan membuat rotor menjadi kotor, aus, dan rusak.

Poros rotor yang mengalami masalah inilah dapat membuat kipas berjalan sangat lambat, apabila bagian aus yang rusak maka kipas dapat berputar seperti semula dengan cara membersihkan bagian rotor atau menggantinya seperti semula.

3. Kumparan Kipas Tidak Normal

Jika kipas angin yang kamu gunakan berputar menjadi sangat lambat bisa jadi hal ini disebabkan oleh koil yang rusak. Kumparan kipas yang rusak inilah dapat mengurangi kemampuan sudut sudut kipas untuk menghasilkan putaran yang cepat seperti semula, selain itu hal ini juga dapat ditunjukkan dengan suhu dinamo yang lebih cepat panas saat digunakan atau bahkan biasanya akan memunculkan asap dan bau gosong saat digunakan. Kerusakan koil yang terjadi di kipasangin ternyata tidak mudah untuk diatasi maka dari itu kamu perlu mengganti di Namu yang baru.

4. Termostat Rusak

Jika ada masalah pada termostat maka akan membuat kipas berputar sangat lambat, termostat inilah yang berfungsi sebagai sensor panas dan melindungi kumparan dinamo jika mengalami panas berlebihan. Untuk mengatasi hal ini kamu perlu mengganti termostat lama dengan termostat baru.

5. Gearbox Rusak

Kipas angin yang berputar menjadi lambat juga dapat disebabkan oleh gearbox yang rusak atau adanya tekanan kelompok pada poros bagian yang berputar. Gearbox sendiri dapat berfungsi untuk membantu putaran kipas dengan kepala kipas sehingga dapat bergerak ke kiri ke kanan. Tentu kerusakan pada gearbox inilah yang dapat membuat kipas angin berputar lambat, kamu hanya perlu mengganti gearbox lama menjadi baru.

6. Kipas yang Jarang Dibersihkan

Terkadang kita hanya mengerti penggunaan kipas angin yang berlebihan tidak baik tetapi, jika kita jarang membersihkan kipas angin dapat membuatnya berputar menjadi lambat. Pernahkah kamu melihat kipas angin yang jarang dibersihkan pada baling baling terdapat rambut, debu, dan banyak kotoran.

Hal inilah yang dapat membuat kipas berputar perlahan sangat lambat karena adanya debu yang menutupi angin yang keluar dari balik penutup kipas. Ada bakarnya jika kamu membersikan kipas angin satu bulan satu kali maka dapat memberikan udara yang dingin dan membuat kipas berputar menjadi sangat cepat.

7. Kipas Angin yang Sudah Lama Digunakan

Jika beberapa penyebab di atas bukan menjadi salah satu masalahnya bisa jadi kipas angin yang kamu gunakan sudah lama atau memiliki usia bertahun tahun. Tentu kipas angin yang sudah dipakai selama bertahuntahun akan mengurangi kemampuan dari kipas angin sendiri, hal inilah yang dapat menurunkan kinerja kipas angin untuk menghasilkan angin dari beberapa sudut yang berputar dan dapat menyebabkan gangguan yang berlebihan.

Kipas angin yang berputar cukup lambat tentu membuat kita tidak nyaman saat menggunakan nya atau terkadang kipas angin akan mengeluarkan udara yang panas. Adanya kerusakan, kotoran, atau pemakaian yang lama dapat menjadi salah satu penyebab dari kipas angin yang berputar sangat lambat.

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading